Thursday, January 9, 2014

Soal TUC Bahasa Indonesia Paket 1 SMA TA 2009/2010


BAHASA INDONESIA SMA
KABUPATEN WONOSOBO
UJI COBA UJIAN NASIONAL 2009/2010
LEMBAR SOAL
       MATA PELAJARAN     : BAHASA INDONESIA PAKET 1
       HARI/TANGGAL          :
                   WAKTU                          :  120 MENIT
PETUNJUK UMUM
1.      Periksa dan baca soal-soal dengan teliti sebelum menjawab
2.      Dahulukan mengerjakan soal-soal yang anda anggap mudah
3.      Jawablah pada LIK yang telah disediakan dengan menghitamkan pilihan jawaban yang anda anggap benar

Pilih satu jawaban yang tepat!

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor  1 s.d. 3!
(1) Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memasuki suatu profesi atau menjadi seorang profesional. (2) Salah satu yang dikembangkan dalam pendidikan tinggi dalam keprofesian adalah yang disebut program diploma, mulai dari D1 sampai dengan D4 dengan berbagai konsentrasi bidang ilmu keahlian. (3) Konsentrasi pendidikan profesi, yaitu para mahasiswa lebih diarahkan kepada minat menguasai keahlian tertentu. (4) Dalam bidang keahlian dan keprofesian khususnya Desain Komunikasi Visual terdapat jurusan seperti Desain Grafis untuk D4 dan Desain Multimedia untuk D3 dan Desain Periklanan D3. (5) Dalam proses belajar mengajar dalam pendidikan keprofesian akan berbeda dengan jalur kesarjanaan S1 pada setiap bidang studi tersebut. (6) Pendidikan biasanya berawal pada saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup.

1.      Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...
A.    Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi.
B.     Pendidikan profesi menjadikan seorang profesional.
C.     Keprofesian adalah disebut program diploma.
D.    Mahasiswa diarahkan kepada minat keahlian tertentu.
E.     Pendidikan berawal saat seorang bayi itu dilahirkan.

2.      Arti kata profesi pada kalimat nomor (1) dalam paragraf tersebut adalah ... .
A.    pekerjaan yang digeluti oleh seseorang secara sungguh-sungguh
B.     seseorang yang menyediakan waktunya untuk menekuni pekerjaan
C.     bidang pekerjaan yang dilandasi oleh pendidikan keahlian tertentu
D.    kegiatan yang memiliki aturan-aturan yang jelas atau sudah ditetapkan
E.     pekerjaan resmi yang digeluti oleh seseorang untuk kehidupannya

3.      Kalimat yang tidak padu dengan kalimat utama tersebut adalah nomor ... .
A.    (1)
B.     (3)
C.     (4)
D.    (5)
E.     (6)



Cermati teks berikut untuk soal nomor 4 s.d. 6!
(1) Upaya-upaya pemerintah melestarikan budaya tradisional perlu dilakukan di tengah serbuan budaya modern dari luar. (2) Hal ini dilakukan karena kurang ketertarikannya masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk melestarikan. (3) Selain itu, seiring dengan perkembangan zaman modern, produk budaya bukanlah milik kolektif seperti ketika masa agraris, melainkan milik individualis atau sekelompok etnis. (4) Segala produk budaya, baik termasuk kesenian kontemporer maupun tradisional diberi cap milik individu atau sekelompok masyarakat, bahkan sebuah bangsa. (5) Nah, ketika masyarakat kita lalai memberi cap tersebut pada produk budaya sendiri, terjadilah pencurian budaya oleh bangsa lain yang kemudian diklaim sebagai produk budaya bangsa tersebut. (6) Prof. Dr. Edi Sedyawati, mantan Dirjen Kebudayaan, dalam suatu acara budaya di Jakarta mengatakan bahwa harus ada perlindungan budaya yang lebih jelas berupa undang-undang yang khusus untuk perlindungan karya budaya tradisional. (7) Keanekaragaman budaya Indonesia yang terdiri dari ribuan etnis itu harus bisa dipatenkan agar tidak dicuri oleh bangsa luar untuk kepentingan sendiri.

4.      Ide pokok paragraf tersebut adalah ... .
A.    tercemarnya budaya oleh generasi muda
B.     perlunya upaya pelestarian budaya tradisional
C.     produk perkembangan budaya zaman modern
D.    kelalaian masyarakat memberi cap budaya
E.     keanekaragaman budaya Indonesia

5.      Bagaimana upaya agar budaya tradisional kita tidak dicuri oleh bangsa luar untuk kepentingan sendiri?
Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf adalah ... 
A.    Budaya Indonesia yang terdiri dari ribuan etnis itu harus dijaga dengan baik dengan cara mencintai budaya sendiri daripada budaya luar.
B.     Dengan mengikuti perkembangan zaman modern tanpa melupakan makna dari budaya tradisional itu sendiri sehingga kita merasa memiliki.
C.     Segala produk budaya, baik termasuk kesenian kontemporer maupun tradisional diberi cap sekelompok masyarakat atau sebuah bangsa.
D.    Menanamkan rasa ketertarikannya masyarakat Indonesia, terutama generasi muda untuk pelestarian budaya tradisonal.
E.     Harus ada perlindungan budaya yang lebih jelas berupa undang-undang yang khusus untuk perlindungan karya budaya tradisional.

6.      Kalimat fakta dalam paragraf  tersebut terdapat pada nomor ... .
A. (6)
B. (5)
C. (4)
D. (3)
E.  (2)

7.      Cermati paragraf berikut!
Salah satu stasiun televisi swasta pada tayangan dini hari di akhir pekan beberapa waktu lalu, menyajikan wayang kulit, kesenian tradisional dari pesisir Jawa Tengah. Saat itu, para penggemar wayang kulit yang tadinya sukar menyaksikan kesenian kesayangan mereka itu karena langkanya pementasan di berbagai tempat dan juga jauh dari tempat tinggal, sangat terhibur dengan acara itu. Penayangan itu memudahkan penggemar atau pemirsa bersama keluarga menikmati acaranya di layar kaca tanpa harus beranjak dari rumah mereka. Dengan demikian, stasiun televisi yang peduli dengan budaya tradisional itu, sebenarnya telah melakukan upaya pelestarian budaya tradisonal tersebut.

Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah ...
A.    Berbagai model dan upaya dapat dilakukan bangsa Indonesia untuk melestarikan budaya tradisional kita.
B.     Kondisi masyarakat yang beragam budaya dengan acara pertunjukan akan membantu pelestariannya.
C.     Minimnya pendidikan budaya dengan pertunjukan salah satu upaya pelestarian budaya tradisional tersebut.
D.    Stasiun televisi yang menayangkan budaya tradisional turut melakukan upaya pelestarian budaya tradisonal.
E.     Lemahnya pengontrolan budaya tradisonal dapat memudahkan hilangnya budaya bangsa kita yang sudah lama.

8.      Cermati penggunaan kata dalam paragraf berikut!
(1) Sejumlah aktivis mahasiswa di Makassar meminta aksi demo dan tawuran dipisahkan karena dua hal itu memiliki esensi dan pemicu berbeda. (2) Mereka menolak kedua hal itu digeneralisasi untuk menyebut mahasiswa anarkhis. (3) Aksi demo diyakini sebagai wujud panggilan jiwa dan solidaritas sosial mahasiswa terhadap permasalahan masyarakat. (4) Sementara tawuran adalah perbuatan kriminil yang kerap terjadi akibat solidaritas dan fanatisme yang sempit antarkelompok mahasiswa. (5) Untuk mensikapi kebijakan pemerintah dan tawuran adalah dua hal yang sangat berbeda. (6) Secara konteks dan tujuan juga sama sekali tidak berhubungan dengan masalah.

Kata yang tidak baku yang bergaris bawah terdapat pada kalimat nomor ... .
A.    (1), (2), dan (4)
B.     (1), (3), dan (4)
C.     (2), (4), dan (5)
D.    (3), (4), dan (5)
E.     (4), (5), dan (6)

9.      Cermati kutipan tajuk rencana berikut! 
(1) Pengantisipasi berbagai persoalan diperlukan kebijakan untuk melindungi industri, produksi, berikut pasar dalam negeri dari serbuan produk impor ilegal. (2) Insentif fiskal untuk menggerakkan sektor riil dan mendongkrak daya beli, sementara belanja pemerintah sangat diharapkan mengucur dalam porsi yang lebih besar untuk pembangunan infrastruktur supaya menciptakan lapangan kerja. (3) Apalagi jika investasi masih bisa dipertahankan, rasanya pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan pemerintah 4,5 persen bisa dicapai. (4) Syarat lain dan paling penting adalah harmonisasi orkestrasi kabinet. (5) Setiap menteri mengerjakan tugasnya dengan kesungguhan hati di tengah hiruk-pikuk masa-masa pemilihan umum. (6) Tidak boleh ada menteri menonjol sendiri, apalagi merasa supermenteri, sebaliknya tidak boleh ada yang loyo.

Opini penulis dalam paragraf tajuk rencana tersebut adalah kalimat nomor ... .
A.    (1), (2), dan (3)
B.     (2), (3), dan (5)
C.     (3), (4), dan (5)
D.    (3), (5), dan (6)
E.     (4), (5), dan (6)

      Cermati data tabel berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Jumlah Pengangguran di Provinsi Baru
     
10.  Kalimat pernyataan yang sesuai isi diagram tersebut adalah ...
A.    Tingkat pengangguran pada tahun 2007 hampir sama dengan tahun 2006.
B.     Jumlah pengangguran setelah tahun 2006 mengalami penurunan yang drastis.
C.     Jumlah pengangguran makin lama makin meningkat jumlahnya.
D.    Dari tahun 2007 ke tahun 2008, jumlah pengangguran mengalami penurunan.
E.     Pengangguran paling banyak pada tahun 2006 dan tahun 2007.

11.  Kalimat kesimpulan yang sesuai dengan isi diagram tersebut adalah ...
A.    Jumlah pengangguran selalu meningkat pada tahun 2006 s.d. 2008 terjadi di Provinsi Baru.
B.     Dari tahun 2006 s.d. 2008 jumlah pengangguran di Provinsi Baru selalu menurun tajam.
C.     Kenaikan jumlah pengangguran di Provinsi Baru dari tahun 2006 s.d. 2008 selalu konstan.
D.    Jumlah pengangguran di Provinsi Baru dari tahun 2006 s.d. 2008 mengalami pasang surut.
E.     Naik turun jumlah pengangguran di Provinsi Baru terjadi pada tahun 2006 s.d. 2008.

12.  Cermati paragraf berikut!
Pendidikan anak usia dini (PUD) salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar pembinaan ... pertumbuhan ... perkembangan anak lebih baik. Pertumbuhan tersebut meliputi fisik koordinasi motorik halus dan kasar. ..., dengan PAUD membantu mengembangkan kecerdasan daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, spiritual, sosial, emosional, sikap dan perilaku. Penanaman pendidikan agama, bahasa dan komunikasi anak ... dapat terbantu. Perkembangan itu disesuaikan ... keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi bagian yang rupang pada paragraf tersebut adalah ... .
A.    jika, begitu pula, karena, serta, dengan
B.     agar, dan, di samping itu, juga, dengan
C.     namun, dan, hingga, juga, oleh
D.    hingga, dan, di samping itu, walau, oleh
E.     agar, juga, dan, serta, tersebut

13.  Cermati paragraf berikut!
Akhir Agustus 2008 di sekitar ... universitas tersebut berakhir ricuh. Kericuhan itu, sepertinya memang ada yang ... supaya aksi itu ricuh. Akhirnya, tidak hanya membuat tiga mahasiswa dan empat polisi ... hingga harus dilarikan ke rumah sakit dengan mobil ... Namun, pesan yang ingin disampaikan oleh kami untuk pengesahan Rancangan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan harus ditolak karena akan menyebabkan mahalnya biaya pendidikan, kurang sampai kepada masyarakat.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf adalah ....
A.    komplex, memprofokasi, cendra, ambulance
B.     komplek, memprovokasi, cedera, ambulance
C.     kompleks, memprovokasi, cedera, ambulans 
D.    komplex, memprofokasi, cedera, ambulanc
E.     kompleks, memprofokasi, cedra, ambulans 

14.  Cermati paragraf berikut!
Tujuan utama: untuk ... anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan ... sesuai dengan tingkat ... anak sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar serta ... kehidupan di masa dewasa. Tujuan penyerta: untuk membantu ... anak mencapai kesiapan belajar secara akademik di sekolah.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ... .
A.    membentuk, berkembang, perkembangan, mengarungi, menyiapkan
B.     terbentuk, terkembangkan, mengkembangkan, arungi, menyiapkan
C.     dibentuk, kembangkan, memperkembangkan, mengarungi, siapkan
D.    terbentuk, berkembang, mengkembangkan, mengarungi, menyiapkan
E.     dibentuk, pengembang, perkembangan, mengarungi, disiapkan

15.  Cermati silogisme berikut!
Premis Umum       : ....
Premis Khusus      : Destia peduli kepada nasib orang miskin.
Simpulan               : Destia akan memberi bantuan dengan tulus.

