Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas
/ Jurusan : XII – IPA/IPS
Paket : 1 (Satu)
Pilihlah jawaban yang paling tepat.
Tabel berikut untuk soal nomor 1 dan 2. Cermatilah!
Ramalan Cuaca di DKI Rabu, 14 Januari 2009
L O K A S I
|
C
U A C A
|
||
PAGI
( 00.05 – 12.00 )
|
SIANG
( 12.05 – 18.00 )
|
MALAM
( 18.05 – 24.00 )
|
|
|
Berawan dan hujan
ringan
|
Berawan dan hujan ringan – sedang
|
Berawan dan hujan ringan – sedang
|
|
Berawan dan hujan ringan – sedang
|
Berawan dan hujan sedang – lebat
|
Berawan dan hujan ringan – sedang
|
|
Berawan dan hujan ringan – sedang
|
Berawan dan hujan sedang – lebat
|
Berawan dan hujan ringan – sedang
|
|
Berawan dan hujan ringan – sedang
|
Berawan dan hujan ringan – sedang
|
Berawan dan hujan ringan – sedang
|
|
Berawan dan hujan ringan – sedang
|
Berawan dan hujan sedang – lebat
|
Berawan dan hujan ringan – sedang
|
|
|
|
|
Sumber BMG
1.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi tabel di atas adalah . . .
A. Pada pagi hari di Jakarta Pusat terjadi
hujan lebat.
B. Sejak pagi hingga malam hari di Jakarta
Utara terjadi hujan lebat.
C. Di Jakarta Selatan siang dan malam hari terjadi hujan lebat.
D. Di Jakarta Timur mulai pagi hingga malam hari cuaca berawan
E. Di Jakarta Barat mulai pagi hingga
malam hari terjadi hujan lebat.
2.
Simpulan
yang sesuai dengan tabel di atas adalah
. . .
A. Sepanjang hari di lima wilayah DKI, cuaca berawan disertai hujan lebat.
B. Hujan lebat terjadi pada siang hari di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta
Timur.
C. Pada malam hari di wilayah Jakarta Selatan cuaca mendung disertai hujan
lebat.
D. Di Jakarta Timur dan Jakarta Barat pada siang hari terjadi hujan lebat.
E. Pada tanggal 14 Januari 2009 di DKI cuaca berawan dan akan
terjadi hujan.
Teks untuk soal nomor 3 dan 4. Bacalah dengan saksama!
Film Denias
Senandung Di Atas Awan yang diputar di Asia-Europe Institute University
Malaya, Selangor, Senin (19/1) malam, dalam acara pekan apresiasi film
Indonesia yang diadakan KBRI Kuala Lumpur memukau masyarakat internasional di
Malaysia. "Sejujurnya saya sangat gembira
bisa menyaksikan film ini. Saya menjadi tahu bagaimana kehidupan di Papua
sebagai salah satu bagian dunia. Saya
dapat mengetahui salah satu kehidupan di sebuah pulau Indonesia," kata
Susanne Lenz, dari Goethe Institute, Senin malam, di Selangor. Lenz merupakan
salah satu dari warga asing di Malaysia yang menyaksikan film Denias, satu dari
tiga film yang akan diputar dalam pekan apresiasi film Indonesia. Selain Denias
akan diputar juga film opera Jawa dan Janji Joni.
3. Ide pokok paragraf tersebut yang
tepat adalah . . .
A. Film Denias diputar di semua bioskop.
B. Film Denias disenangi masyarakat Malaysia.
C. Film Denias, satu dari tiga film yang akan
diputar.
D. Film Denias pukau penonton Malaysia.
E. Film Denias diputar di
Europe.
4. Jawaban pertanyaan Bagaimana reaksi penonton film Denias di
Malaysia
yang tepat adalah . . .
A. Penonton
tampak kagum dan senang bertemu dengan pemain film Denias.
B.
Penonton kagum dengan pola hidup orang Papua dan ingin berkunjung.
C.
Penonton senang dengan film-film Indonesia
yang diputar di bioskop Malaysia .
D. Penonton gembira dan
terpukau menonton film Denias.
E. Penonton Malaysia sangat senang dengan film Indonesia .
Teks editorial untuk soal nomor 5 dan 6. Bacalah
dengan saksama!
