Friday, March 6, 2015

Soal UAS 2 Sejarah Kelas XI SMA TA 2014/2015 Part 2

Posted by Blogger Name. Category: , , ,

51. Salah satu komoditas rempah-rempah Aceh dan Banten yang sangat laku di pasaran internasional adalah ….
a. cengkeh d. rotan
b. lada e. pala
c. kayu damar

52. Yang berkaitan dengan munculnya kerajaan kutai di kalimantan Timur adalah..
a. adanya para pedagang yang singgah d kutai
b. ditemukannya prasasti yang menyatakan berdirinya sebuah kerajaan
c. adanya para pedagang India yang mendirikan sebuah kerajaan
d. adanya kepala suku yang mendapatkan pengaruh India sehingga mendirikan sebuah kerajaan
e. kalimantan Timur letaknya sangat strategis

53. Kerajaan Demak mengantisipasi perluasan kebudayaan Portugis ke wilayah Nusantara dengan cara..
a. mengirim armada Demak untuk menyerang Malaka yang dipimpin oleh Pati Unus
b. membuat benteng d sekeliling kota Demak
c. mengirim armada ke Malaka yang dipimpin Raden Shaleh
d. menguasai perdagangan d seluruh Nusantara
e. mengumpulkan prajurit sebanyak mungkin untuk menghadapi Portugis

54. Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis pada tahun 1511 mengakibatkan..
a. Portugis menerapkan perdagangan monopoli
b. Pasukan dari Demak pimpinan Pati Unus tidak mau mendukung perjuangan rakyat Malaka
c. Pedagang Islam dari pelabuhan Aceh, Gresik dan banten berpindah ke Malaka
d. terjalin hubungan dagang antara Malaka dengan Demak
e. Pelabuhan pantai barat Sumatra menjadi sepi

55. Perjanjian yang memecah kerajaan Mataram menjadi dua, kerajaan Surakarta dan kerajaan Yogyakarta tahun 1755 adalah perjanjian..
a. London d. Linggajati
b. Giyanti e. Bongaya
c. Tuntang

56. Walisongo yang menjadi raja di Cirebon, yaitu ….
a. Sunan Bonang d. Sunan Derajat
b. Sunan Gunungjati e. Sunan Kalijaga
c. Sunan Muria

57. Salah satu Wali Songo yang menyebarluaskan Islam dengan media wayang adalah…
a. Sunan Kalijaga d. Sunan Bonang
b. Sunan Ampel e. Sunan Muria
c. Sunan Giri

58. Bentuk atap Mesjid Banten memperlihatkan corak bangunan yang bergaya…
a. Hindu d. Arab
b. Budha e. Eropa
c. Indonesia asli

59. Tokoh penyebar ajaran Tasawuf yang bersifat Pantesis-Monistis di Pulau Jawa adalah…
a. Syekh Maghribi
b. Syekh Siti Jenar
c. Syekh Maulana Ishak
d. Syekh Jamaludin Rumi
e. Syekh Abdul Kadir Jaelani

60. Tradisi ritual keagamaan bercorak Islam yang berkaitan dengan fase awal kehidupan manusia (kehamilan) dikenal dengan istilah ….
a. marhabaan d. tujuh bulanan
b. tahlilan e. aqiqah
c. sunatan

61. Khalifatullah adalah gelar yang biasanya digunakan oleh raja-raja penguasa kerajaan ….
a. Banten d. Mataram
b. Cirebon e. Pajang
c. Demak

62. Legitimasi kekuasaan raja dengan cara penggunaan istilah-istilah yang menunjukkan kebesaran raja-raja Islam berangkat dari konsep yang berkembang dari agama Hindu-Buddha yaitu dari konsep ….
a. Nur-cahyo dan Nur-roso
b. Dewa-Raja dan Boddhisatwa
c. Manunggaling kawula gusti
d. Harmoni dan keselarasan
e. Pandita-raja

63. Berikut ini situasi di Eropa yang mempengaruhi kedatangan bangsa Barat ke dunia Timur, yaitu..
a. jatuhnya kota Konstantinopel
b. masuknya paham merkantilisme
c. jatuhnya kota Lisabon ke tangan Spanyol
d. adanya Perang Salib
e. terjadinya Revolusi Prancis

