Tuesday, February 2, 2016

Rangkuman Geografi Mengenal Atmosfer Bumi dan Manfaatnya


Mengenal Atmosfer Bumi dan Manfaatnya

Atmosfer atau lapisan udara adalah
selimut udara yang.mengelilingi bola bumi. Atmosfer tetap pada tempatnya karena ditahan oleh gaya gravitasi bumi. Tekanan atmosfer yang paling besar berada di permukaan air laut dan makin ke atas (bertambah ketinggiannya), tekanannya makin berkurang. Manfaat atmosfer, di antaranya adalah untuk melindungi makhluk hidup dan tumbuhan dari radiasi sinar ultraviolet, untuk pemapasan dan respirasi, untuk melindungi bumi dari hujan meteor, sebagai sarana dalam proses siklus air, sebagai sarana telekomunikasi, dan sebagai sarana transportasi.
Atmosfer Bumi
Kandungan Bahan

99,9 % Massa atmosfer terletak dalam lapisan permukaan bumi, yaitu 50 km lapisan pertama, sedangkan bahan yang terkandung dalam atmosfer adalah udara kering, air dalam bentuk gas, aerosol, dan gas lain. Karbon dioksida dapat menyebabkan efek rumah kaca, yaitu transparan terhadap radiasi matahari dan menyerap radiasi matahari yang dipancarkan kembali ke permukaan bumi. Ozon adalah sejenis molekul oksigen yang terdiri dari tiga atom (O3) dan terdapat di lapisan stratosfer. Ozon berfungsi menyerap sebagian besar sinar ultraviolet matahari, sehingga melindungi manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan dari 'sengatan ultraviolet matahari. Penyebab utama berkurang (pengosongan) ozon adalah pemakaian CFC (Chiaro Fluoro Carbon) dan buangan dari pesawat supersonik. 
Lapisan-lapisan Atmosfer 

Berdasarkan suhu dan zona perubahan suhu, atmosfer dibagi menjadi lima lapisan, yaitu:
  • Troposfer (0 - 10) km: Adalah lapisan udara terendah, hampir 80% gas di atjnosfer berada di lapisan ini.Suhunya ± 3°C sampai 35°C. .
  • Stratosfer (10.- 50) km: Lapisan ini adalah lapisan penahan radiasi matahari langsung, karena pada lapisan ini terdapat gas ozon yang dapat menahan radiasi ultraviolet dari sinar matahari. Suhunya di atas ± 35°C.
  • Mesosfer (50 - 80) km: Pada lapisan ini tidak ada gas yang dapat menahan radiasi sinar matahari. Suhu pada lapisan ini ± -140°C yang adalah suhu terendah pada lapisan atmosfer.
  • Termosfer (80 - 400) km: Lapisan termosfer mempunyai suhu ± 80°C, adalah lapisan di atmosfer yang suhunya paling panas.
  • Ionosfer (lebih dari 400 km) Lapisan ionosfer berfungsi sebagai pemantul gelombang-gelombang radio yang datang dari permukaan bumi, sehingga gelombang-gelombang radio dapat diterima kembali di bumi. Tanpa adanya lapisan ini, tidak dapat menangkap siaran radio dari jarak jauh.
  • Eksosfer: Adalah lapisan udara paling luar dan hampir tidak ada tekanan udara. Molekul gas yang ada dapat meninggalkan atmosfer menuju angkasa luar.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►