(1) Pemerintah kembali mengambil kebijakan menurunkan harga premium dan solar masing-masing menjadi Rp4.500,00 per liter. (2) Kebijakan itu berlaku sejak 15 Januari 2009. (3) Itu berarti, hanya dalam 45 hari, pemerintah telah tiga kali menurunkan harga premium dan hal yang tidak pernah dilakukan pemerintah sebelumnya. (4) Pertama kali harga premium diturunkan pada 1 Desember 2008, yaitu dari Rp6.000,00 per liter menjadi Rp5.500,00 per liter. (5) Dua pekan kemudian, 15 Desember 2008, harga premium diturunkan lagi menjadi Rp5.000,00 per liter, dan terakhir, 15 Januari 2009,lagi-lagi diturunkan menjadi Rp4.500,00 per liter.
Dengan demikian, total penurunan harga premium mencapai 25%. Harga premium
Rp4.500,00 itu sudah kembali ke posisi harga sebelum Oktober 2005, yakni
sebelum pemerintah menaikkan harga premium meloncat tinggi menjadi Rp6.000,00
per liter. Sebaliknya, harga solar turun lebih kecil. Sejak 25 Desember
2008, akumulatif hanya turun 18,2%.
5. Opini penulis pada
paragraf pertama terdapat pada
kalimat nomor . . . .
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
6. Arti kata akumulatif pada baris akhir
teks di atas adalah . . . .
A. terhimpun
B. terhitung
C. terbanyak
D.
terbilang
E.
terpaut
Teks di bawah ini untuk soal nomor 7 s.d. 9. Cermatilah!
(1) Sesuai dengan prediksi,
banjir kembali menggenangi permukiman di bantaran Kali Ciliwung, tepatnya di
kawasan Cawang, Kampung Melayu, dan Bukit Duri. (2) Informasi yang diperoleh
dari warga, permukaan air di Ciliwung terus naik dan mulai menggenangi
permukiman penduduk pada Selasa (13/1) menjelang pukul 20.00. (3) Sebelumnya,
kepada warga diinformasikan bahwa banjir akan kembali terjadi di kawasan
bantaran Ciliwung sekitar pukul 20.00. (4) Informasi disampaikan pihak aparat
kelurahan yang telah mendapat informasi bahwa ketinggian air di pintu air Depok
akan mencapai 300 milimeter.
Kawasan Cawang, Kampung Pulo,
Cililitan, Kampung Melayu di Jakarta Timur, serta Kalibata dan Bukit Duri di
Jakarta Selatan merupakan kawasan yang selalu terendam banjir setiap kali hujan
lebat terjadi di Puncak dan Bogor. Warga
yang tinggal di kawasan itu juga selalu siap jika akan terjadi banjir. Mereka sudah menyiapkan para-para atau
lantai rumah bertingkat untuk menghindarkan diri dari genangan. Jika banjir
sudah sangat besar, baru mereka mengungsi ke tempat-tempat yang juga sudah
setiap tahun menampung mereka.
7. Fakta paragraf pertama terdapat pada
kalimat nomor . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1)
dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)
8.
Pertanyaan yang sesuai dengan paragraf
kedua adalah . . .
A. Apa yang dilakukan warga jika terjadi musim penghujan?
B. Apa yang dilakukan pemerintah ketika warga kebanjiran?
C. Bagaimana cara
warga mengatasi banjir kiriman dari Puncak dan Bogor?
D.
Mengapa warga Puncak dan Bogor selalu mengirim banjir ke Jakarta?
E.
Bagaimana kondisi warga di penampungan saat terjadi banjir?
9.
Rangkuman isi kedua paragraf tersebut yang tepat adalah . . .
A. Pemerintah
memberi informasi kepada warga yang tinggal di bantaran Kali
Ciliwung.
B.
Banjir kiriman dari Puncak dan Bogor menggenangi permukiman warga di
bantaran Kali Ciliwung.
C. Setiap
tahun warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung selalu terendam banjir
setiap musim penghujan.
D.
Kawasan Cawang, Kampung Pulo, Cililitan, Kampung Melayu di Jakarta Timur, serta
Kalibata
dan Bukit Duri di Jakarta Selatan selalu terendam banjir.
E. Warga
yang tinggal di kawasan banjir menyiapkan para-para untuk menghindarkan
diri dari genangan banjir.
10. Cermatilah paragraf berikut!
Dalam studi yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine,
para peneliti melibatkan 153 laki-laki dan perempuan sehat sebagai partisipan. Masing-masing
partisipan membuat catatan mengenai kebiasaan tidur mereka selama 14 hari.