Pernyataan yang benar untuk mengisi PU adalah ...
A.    Yang memberi dengan tulus bantuan yang mendapat kepedulian dari orang.
B.     Yang suka membantu orang miskin yang peduli kepada nasib orang miskin.
C.     Anak yang suka membantu orang miskin peduli kepada nasib orang miskin
D.    Seorang pemberi bantuan dengan tulus yang peduli kepada orang miskin.
E.     Yang peduli kepada nasib orang miskin akan memberi bantuan dengan tulus.

16.  Cermati paragraf berikut!
Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Mei 2008 menjadi isu besar dan dirasakan masyarakat luas, yang diangkat mahasiswa dalam aksinya pada tahun tersebut. Akan tetapi, ini sebuah kemunduran besar karena mahasiswa seperti lepas dari induknya, yaitu “rakyat”. Kemunduran lebih besar lagi terjadi ketika mahasiswa tidak dapat menyelesaikan masalahnya dengan cara demokratis. Malahan berujung baku hantam dengan aparat, tidakan anarkis. ...
Kalimat yang berupa akibat untuk melanjutkan paragraf tersebut adalah ...
A.    Itulah kenangan yang tidak dapat kami lupakan sebagai penyesalan panjang.
B.     Semua orang pasti akan menyesali peristiwa yang mereka lakukan itu.
C.     Jadi, kami hanya bisa berdoa agar pemerintah mengerti tujuan mahasiswa itu.
D.    Tidak ada lagi yang mau membela mahasiswa, selain meneruskan perjuangan.
E.     Banyak kerugian materi dan korban jiwa di pihak aparat dan mahasiswa.

17.  Cermati paragraf analogi berikut!
Sebuah pedati berjalan menuju suatu tempat, rodanya akan berputar sesuai arah tersebut. Rodanya akan menempuh jalan yang keadaannya beragam. Ada jalan yang lurus mulus, ada yang berbelok-belok belobang-lobang. Ada yang becek, penuh batu kerikil. Bila melewati jalan yang kondisinya bagus, pedati akan melaju tenang. Akan tetapi, bila menempuh jalan yang kondisinya buruk, tentu memerlukan kehati-hatian agar jalan pedati tidak oleng dan jangan sampai celaka dan kondisi roda haruslah kuat pula supaya tidak patah sebelum sampai di tujuan dengan selamat. Begitu pula kehidupan yang dilalui oleh manusia. Adakalanya lancar berhasil, ada pula yang sulit, penuh cobaan dan masalah yang memerlukan kesabaran dan kekuatan hati. Apakah seseorang akan berputus asa? Sangat bergantung kepada kekuatan dan ketegaran hatinya. ...

Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf analogi tersebut  adalah ...
  1. Hidup ini pada dasarnya tidak selalu mudah, bagus, atau lancar, tetapi ada yang mendapatkan berbagai cobaan atau rintangan.
  2. Jadi, kehidupan manusia itu ibarat perputaran roda pedati menuju suatu tempat dengan beragam kondisi jalan yang ditempuhnya.
  3. Dengan demikian, kita manusia akan diuji kesabaran, kekuatan kita dengan berbagai cobaan dan memerlukan berbagai cara untuk mengatasi.
  4. Manusia dan roda perlu perhatian supaya dapat menempuh suatu jalan yang mulus penuh rintangan dan kendala yang dapat mencelakakan.
  5. Akhirnya, manusia mengetahui apa yang harus dilakukannya agar apa yang akan dicapainya dapat diraihnya tanpa rintangan dan selamat.

18.  Cermati kutipan pidato berikut!
Saudara-saudara yang saya hormati,
Perbaikan kualitas bangsa harus ditempuh dan terutama melalui pendidikan. Pendidikan itu proses yang panjang, yang tidak henti-hentinya untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk menerima ide-ide dan konsep-konsep baru. Itu makna pendidikan sehingga suatu saat hasil dari pendidikan itulah yang akan menumbuhkan budaya baru dengan manusia yang cerdas.
Selama manusianya cerdas maka ia mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam jiwanya secara cerdas pula. ...

Kalimat persuasi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.    Saudara-saudara, betapa bangganya kita memiliki kelak anak-anak bangsa yang cerdas dan dapat mengatur negara sebaik-baiknya dan dapat sejajar dengan negara dan bangsa lainnya.
B.     Jadi, kalau generasi kita sudah maju, dalam arti kata dimajukan oleh anak-anak bangsa yang cerdas dan bijaksana, kita akan berbangga dan menjadi bangsa yang besar di dunia ini.
C.     Betapa pentingnya anak-anak bangsa bagi bangsa sebagai penerus pembangunan negara dan memajukan bangsa dari keterpurukan di berbagai bidang yang membuat kita tertinggal.
D.    Oleh sebab itu, marilah kita sukseskan gebrakan wajib belajar sepanjang hayat pada seluruh bangsa kita agar kelak memperoleh generasi pembangun bangsa yang cerdas dan bijaksana.
E.     Didiklah anak kita dengan pendidikan yang mengarah kepada pengembangan bakat mereka agar mereka dapat merasa nyaman dan senang dalam mengikuti pelajaran yang diberikan.

19.  Cermati paragraf generalisasi berikut!
Setelah dilakukan pengamatan pelaksanaan kompetisi olahraga bidang persepakbolaan Indonesia, dapat dihimpun bukti-bukti negatif yang menyertai kompetisi tersebut. Bukti-buktinya sebagai berikut: banyak klup persepakbolaan yang belum sportif mengikuti peraturan sepakbola, melakukan keributan saat pertandingan. Suporter banyak yang tidak tertib dan tidak tahu aturan, bahkan ada yang tidak segan-segan merusak stadion dengan segaja. Yang paling parah lagi, masih terdapat kecurangan penyekoran dari wasit yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. ...