64. Paham di Eropa yang berusaha untuk mendapatkan emas sebanyakbanyaknya dalam rangka mencapai kejayaan disebut dengan..
a. merkantilisme d. sosialisme
b. kapitalisme e. profitable
c. liberalisme

65. Ciri dari sistem ekonomi kapitalisme adalah dikuasainya hak milik alatalat produksi oleh ….
a. individu d. kongsi
b. negara e. non partikelir
c. kelompok

66. Latar belakang kedatangan bangsa Barat ke Timur ;
1. Di Eropa harga rempah-rempah sangat mahal
2. Adanya semangat 3G pada orang-orang portugis
3. Terbukanya jalur pelayaran ke arah Timur
4. Telah dikenal jalan menuju ke wilayah rempah-rempah lewat laut
Pada akhir abad XV orang-orang Portugis berusaha mencari rempah-rempah, karena…
a. 1, 2, 3, 4
b. 1, 2, 3
c. 1, 2, 4
d. 2, 3, 4
e. 1, 3, 4

67. Istilah “renaissance” dalam sejarah peradaban Eropa berarti ….
a. kebangkitan untuk melawan kolonialisme
b. bersatunya kembali raja-raja kecil di Eropa
c. pembaharuan dalam bidang agama katolik
d. kelahirn kembali kebudayaan kuno Yunani dan Romawi
e. kebangkitan semangat nasionalisme

68. Sejalan dengan penjelajahan samudra yang dilakukan oleh bangsabangsa Eropa juga berlangsung imperialisme kuno yang menonjolkan aspek-aspek berikut ….
a. agama, politik, sosial, dan budaya
b. perdagangan, sosial, dan budaya
c. agama, kekayaan, dan kejayaan
d. ekonomi, agama, dan politik
e. sosial, budaya dan agama

69. Perlombaan mencari tanah jajahan oleh negara-negaraEropa Barat yang meningkat pada abad XIX merupakan dampak dari ….
a. perkembangan pemikiran pada abad XVII dan XVIII
b. revolusi Prancis pada akhir abad XVII
c. dari makin tingginya permintaan akan rempah-rempah
d. banyaknya perusahaan-perusahaan pelayaran di Eropa Barat
e. penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi pada abad XVII dan XVIII

70. Upacara Grebeg Maulud merupakan contoh akulturasi kebudayaan asli Indonesia dengan kebudayaan Islam
SEBAB
Pengaruh agama Islam sangat besar bagi kehidupan masyarakat Indonesia

71. Pada tahun 1511 orang-orang Portugis berhasil menguasai Malaka d pantai barat semenanjung Melayu. Maksud penguasaan selat Malaka adalah untuk menyaingi pedagang Muslim di Nusantara.
SEBAB
Sebelum menguasai Malaka pada tahun 1511, Portugis menguasai kota di pantai barat India sebagai benteng pertahanan untuk memperluas kekuasaan ke wilayah Nusantara

72. Hamzah Fansuri ialah seorang ulama besar Aceh dan penulis berbagai buku filsafat Islam
SEBAB
Salah satu buku karangannya yang berjudul Bustanussalatin berisis tentang sejarah dan adat istiadat Aceh serta ajaran-ajaran agama islam

73. Perjanjian Giyanti 1755 membagi kerajaan Mataram menjadi dua yaitu Mataram Barat diserahkan kepada pangeran Mangkubumi dan Mataram Timur diserahkan kepada Sultan Pakubuwono II.
SEBAB
Perjanjian Salatiga 1757 membagi kerajaan Mataram menjadi dua, sebagian diserahkan kepada Mas Said dan sebagian diserahkan kepada Pakubuwono II

74. Kedatangan orang-orang Eropa ke Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung tidak berdampak banyak terhadap perkembangan kebudayaan Indonesia
SEBAB
Kedatangan orang Eropa ke Indonesia hanya untuk berdagang mencari pusat penghasil rempah-rempah dan mendapat daerah koloni

75. Sejak dahulu hingga sekarang kebudayaan Indonesia memiliki pola dasar yang sama, antara lain bersifat terbuka dan akomodatif
SEBAB
Proses akulturasi kebudayaan hanya berlangsung pada zaman Hindu-Budha

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►