Posted by Blogger Name. Category:
Soal SBMPTN
,
Tes Bahasa SBMPTN
,
Tes Logika Penalaran SBMPTN
,
Tes Numerik SBMPTN Tes Angka SBMPTN
,
Tes Potensi Akademik
,
Tes Spesial SBMPTN
,
Tes Verbal SBMPTN
,
Tiga Jenis Soal SBMPTN
Soal SBMPTN banyak terdapat model model soalnya, silakan dipelajari tentang tip mengerjakan soal sbmptn. Tes potensi akademik atau terkenal dengan sebutan TPA adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam bidang akademis. supaya nilai TPA tinggi anda harus sering berlatih mengedai model-model soal nya dan cara menjawabnya. Selain itu anda juga harus melatih kemampuan pikiran dan otak anda. Sedikitnya, Tes Potensi Akademik terdiri dari tiga jenis soal : Tes verbal atau bahasa, tes numerik (angka), tes logika penalaran (termasuk tes spasial atau gambar).
Tips Sebelum Mengerjakan Soal TPA SBMPTN
- Persiapkan Mental
Mempersiapkan mental yang dimaksud disini adalah usahakan kondisi anda sebelum mengerjakan soal dalam keadaan rileks, tenang namun tetap fokus dan berkonsentrasi.
- Persiapkan Perlengkapan Teknis
Mempersiapkan perlengkapan yang digunakan dan diperlukan selama TPA mutlak harus dilakukan agar saat mengerjakan, Anda mampu mengatasi hal-hal yang tak terduga misal pensil yang tiba-tiba patah dan lain sebagainya.
- Berlatih TPA Online
Melatih diri mengerjakan TPA secara online, bisa jadi alternatif bagi Anda mempersiapkan diri sebelum menghadapi TPA BAPPENAS, karena semakin anda sering berlatih maka akan semakin memudahkan anda untuk dengan cepat menentukan jawaban dari soal yang ada dalam TPA.
- Berdoa
Berdoa sebelum memulai tes sangatlah diperlukan agar selama tes berlangsung, Anda akan mudah untuk merasa tenang dan nyaman.
Latihan SBMPTN TPA– Analogi Verbal (Korelasi Makna)
Latihan TPA analogi verbal ini ditujukan untuk melihat pemahaman anda terhadap hubungan antar kata. Dampak positifnya adalah kemampuan memahami permasalahan.
1. Mobil – Bensin = Pelari – ….
a. Makanan b. Sepatu c. Kaos d. Lintasan
2. dingin – Selimut = Hujan – ….
a. Air b. Payung c. dingin d. Basah
3. Semir – Sepatu = Sikat – ….
a. Kuku b. Rambut c. Televisi d. Gigi
4. Kepala – Pusing = Perut – ….
a. Batuk b. Pilek c. Mules d. Gemuk
5. bugil – Pakaian = Gundul – ….
a. Botak b. Kepala c. Cukur d. Rambut
6. Kayu – Pohon = Emas – ….
a. Tambang b. Perhiasan c. Mahal d. Logam
7. Saya – kami = dia – ….
a. Kamu b. mereka c. Anda d. Kita
8. Kumis – Kucing = Belalai – ….
a. Ular b. Harimau c. Gajah d. Hidung
9. Reguler – Senin = Karyawan – ….
a. Selasa b. Rabu c. Minggu d. Jumat
10. Busur – Panah = Senapan – …. a. Peluru b. Senjata c. Berbahaya d. Tembakan
1. Dari 6 siswa putra dan 5 siswa putri terbaik akan dibentuk tim yg terdiri dari 6 siswa. Jika dalam tim diwakili sedikitnya 2 putra dan 2 putri, maka banyak cara membentuk tim tsb adalah…
A. 75
B. 150
C. 225
D. 425
E. 4753.
2. Lim x->0 (1/(1-cosx) – 2cosx/sin²x) =
A. 2
B. 1/2
C. -1/2
D. -1
E. -24.
3. Diketahui ABC segitiga. Jika AB = -2i + 5j – k, AC = 3i + 3j maka cosB = …
A. 9/10
B. 7/8
C. 7/10
D. 3/7
E. 3/85.
4. Jika nilai Integral(dari 7 ke 9) f(x) dx = 16 dan Integral(dr 1 ke 4) f(2x-1) dx = 20, maka nilai integral(dr 1 ke 9) f(x) dx adalah …