Kalimat yang tepat untuk simpulan paragraf tersebut adalah ...
  1. Dengan demikian, persepakbolaan Indonesia tidak akan menang-menang dalam bertanding.
  2. Jadi, disimpulkan  bahwa baru sedikit klub persepakbolaan yang taat akan peraturan.
  3. Dapat dikatakan bahwa persepakbolaan Indonesia belum dapat dikatakan profesional.
  4. Boleh dikatakan bahwa klub persepakbolaan tersebut harus banyak melakukan latihan.
  5. Memang sudah sejak lama kita ketahui bahwa pemandangan seperti itu sering terjadi.

20.  Bacalah iklan berikut dengan cermat!

Dibutuhkan beberapa tenaga pemasaran untuk memasarkan suatu produk baru elektonik.
Dengan persyaratan sebagai berikut :
(1)   Pendidikan S-1, DIII
(2)   Usia maks 25 th.
(3)   Pengalaman kerja min 1 th
Lamaran dikirim ke PO Box 123/Jkt 1004
                                                   Kompas, 1 Januari 2010

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ...
A.    Sehubungan dengan iklan yang dimuat di Kompas, 1 Januari 2010, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran.
B.     Membaca iklan yang dimuat di Kompas, 1 Januari 2010 maka saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran tersebut.
C.     Dengan iklan yang dimuat di Kompas, 1 Januari 2010 makanya saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran tersebut.
D.    Berminat dengan iklan yang dimuat di Kompas, 1 Januari 2010, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk pengisian tenaga kerja itu.
E.     Berdasarkan dengan iklan yang dimuat di Kompas, 1 Januari 2010, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan.
21.  Penulisan yang tepat pemerian identitas pelamar dalam surat lamaran pekerjaan ...
  1. Nama                           : Sania.
Tempat tanggal lahir   : Bekasi, 26 Agustus 1987
Alamat                        : Jln.Dahlia 12, Bekasi

  1. nama                            : Sania
tempat tanggal lahir    : Bekasi, 26 Agustus 1987
alamat                          : Jalan Dahlia 12, Bekasi

  1. Nama                           : Sania
tempat tanggal lahir    : Bekasi, 26 – 08 - 1987
Alamat                        : Jalan.Dahlia 12, bekasi

  1. nama                            : Sania
tempat tanggal lahir    : Bekasi, 26 Agustus 1987
alamat                          : Jl.Dahlia12 Bekasi

  1. Nama                           : SANIA
Tempat tanggal lahir   : BEKASI, 26 AGUSTUS 1987
            Alamat                        : JALAN DAHLIA 12, BEKASI

22.  Cermati kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut!
Demikianlah surat lamaran saya sampaikan, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.

Perbaikan yang tepat kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah  ...
  1. Demikianlah surat ini. Atas bantuan Bapak saya mengucapkan terima kasih banyak.
  2. Demikian surat lamaran saya. Atas perhatian Bapak saya mengucapkan terima kasih.
  3. Demikian surat lamaran ini. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
  4. Demikianlah, atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
  5. Saya berharap Bapak menerima saya.Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

23.  Cermati urutan kalimat berikut!
(1)   Tiba-tiba kawanan serangga bernama belalang kumbara berwarna hitam datang berputar-putar di atas ladang dan kemudian masuk ke areal pertanaman padi yang sedang menguning.
(2)   Sinar matahari mendadak terlihat lembut dan suram.
(3)   Seketika padi yang sudah mulai menguning berubah menjadi hitam karena dihinggapi ribuan belalang.
(4)   Bersamaan dengan lembut dan suramnya matahari, terdengar suara berdengung dari balik hutan, berasal dari tipuan angin yang menghantam dedaunan di hutan sekitarnya.

Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang baik adalah ... .
A.    (2), (4), (1), dan (3)
B.     (2), (3), (1), dan (4)
C.     (3), (4), (1), dan (2)
D.    (4), (3), (1), dan (2)
E.     (4), (1), (2), dan (3)

24.  Cermati paragraf deskripsi berikut!
Padang ilalang itu amat luas. Di sela-sela dedaunannya yang panjang terurai itu, muncul bunganya berbentuk bulat panjang berwarna putih, seperti kapas yang dibalutkan ke tangkai lidi kecil. Bila angin bertiup helai daun beserta bunga bergoyang. ...

Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf tersebut adalah ...
  1. Fungsi tangkai bunga itu pada umumnya sebagai penyanggah mahkota bunga.
  2. Warna bunga ilalang putih, bersih, dan sangat lembut, dan halus seperti kapas.
  3. Tangkai bunga berwarna cokelat, sangat kecil, dan sangat mudah patah.
  4. Daun bunganya panjang lonjong, permukaanya kesat, dan pinggir daunnya tajam.
  5. Goyangan dedaunan dan bunganya ke kiri dan ke kanan seakan berirama.

25.  Cermati paragraf deskripsi berikut!
Jarum jam terdengar berdetak ... . Malam itu terasa ... . Detak jam diding semakin keras. Aku menarik selimutku untuk menutupi wajahku. Sayup-sayup terdengar bunyi langkah menuju ke arah dapur yang berdampingan dengan kamar tidurku. Aku mengonsentrasikan perhatianku mengikuti bunyi langkah tersebut. Jantungku sekarang berdegup ... . Langkah itu semakin menghilang. Aku pelan-pelan mengangkat tubuhku lalu bersender ke tiang tempat tidur. Tiba-tiba pintu kamarku ada yang mengetuk. Dengan spontan aku berteriak ... . memanggil ibuku. Akan tetapi, teriakanku terhenti setelah mendengar kakakku memanggil namaku, ”Ada apa Nit?”

Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ... .
A.    hampir keras, hampir sunyi, kencang amat, tidak keras
B.     tidak keras, sunyi sekali, kencang sekali, hampir keras 
C.     sedikit keras, sunyi sekali, kencang sekali, keras sekali
D.    sangat keras, sunyi sekali, kencang sekali, keras sekali
E.     sangat keras, sunyi sekali, tidak kencang, keras sekali





26.  Cermati judul karangan berikut!
pentingnya pendidikan keterampilan di sekolah

Perbaikan penulisan judul karangan tersebut sesuai EYD adalah ...
A.    Pentingnya Pendidikan Keterampilan Di Sekolah
B.     Pentingnya PENDIDIKAN KETERAMPILAN di sekolah
C.     Pentingnya Pendidikan Keterampilan di Sekolah
D.    Pentingnya pendidikan keterampilan di sekolah
E.     ”Pentingnya pendidikan keterampilan di sekolah”

27.  Cermati kutipan karya tulis berikut!
Ada tujuh agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi daripada persoalan ekonomi yang mana bakal muncul tahun ini. Tujuh agenda itu adalah mengatasi risiko pengangguran baru, mengelola inflasi, menjaga pergerakan sektor riil, mempertahankan daya beli, melindungi kelompok di garis kemiskinan, memelihara kecukupan pangan dan energi, serta memelihara angka pertumbuhan ekonomi yang pantas.

