RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.
B. Indikator
- Mengenal bola
- Menendang bola
- Menghentikan bola / mengontrol bola
- Menggiring bola
- Melempar bola
- Bermain sepak bola secara sederhana
C. Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Sepak Bola
D. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi serta penjelasan materi yang akan dibahas serta dilanjutkan pemanasan.
|
10 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
2.
|
Inti
- Teknik mengenal bola dilakukan dengan cara menggulir-gulirkan bola, menimang-nimang bola
- Teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki bagian luar
- Teknik menghentikan / mengontrol bola dengan menggunakan kaki bagian dalam punggung kakai dan kaki bagian luar.
- Teknik melempar bola dilakukan dengan cara :
a. berdiri diluar garis samping
b.bola dipegang dengan dua tangan dari atas belakang kepala
c. badan ditarik ke belakang diteruskan dengan mengayunkan kedua tangan ke depan (menggunakan kekuatan otot perut, panggul, bahu dan tangan)
- teknik bermain bola secara sederhana
|
60 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
|
3.
|
Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi terhadap kegiatan yang baru dipratekkan.
- Informasi-informasi
|
20 menit
|
Ceramah
Diskusi
|
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Lapangan sepak bola, bola kaki, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.
Kepala sekolah
.............................
|
.............., ..................
Guru Mapel
____________________
NIP.
|
0 comments:
Post a Comment