Tuesday, May 13, 2014

Contoh Soal Diskusi Bahasa Indonesia SMA 2013/2014


SOAL DISKUSI

1.      Bacalah kutipan diskusi berikut dengan saksama!
Tri Jalmo   : Saya setuju dengan pemilihan objek wisata ke Bali, hanya waktunya jangan enam hari mengingat perjalanan pulang – pergi saja sudah menghabiskan waktu tiga hari tiga malam. Saya usul menjadi delapan hari.
Tika           : Saya setuju saja, tapi apakah dengan biaya Rp.900.00,00 cukup?
                     Saya piker cukup
Munawar   :  saya setuju dengan Saudara Tri dan Saudari Tika, saya yakin dengan biaya Rp.900.000,00 cukup, hanya hotelnya jangan yang terlalu mahal, yang penting bersih dan nyaman.
Ketua        :  Kalau begitu, kita sudah sepakat, hanya panitia harus mencari hotel yang sekiranya cukup dengan biaya Rp.900.000,00.
Kalimat simpulan yang tepat untuk ditulis dalam notulen berdasarkan diskusi tersebut

2.      Kalimat kesimpulan rapat yang tepat adalah….

3.      Bacalah kutipan diskusi berikut dengan saksama!
Seorang penyaji menyampaikan makalahnya dengan topic “pengaruh rokok terhadap kesehatan”. Selain pengaruh negative, disampaikan juga pengaruh positif. Seorang peserta menolak pendapat tentang pendapat tentang pengaruh-pengaruh tersebut.
Kalimat penolakan yang tepat dan sesuai dengan sopan santun diskusi adalah ….

4.      Kalimat sanggahan yang tepat sesuai dengan santun diskusi adalah….

5.      Penyaji : “Minat baca siswa terhadap novel sekarang ini sangat menurun. Ini dibuktikan dengan rendahnya kemampuan apresiasi siswa terhadap karya sastra, khususnya novel.
Pernyataan yang paling baik sebagai penolakan terhadap pendapat tersebut adalah….
6.      “Saudara moderator, setelah saya mendengar uraian Saudara A, saya merasa bingung karena uraian tersebut bertentangan dengan isi makalahnya, yakni pada halaman 2, baris ke 27”
Kalimat di atas merupakan….

7.      Kalimat yang tepat untuk menolak pendapat dalam diskusi adalah….

8.      Kalimat yang paling santun sesuai dengan tata cara diskusi dalam mendukung pendapat seorang penyaji ialah….

9.      Kalimat yang paling santun sesuai tata cara diskusi dalam menolak pendapat seorang peserta diskusi adalah….

10.  Kalimat yang tepat untuk mengemukakan pendapat yang dilandasi alas an yang kuat dalam diskusi dengan topic “Pelestarian Lingkungan ialah….


0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►