Perbaikan kalimat yang tercetak miring dalam kutipan tersebut adalah ...
  1. Ada tujuh agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi daripada persoalan ekonomi yang bakal muncul tahun ini.
  2. Ada tujuh agenda yang akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang bakal muncul tahun ini.
  3. Ada tujuh agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang mana bakal muncul tahun ini.
  4. Ada tujuh daripada agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang mana bakal muncul tahun ini.
  5. Ada tujuh daripada agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi bakal muncul tahun ini.

28.  Cermati kutipan bahasa karya tulis berikut!
Untuk mengembalikan kepribadian diri seutuhnya berarti dapat menggunakan kekuatan diri yang sebenarnya, pertama kita perlu melihat secara serius ke dalam diri sendiri terlebih dahulu. Lihatlah dan pelajarilah, siapakah diri sebenarnya. Dengan mengetahui diri sendiri saat ini, dapat melakukan langkah-langkah ke depan yang sesuai untuk mencapai diri sendiri yang seutuhnya. Tujuannya adalah mencapai hidup yang selaras dan serasi dengan tetap menjaga keseimbangan pikiran, perasaan, keahlian untuk mencapai apa yang dicita-citakan, akan merasa takjub dengan perubahan yang dialami.

Bahasa yang tepat untuk mengganti bahasa kias yang bergaris bawah dalam kutipan karangan ilmiah tersebut sehingga bermakna lugas adalah ... .
  1. kekayaan, peninjauan
  2. kepintaran, pembuktian
  3. kesanggupan, penerapan
  4. kecerdasan, pengoreksian
  5. potensi, introspeksi

29.  Cermati topik dan kalimat penjelas berikut!
Topik paragraf    : hakikat pendidikan pembangunan peradaban bangsa yang sangat dinamis
Kalimat penjelas  :
(1)   Pendidikan pada hakikatnya merupakan proses pembangunan peradaban bangsa yang sangat dinamis.
(2)   Tanggung jawab utama mendidik anak berada di tangan orang tuanya hingga mereka siap memasuki usia sekolah.
(3)   Oleh karena itu, pendidikan harus bertumpu pada konsep pertumbuhan, pengembangan, dan kelangsungannya sehingga penyelenggaraan pendidikan harus dikelola secara profesional.
(4)   Mengingat perannya yang sangat strategis dalam proses pembangunan peradaban bangsa, maka bidang pendidikan perlu komitmen nasional.
(5)   Seorang guru harus memahami bahwa anak didik mereka memiliki keterampilan yang beragam dengan kompetensi yang beragam pula.

Kalimat  penjelas yang sesuai topik adalah nomor ... .
  1. (1), (3), dan (4)
  2. (1), (3), dan (5)
  3. (2), (3), dan (4)
  4. (2), (4), dan (5)
  5. (3), (4), dan (5)
30.  Topik karangan ilmiah : Pengaruh sistem informasi (SI) perusahaan melakukan bisnis

Kalimat latar belakang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
A.    Berbagai upaya telah dilakukan terhadap mengubah cara perusahaan melakukan bisnis yang  mengakibatkan banyak hal-hal baru terjadi dalam suatu organisasi.
B.     Perusahaan harus memiliki disiplin agar memiliki manajemen yang teratur dan dapat dihargai oleh pesaingnya sesama pelaku bisnis.
C.     Secara tradisional, manajemen dan akademisi memandang peranan SI sebagai fungsi  pendukung dalam operasi perusahaan.
D.    Pada  masa  sekarang,  sistem  informasi (SI) telah mengubah cara perusahaan melakukan  bisnis yang mengakibatkan banyak hal-hal baru terjadi dalam suatu organisasi.
E.     Sistem informasi mampu mengubah bentuk organisasi, mampu mengubah cara perusahaan dalam beroperasi dan mampu mengubah cara perusahaan dalam bersaing.

Cermati kutipan hikayat berikut untuk soal nomor 31 s.d. 33!
Hatta beberapa lamanya sampailah umur Sadalab itu dua belas tahun, maka oleh Khojah Astor diserahkannya mengaji pada seorang mualim. Adapun akan Sadalab itu terlalu sangat takabur hatinya, lagi perangainya pun terlalu amat jahat. Dengan beberapa tipu daya mualim itu mengajar dia, tidak juga ia menurut kata gurunya itu.
Sebermula maka datanglah pada suatu hari, Sadalab pun berkelahi dengan seorang budak temannya yang bersama mengaji itu. Maka dipukul oleh Sadalab kepada budak itu dengan lohnya (meja kecil), pecah kepala budak itu, berhamburan darahnya. ...
Setelah dilihat oleh Khojah Astor orang itu datang membawa anaknya, maka ia pun segeralah turun mendapatkan bapak budak itu dengan takzimnya. Maka oleh Khojah Astor serta dipeluknya leher bapak budak itu, seraya katanya “Hai Saudaraku! Terlalu sekali takjub perbuatan anak hamba ini. Melainkan maaflah Tuan hamba. Bahwa yang kesalahan anak hamba dan dalam hati hamba, yang anak tuan hamba itu seperti anaklah kepada hamba.”
Maka tatkala Khojah Astor berkata-kata itu, sangat merendahkan dirinya serta dibaikinya hatinya hati orang itu; maka marahnya pun hilanglah, kepada hatinya kasihan melihat laku Khojah Astor itu, ... (Hikayat Bayan Budiman)


31.  Isi cerita dalam kutipan tersebut adalah ...
A.    Anak Khojah Astor bernama Sadalab berkelahi dengan temannya dan Khojah Astor meminta maaf kepada orang tua anak itu dan mengakui bahwa Sadalab-lah yang besalah.
B.     Sadalab sudah berumur dua belas tahun dan diserahkannya mengaji pada seorang mualim untuk mengajarinya mengaji secara tekun.
C.     Sadalab itu terlalu sangat sombong, amat jahat dan tidak mau mematuhi nasihat orang tuanya, apalagi mendengar nasihat guru ngajinya.
D.    Dengan beberapa tipu daya mualim mengajar Sadalab, tetapi ia tidak juga menurut kata gurunya sedikit pun  malah dia ajak berkelahi.
E.     Sadalab berkelahi dengan seorang budak teman mengaji itu sehingga pecah kepala Sadalab oleh  temannya itu, dan darahnya bercucuran.