A. 16
B. 36
C. 40
D. 56
E. 64
1. Kalimat-kalimat dibawah ini tersusun secara terang sehingga merupakan kalimat efektif
A. Walaupun hujan turun dengan lebatnya datang juga temanku
B. Temanku datang juga meskipun hujan turun dengan lebatnya.
C. Meskupun lebat sekali hujan turun, datang juga temanku
D. Hujan turun dengan sangat lebatnya, walaupun dengan demikian temanku datang juga
E. Meskipun turun hujan lebat sekali namun datang juga temanku.
2. Kalimat tersebut yang menyatakan kalimat majemuk setara adalah …
A. Dia tidak ragu sedikitpun dalam menentukan pasangan hidupnya
B. Jikalau nanti perekonomian Indonesia kembali bangkit, secara otomatis kesejahteraan rakyatnya pun akan meningkat
C. Anak itu rajin belajar bahkan dia menjadi juara umum di sekolahnya
D. Terbukti teori darwin justru mengacaukan seluruh ilmu dasar dalam IPTEK
E. Apabila perekonomian Indonesia kembali bangkit, secara otomatis kesejahteraan rakyatnya pun akan meningkat.
3. Penulisan yang berikut ni sesuai dengan peraturan EYD ialah …
A. Ayah belum bisa memastikan siapa si pencuri itu.
B. Setiap malam Si Ahmad selalu menatap sang Rembulan
C. Walaupun terik, Sang Mentari pun tetap menyinari bumi
D. Andai Kita tahu siapa Si pengirim surat kaleng itu
E. Pada siang hari, Sang Paus menampakkan diri di danau
4. Bagi peserta yang belum menunjukkan kartu pengenal tidak diperbolehkan memasuki ruangan ujian, kalimat diatas tidak benar karena …
A. Tidak bersubjek
B. Subjeknya didahului oleh preposisi
C. Tidak berpredikat
D. Tidak menggunakan kata penghubung
E. Tidak ada keterangan
5. Penulisan nama dengan gelar kesarjanaan yang sesuai EYD adalkah sebagai berikut …
A. Dr. Valentino Woworuntu, MBA.
B. DR. Lajnah Latifah, M.Pd.
C. Ir. Luis Lou, MA
D. I.R. Cordova Aridho, M.M.
E. DRS. Saddam Husein, SH.
1. Kalimat-kalimat dibawah ini tersusun secara terang sehingga merupakan kalimat efektif
A. Walaupun hujan turun dengan lebatnya datang juga temanku
B. Temanku datang juga meskipun hujan turun dengan lebatnya.
C. Meskupun lebat sekali hujan turun, datang juga temanku
D. Hujan turun dengan sangat lebatnya, walaupun dengan demikian temanku datang juga
E. Meskipun turun hujan lebat sekali namun datang juga temanku.
2. Kalimat tersebut yang menyatakan kalimat majemuk setara adalah …
A. Dia tidak ragu sedikitpun dalam menentukan pasangan hidupnya
B. Jikalau nanti perekonomian Indonesia kembali bangkit, secara otomatis kesejahteraan rakyatnya pun akan meningkat
C. Anak itu rajin belajar bahkan dia menjadi juara umum di sekolahnya
D. Terbukti teori darwin justru mengacaukan seluruh ilmu dasar dalam IPTEK
E. Apabila perekonomian Indonesia kembali bangkit, secara otomatis kesejahteraan rakyatnya pun akan meningkat.
3. Penulisan yang berikut ni sesuai dengan peraturan EYD ialah …
A. Ayah belum bisa memastikan siapa si pencuri itu.
B. Setiap malam Si Ahmad selalu menatap sang Rembulan
C. Walaupun terik, Sang Mentari pun tetap menyinari bumi
D. Andai Kita tahu siapa Si pengirim surat kaleng itu
E. Pada siang hari, Sang Paus menampakkan diri di danau
4. Bagi peserta yang belum menunjukkan kartu pengenal tidak diperbolehkan memasuki ruangan ujian, kalimat diatas tidak benar karena …
A. Tidak bersubjek
B. Subjeknya didahului oleh preposisi
C. Tidak berpredikat
D. Tidak menggunakan kata penghubung
E. Tidak ada keterangan
5. Penulisan nama dengan gelar kesarjanaan yang sesuai EYD adalkah sebagai berikut …
A. Dr. Valentino Woworuntu, MBA.
B. DR. Lajnah Latifah, M.Pd.
C. Ir. Luis Lou, MA
D. I.R. Cordova Aridho, M.M.
E. DRS. Saddam Husein, SH.
As global citizens it is our responsibility to critically think about the issues and attempt to come up with solutions to the problems plaguing education. In 1990 UNESCO launched EFA, the movement to provide quality education for all children, youth, and adults by the year 2015. The unfortunate reality is that for many countries, larger issues some before improving the quality of education. How can we achieve the goals of EFA when numerous countries around the world are faced with challenges that seem far too impossible to overcome? The answer lies in attempting to bridge some of the gaps that prevent developing nations to compete with developed nations. One example is that of providing greater access to technology and narrowing the ever widening digital divide. In many ways the most basic access to technology can serve as a valuable educational tool. Individuals who are not afforded this access are at a disadvantage when trying to grasp opportunities to make life better for themselves, their families, and their community.