32.  Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah ...
A.    Kewajiban orang tua yang mendidik anaknya bila sudah berumur dua belas tahun dan juga mengajarkan sopan santun, mengaji, dan beribadah lainnya.  
B.     Perilaku Khojah Astor yang meminta maaf kepada orang tua anak yang berkelahi dengan anak Khojah Astor dan mengakui bahwa anaknyalah yang bersalah.
C.     Guru ngaji Sadalab sangat sabar menghadapi kelakuan murid-murid ngajinya dan tidak henti-hentinya menasihati muridnya dengan kasih sayang.
D.    Ibu Sadalab bernama Khojah Astor tidak mau meminta maaf kepada orang tua anak yang berkelahi dengan anaknya dan tidak mengakui kesalahan anaknya.
E.     Perilaku Khojah Astor yang selalu melindung anaknya dalam perkelahian, dan enggan meminta maaf kepada orang tua anak tersebut.

33.  Amanat yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ...
A.    Seorang anak harus meminta maaf kepada orang tuanya atas kesalahan yang telah dilakukannya.
B.     Bila seorang anak melakukan kesalahan, orang tua hendaknya jangan melindunginya atas kesalahannya.
C.     Berilah kasih sayang yang tulus kepada anak dan bimbinglah mereka agar mereka merasa diperhatikan.
D.    Meminta maaflah apabila merasa bersalah kepada seseorang dan terimalah permintaan maaf orang tersebut.
E.     Janganlah terlalu memanjakan anak karena akan menjadikan anak tersebut nakal dan suka berkelahi dengan temannya.

Cermatilah kutipan berikut untuk menjawab nomor 34 s.d. 36!
Sukri menanti bis melintas di halte. Dia gemas melihat skuter melintas. Dia benci melihat kendaraan itu. Dia raba pisau belati di pinggangnya. Dia buka pintu pagar rumah Sumarni. Dia lihat skuter itu. Dia lihat Sumarni menerima pemuda pengendara skuter di ruang tamu. Dia melompat ke balik semak-semak bunga mawar. Dia dengarkan percakapan Sumarni dan pemuda pengendara skuter di ruang tamu.
“Kau cantik Sumarni. Baru saja aku melihatmu, aku telah mencintaimu. Benarkah bahwa kau belum mempunyai kekasih?”
Sukri Membawa Pisau Belati, Hamsad Rangkuti

34.  Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan tersebut adalah ... .
A.    orang pertama sebagai pelaku utama
B.     orang ketiga sebagai pelaku utama
C.     orang ketiga serba tahu
D.    orang pertama sebagai pelaku sampingan
E.     orang ketiga terfokus
35.  Pernyataan yang menunjukkan bahwa Sukri seorang yang berwatak cemburu adalah ...
A.    Sukri gemas, benci, dia buka pintu, dia melompat, sakit mendengar ucapan pemuda bersama Sumarni.
B.     Sukri gemas, ke balik semak-semak, masuk ke tengah ruangan, mendengar ucapan pemuda bersama Sumarni.
C.     Sukri gemas, ke balik semak-semak, meraba pisau di pinggangnya, mendengar ucapan pemuda bersama Sumarni.
D.    Sukri gemas, dia melompat, meraba pisau di pinggangnya, berkelahi dengan pemuda bersama Sumarni.
E.     Sukri gemas, benci, meraba pisau di pinggangnya, mendengar ucapan pemuda bersama Sumarni.
36.  Pendeskripsian watak Sukri dalam kutipan tersebut melalui ... .
  1. dialog antartokoh
  2. secara langsung
  3. pikiran-pikiran tokoh
  4. tanggapan tokoh lain
  5. keadaan di sekitar tokoh

Cermatilah kutipan berikut untuk menjawab nomor 37 s.d. 40!
“Kau cantik Sumarni. Baru saja aku melihatmu, aku telah mencintaimu. Benarkah bahwa kau belum mempunyai kekasih?”
“Kalau kau sungguh-sungguh mencintaiku, dekaplah aku erat-erat. Aku belum mempunyai kekasih. Aku masih murni. Aku belum mengenal seorang pemuda pun secara intim. Kaulah satu-satunya pemuda yang menimbulkan getaran lain di hatiku. Bagiku, seperti kurasakan saat ini, kau adalah kekasih tercinta.”
Sukri di dalam semak-semak mawar meraba pisau belati di pinggangnya. Dia sakit mendengar ucapan itu. Dia melompat dari dalam semak-semak. Dia masuk ke tengah ruangan. Sumarni kaget melihat itu. Mukanya merah menahan malu. Pemuda yang memiliki skuter itu terperanjat. Sikap Sukri mengundang perkelahian.
Sukri Membawa Pisau Belati, Hamsad Rangkuti

37.  Konflik dalam diri Sukri dalam kutipan tersebut adalah ... .
A.    perasaan gelisah dan bercampur was-was tehadap Sumarni
B.     rasa penyesalan Sukri yang berkepanjangan terhadap Sumarni
C.     kesedihan yang mendalam yang dalam dirasakan oleh Sukri
D.    rasa sakit hati Sukri kepada Sumarni dan pemuda bersama Sumarni
E.     perasaan benci Sukri kepada dirinya sendiri dan diri Sumarni

38.  Penyebab konflik pada diri Sukri dalam kutipan tersebut adalah ... .
A.    Sumarni jatuh cinta kepada pemuda lain
B.     Kekasih Sukri menghina diri Sukri
C.     Sumarni tidak mau bertemu dengan Sukri
D.    Sukri dilarang mengingat-ingat Sumarni
E.     Sumani memuji-muji pemuda lain

39.  Akibat konflik pada Sukri adalah ...
A.    Sukri pergi meninggalkan Sumarni dengan perasaan marah.
B.     Sukri sangat menyesal telah datang ke rumah Sumarni dan bertemu pemuda.
C.     Sukri berjanji akan berusaha untuk melupakan Sumarni secepat mungkin.
D.    Dengan rela Sukri harus melepaskan Sumarni ke tangan pemuda lain
E.     Sukri masuk ke tengah ruangan menemui Sumarni dan pemuda.

40.  Bukti bahwa latar suasana emosional dalam kutipan tersebut adalah ...
  1. Sukri berusaha menahan malu sekuat tenaganya.
  2. Sukri berkelahi untuk mempertahankan cintanya.
  3. Sukri meraba pisau belati di pinggangnya.
  4. Sumarni akan segera diputuskan Sukri.
  5. Sukri tidak henti-hentinya memaki diri sendiri.

Cermatilah kutipan drama berikut untuk nomor 41 dan 42!
(1)   Tati            :  Wah, selamat ya Maryam (menjulurkan tangan kepada Maryam).
(2)   Maryam     :  Ada apa ini Tat, kamu mengucapkan selamat sama aku?
(3)   Tati            :  Kamu tahun ini menjadi bintang kelas lagi, hebat kamu, belum ada yang dapat menyaingi kamu, Mar. Aku sangat kagum sama kamu, pintar, tidak sombong  (menepuk bahu Maryam).
(4)   Maryam     :  Ya, terima kasih Maryam, tapi janganlah terlalu berlebihan menilai aku, Tat. Seperti sudah kamu ketahui, Tat, aku ingin sekali melanjutkan sekolahku ke perguruaan tinggi agar kelak aku dapat mnghidupi keluargaku.
(5)   Tati            :  Mulia sekali itu, Tat, tapi kelak jangan sombong ya, seperti  kata peri bahasa, ”...”   

41.  Peribahasa yang tepat untuk melengkapi dialog Tati nomor (5) adalah ...
A.    Tak ada akar rotan pun jadi, tak emas bungkal diasah, tak jenjang kayu dikeping.
B.     Biar hidup berkalang tanah, biar mati berkalang bangkai.
C.     Karena hati mati, karena mata buta, karena jantung binasa.
D.    Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi.
E.     Gantungkan cita-citamu setinggi langit, rendahkan hatimu serendah dasar lautan.

42.  Hal yang diungkapkan dalam kutipan drama tersebut adalah ...
A.    Prestasi seorang siswa yang senantiasa mempertahankan prestasi tersebut dengan belajar bersungguh-sungguh.
B.     Maryam siswa yang berprestasi, tidak sombong, dan ingin menyenangkan keluarganya jika kelak berhasil.
C.     Maryam siswa yang hidup serba berkekurangan, tetapi dia akan berusaha untuk membahagiakan keluarganya.
D.    Seorang teman yang selalu memberi dorongan dan semangat kepada temannya atas prestasi yang diperoleh temannya.
E.     Keakraban dua orang teman yang senantiasa saling memuji dan memberikan semangat belajar yang tenggi.

43.  Cermatilah paragraf berikut!
Kamu jangan memberi tahu rahasia ini kepada Narsih. Saya tidak percaya lagi kepadanya sejak kejadian itu. Dia ”...”, membeberkan rahasia keluarga saya kepada teman-teman kita di sekolah ini sehingga teman-teman menjadi tahu masalah keluarga saya. Saya malu sekali.
Ungkapan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf adalah ... .
A.    panjang kalam
B.     panjang ingatan
C.     panjang lanjut
D.    panjang lidah
E.     panjang belit

44.  Cermati puisi berikut!
SELAMAT TINGGAL

Aku berkaca
Ini muka penuh luka
Siapa punya?

Kudengar seru menderu
- dalam hatiku? -
Apa hanya angin lalu?

Lagu lain pula
Menggelepar tengah malam buta
Ah....!!
Segala menebal, segala mengental
Segala tak kukenal....!!
Selamat tinggal....!!
                        oleh Chairil Anwar

Maksud isi puisi tersebut adalah ... .
A.    Perbuatan baik dan buruk seseorang, kelak akan diberikan imbalan, serta akan diminta pertanggungjawaban sesuai dengan perbuatannya.
B.     Luka hati yang sangat hebat dirasakan oleh seseorang atas perbuatan yang dilakukannya sendiri dan dia menyesali atas semua yang dilakukannya itu.
C.     Seseorang mencoba mengingat-ingat kembali apa yang sudah dilakukannya sehingga berbagai hal yang sudah dilakukannya muncul silih berganti.
D.    Seseorang sangat sedih dan berdukacita atas musibah yang telah menimpanya, tetapi dia sebetulnya tidak berdaya dan harus menerima dengan tulus.
E.     Seseorang menerima semua akibat atas segala tindakan dan perbuatannya selama ini walaupun akibat tersebut sangat berat dirasakannya.

45.  Kata ”berkaca” yang bergaris bawah pada larik pertama puisi tersebut bermakna ... .
A.    pengintrospeksian diri
B.     pengambilan sikap
C.     pemacuan semangat
D.    penginsafan diri
E.     pemberontakan jiwa







46.  Cermati kutipan puisi berikut!

           DIPONEGORO
Di masa pembangunan ini
Tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali
Pedang di kanan, keris di kiri
....
MAJU
Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu
Sekali berarti
Sudah itu mati.
         (Chairil Anwar)

Majas yang tepat untuk mengisi larik yang rumpang (bertitik) pada puisi tersebut adalah ... .
A.    Berselempang semangat yang tak bisa mati
B.     Kita harus tetap bersemangat dan jangan malas
C.     Semua manusia akan mati bila Tuhan menghendaki
D.    Kita tidak bisa memperkirakan berapa lama usia kita
E.     Hentikanlah pertikaian antarsesama manusia

47.  Cermati kutipan gurindam berikut!
Bersungguh-sungguh engkau memeliharakan tangan,
daripada segala berat dan ringan.


Maksud gurindam tersebut adalah ...
  1. Janganlah mengangkat beban yang berat agar tangan anda tidak rusak
  2. Bila ingin berhasil, lakukanlah usaha, baik besar maupun kecil.
  3. Kita haruslah menghindari segala perbuatan dosa, baik kecil maupun besar.
  4. Orang yang ingin selamat, harus giat dan rajin bekerja apa saja.
  5. Hidup kita akan selamat bila selalu ingat akan dosa kecil atau besar.