1. The author’s main concern in the first paragraph of the passage is that………
A. there is no exact definition about education.
B. education is a fundamental individual’s right.
C. everyone has the right to get quality education.
D. education occurs in any place not just schools.
E. development can be gained through education.
2. If the author is right concerning the role of education, the following might be predicted to take place, EXCEPT………
A. longer life expectation
B. lesser birth rates
C. improved welfare
D. better quality living
E. more job opportunities
3. The following sentences reflect the author’s opinions in the passage, EXCEPT …….
A. everyone has the right to get education.
B. education cannot be easily defined.
C. EFA provides quality education by 2015.
D. education is basic to human development.
E. The EFA goals are faced with serious challenges.
4. The situation the author shows in the passage is best described as a follows ……..
A. quality education fundamentally ensures quality living in all sectors.
B. education is essentially everyone’s right yet it still has its challenges.
C. there are problems in education in spite of its significant role.
D. as long as nations compete, education cannot progress.
E. absence of an exact definition causes problems in education.
5. The part following the passage above would likely discuss ………
A. lack of access to technology in developing countries to support educational practices.
B. needs of modem digital technology to back up the implementation of EFA in education.
C. roles of technology in providing individuals with cheap and accessible quality education.
D. inability of developing nations to compete with developed countries in technology.
E. government’s roles and responsibilities in managing education for their citizens.
Contoh:
GUDANG : BARANG = … : …
A. lama : baru
B. buku : perpustakaan
C. tertutup : terbuka
D. bank : deposit
E. bangunan : antik
Jawab:Jawaban yang paling tepat adalah pasangan kata yang sesuai dengan GUDANG : BARANG adalah jawaban D.
Soal no. 1 – 5GUDANG : BARANG = … : …
A. lama : baru
B. buku : perpustakaan
C. tertutup : terbuka
D. bank : deposit
E. bangunan : antik
Jawab:Jawaban yang paling tepat adalah pasangan kata yang sesuai dengan GUDANG : BARANG adalah jawaban D.
1. BURUH : PABRIK = … : …
A. penari : studio
B. pedagang : pasar
C. nelayan : pesisir
D. pemahat : candi
E. petani : sungai
Pembahasan soal no.1 BURUH : PABRIK = pedagang : pasar Jawaban: B
A. penari : studio
B. pedagang : pasar
C. nelayan : pesisir
D. pemahat : candi
E. petani : sungai
Pembahasan soal no.1 BURUH : PABRIK = pedagang : pasar Jawaban: B
2. KERING : LEMBAB = … : …
A. gelap : remang-remang
B. cahaya : terang
C. panas : basah
D. matahari : gunung
E. siang : malam
Pembahasan soal no.2 KERING : LEMBAB = siang : malam Jawaban: E
A. biawak : komodo
B. belut : cacing
C. merpati : elang
D. singa : harimau
E. kambing : sapi
Pembahasan soal no. 3 PAUS : HIU = singa : harimau Jawaban: D
A. gelap : remang-remang
B. cahaya : terang
C. panas : basah
D. matahari : gunung
E. siang : malam
Pembahasan soal no.2 KERING : LEMBAB = siang : malam Jawaban: E
Contoh Soal SBMPTN
3. PAUS : HIU = … : …A. biawak : komodo
B. belut : cacing
C. merpati : elang
D. singa : harimau
E. kambing : sapi
Pembahasan soal no. 3 PAUS : HIU = singa : harimau Jawaban: D
4. MEMBERI : DERMAWAN
A. mencuri : polisi
B. melukis : kanvas
C. membantu : orang
D. mencuci : baju
E. menulis : sekretaris
Pembahasan soal no 4. MEMBERI : DERMAWAN = menulis : sekretaris Jawaban: E
A. mencuri : polisi
B. melukis : kanvas
C. membantu : orang
D. mencuci : baju
E. menulis : sekretaris
Pembahasan soal no 4. MEMBERI : DERMAWAN = menulis : sekretaris Jawaban: E
5. KEHAUSAN : AIR = … : …
A. kemakmuran : kerja keras
B. kebodohan : miskin
C. kegembiraan : hiburan
D. kelelahan : kerja
E. kelaparan : pangan
Pembahasan soal no 5. MEMBERI : DERMAWAN = menulis : sekretaris Jawaban: E KEHAUSAN : AIR kelaparan : pangan Jawaban: E
A. kemakmuran : kerja keras
B. kebodohan : miskin
C. kegembiraan : hiburan
D. kelelahan : kerja
E. kelaparan : pangan
Pembahasan soal no 5. MEMBERI : DERMAWAN = menulis : sekretaris Jawaban: E KEHAUSAN : AIR kelaparan : pangan Jawaban: E
0 comments:
Post a Comment