48.  Cermatilah kutipan esai berikut!
Saya teringat akan Ayu Utami. Teringat akan penilaian orang lain yang termasuk para pengarang dan kritikus tentang karya-karyanya. Keraguan akan keaslian karya-karyanya. Sebelum itu saya juga membaca karya-karyanya yang lain seperti “Larung” dan kumpulan esai-nya yang dibukukan. Kesan saya yang pertama sesudah membaca buku-bukunya ternyata sama seperti apa yang dijelaskan pelukis Frida Kahlo tentang Surealisme:
“Saya menemui seekor singa di dalam lemari pakaian saya sendiri yang sangat biasa saya kunjungi setiap akan ganti pakaian. Dan singa itu terlukis dalam pakaian-pakaian saya yang biasa, tidak mahal, mode biasa saja, namun tiba-tiba menjadi luar biasa indahnya, mengagetkan sehingga saya (dan juga teman-teman saya) tidak lagi percaya bahwa itulah pakaian saya, dan bahkan mencurigai saya yang biasa berpakaian biasa yang jadi luar biasa itu, saya curi dari orang lain. Pakaian yang memang milik saya sendiri itu telah mempunyai tenaga magis yang membuat orang lain sukar percaya, curiga pada saya yang sehari-hari berpakaian biasa tapi sekarang tampak begitu tampan yang membikin sebagian orang lain iri dan tidak mau melihat saya yang biasa-biasa saja tiba-tiba menjadi luar biasa.”
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah ...
A.     Timbulnya kesan keraguan pembaca akan keaslian karya-karya sastrawa sebelum membaca karya-karya mereka secara baik dan mendalam.
B.     Keraguan akan keaslian karya-karya Ayu Utami, dikatakan Surealisme, sangat biasa namun dapat menjadi luar biasa indahnya, dan mengagetkan.
C.     Kesan pertama sesudah membaca buku-buku karya seseorang ternyata sama seperti apa yang dijelaskan pengarang dalam bukunya.
D.     Sesuatu yang sangat biasa ditemukan dalan karya-karya Ayu Utami, biasanya ditanggapi dengan hal-hal biasa pula oleh pembaca.
E.      Karya-karya seorang pengarang dikatakan berarti, menarik, dan indah apabila tiba-tiba menjadi luar biasa indahnya.
                                                                  
49.  Bacalah penjelasan buku berikut!
Karya-karya Putu Wijaya, merupakan antitesis dari tulisan Pramoedya: fantastik dan bersifat tidak langsung, dan Putu mencampur hal tersebut dengan pinjaman-pinjaman liberal dari tradisi Bali dan Jawa. Mangunwijaya merajut acuan dan analogi wayang ke dalam wacana yang sebagian besar realis, sementara Putu Wijaya mengambil lisensi besar sekali dengan Mahabarata dalam narasi-narasinya yang diskursif dan fantastik. Tetralogi itu ditulis dalam tradisi realisme yang murni, dengan mencerminkan keterlibatan Pramoedya pada proyek modernis dan penolakannya terhadap banyak unsur kebudayaan regional “feodal” yang ia anggap bertentangan dengan kemajuan bangsanya (halaman 252). Suara pengarang itu hadir karena memang diajukan Putu dalam novel-novelnya yang juga ia ajukan dalam esai dan wawancaranya guna mengerti makna dan keberadaan manusia (halaman 255).

Kalimat kritik yang sesuai isi penjelasan tersebut adalah ...
A.    Antitesis dari tulisan Pramoedya: fantastik dan bersifat tidak langsung, dan Putu mencampur hal tersebut dengan pinjaman-pinjaman liberal dari tradisi Bali dan Jawa, dan banyak merajut acuan dan analogi wayang.
B.     Putu Wijaya ke dalam wacana yang sebagian besar realis, mengambil lisensi besar sekali dengan Mahabarata dalam narasi-narasinya yang diskursif dan fantastik, tetralogi itu ditulis dalam tradisi realisme yang murni.
C.     Dengan mencerminkan keterlibatan Pramoedya pada proyek modernis dan penolakannya terhadap banyak unsur kebudayaan regional “feodal” yang ia anggap bertentangan dengan kemajuan bangsanya.
D.    Karya-karya Putu Wijaya, merupakan antitesis dari tulisan Pramoedya dengan pinjaman-pinjaman liberal dari tradisi Bali dan Jawa dan mengambil lisensi Mahabarata dalam narasi-narasinya yang diskursif dan fantastik.
E.     Suara pengarang itu hadir karena memang diajukan Putu dalam novel-novelnya yang juga ia ajukan dalam esai dan wawancaranya guna mengerti makna dan keberadaan manusia dalam arti yang benar.

50. Bacalah penjelasan buku berikut!
 Kesan yang biasa dijumpai saat membaca sebuah novel ”thriller” adalah suasana kecemasan dan ketercekaman. Akan tetapi, kenapa masih tetap saja ada pembaca yang “gandrung” suasana semacam itu, padahal akan membuat bulu kuduk berdiri dan dicekam “ketakutan” saja?
Mungkin, jawabnya karena rasa ketakutan yang dicipta pengarang masih sebanding lurus atau bahkan masih dikalahkan oleh rasa ingin tahu pembaca yang menggebu-gebu untuk mengetahui ending cerita Perfume. Akibatnya, suasana seperti bau busuk, leleran darah, dan kekejaman pembunuhan dirasa tak perlu lagi ditakuti. Rasa penasaran sudah mengalahkan ketercekaman. Justru pembaca seakan dibaluri ketertarikan aneh yang tak bisa dijelaskan dengan mudah karena rasa ingin tahu terhadap ending cerita kerap membungkam kengerian itu. Karena itu, jika novel thriller tak berpretensi menciptakan keterpesonaan seperti itu, pasti akan gagal memikat pembaca. Tidak mustahil, novel tersebut akan dibuang di kolong ranjang karena hanya mencipta ketakutan semata.

Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan buku sesuai dengan penjelasan tersebut adalah ...
A.    Pembaca yang penakut, akan menjadi tidak penakut lagi setelah membaca cerita ini karena dapat mengobati penyakit penakut orang tersebut setelah selesai membaca cerita Perfume.
B.     Pendekripsian akibat suasana seperti bau busuk, leleran darah, dan kekejaman pembunuhan dirasa tak perlu lagi ditakuti karena digambarkan secara alami dan penyajiannya wajar seperti apa adanya.
C.     Isi novel sulit dipahami karena disajikan secara berbelit-belit dan dipenuhi dengan suasana mencekam, keanehan karena ceritanya banyak terkait dengan ilmu gaib kesadisan, dan sebagainya.
D.    Penyajian cerita lebih ke dunia kengerian; banyak menciptakan keterpesonaan seperti itu, pasti berhasil memikat pembaca yang menyukai dunia keanehan, tetapi berakhir dengan  kegembiraan.
E.     Novel Perfume ini tergolong ”thriller” karena suasana kecemasan pada pembaca dan membuat bulu kuduk berdiri, tetapi itulah yang membuat keingitahuan dan kemenarikan cerita.


0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►