Mulai dari berapa lama dan seberapa nyenyak mereka tidur di malam sebelumnya
serta apakah mereka merasa sudah cukup beristirahat. Setelah 14 hari, para partisipan dikarantina,
diberikan tetes hidung yang mengandung virus penyebab flu (rhinovirus),
serta memonitor selama 5 hari untuk melihat munculnya gejala-gejala flu.
Hasilnya menunjukkan, mereka yang rata-rata tidur kurang dari 7 jam setiap
malam memiliki risiko 3 kali lebih mudah terserang flu daripada mereka yang
melaporkan tidur 8 jam atau lebih setiap malam, pada minggu-minggu sebelum dilakukan
penelitian.
Simpulan paragraf tersebut yang
tepat adalah . . .
A. Peneliti
melibatkan 153 laki-laki dan perempuan sehat sebagai partisipan.
B. Setiap partisipan membuat catatan mengenai
kebiasaan tidur selama 14 hari.
C. Partisipan yang tidur selama 7 jam memiliki
risiko tinggi terserang flu.
D. Partisipan yang tidur selama 8 jam atau lebih
sangat jarang terserang flu.
E. Tidur nyenyak di malam hari merupakan satu cara terbaik
mencegah flu.
Teks untuk soal nomor 11 dan 12. Bacalah dengan saksama!
(1) Tidur
bukan hanya masalah kuantitas. (2) Peneliti Sheldon Cohen, Ph.D. dari Carnegie
Mellon University dan
teman-temannya menemukan bahwa persentase waktu yang mereka habiskan untuk
benar-benar tidur juga sangat penting. (3) Sebagai contoh, mereka yang
menghabiskan 92% waktu mereka di tempat tidur untuk terbaring atau tertidur, 5
1/2 kali lebih mudah terserang flu daripada mereka yang menghabiskan 98%
waktunya di tempat tidur untuk benar-benar tidur. (4) Merasa cukup beristirahat,
dan makanan yang cukup dapat mencegah flu. (5) Para
peneliti menyimpulkan "hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa tidur
berperan sebagai penyebab kerentanan terserang flu."
11. Kalimat utama paragraf di atas terdapat pada nomor . . . .
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
- (5)
12. Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama terdapat
pada nomor . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
13. Cermatilah kutipan
gurindam berikut!
Apabila anak tidak dilatih
Jika
besar ibu – bapaknya letih
Isi kutipan gurindam di atas yang tepat adalah . . . .
A. Peranan
orang tua dalam pendidikan sangat diperlukan.
B. Pendidikan
orang tua berpengaruh pada pendidikan anak.
C. Orang tua
bertugas mendidik anak sampai berumah tangga.
D. Anak yang
tidak terdidik akan menyusahkan orang tua.
E. Pendidikan
orang tua akan menurun kepada anaknya.
14. Cermatilah kutipan drama berikut!
Tritis : (muncul, membawa buku dan alat tulis) Uh!
Pagi-pagi sudah mencuri. Ngganggu orang belajar saja!
Ibu : Belum jelas, Tritis.
Tritis : Ah, Ibu sih suka membela si Jidul! Siapa
lagi kalau bukan dia yang mengambil arloji Pak Pikun? Apa ibu lupa? Dia kan
dulu ketahuan mencuri ayam kita, ketahuan, mau dipukuli orang sekampung setelah
kemudian dibela ayah dan ditampung di rumah kita. Keenakan dia, maka kini
mencuri lagi!
Ibu : Ya,
memang, dulu pernah mencuri. Itu karena ia kelaparan. Tetapi belum tentu
sekarang dia mengambil arloji Pak Pikun, Tritis!
Masalah yang terdapat pada
kutipan di atas adalah . . . .
- orang
yang suka mencuri
- ibu yang
menjadi pembela
- orang
yang kehilangan jam tangan
- orang
yang kelaparan
- orang
yang pernah mencuri ayam
Teks untuk soal nomor 15 s.d. 17.
Cermatilah!
Selang beberapa
lamanya, Kemala Al-Arifin dan istri pun sampailah di dalam negeri lalu menghadap
baginda di istana. Semua orang tercengang melihat rupa Dang Seng Arif Laksana yang seperti
bidadari dari surga, sangat cantik.
Raja
muda, Bendahara, Toh Menteri, Temanggung, dan Tuan Kadi masing-masing berdoa
supaya Kemala Al-Arifin mati atau kena suatu bencana supaya mereka boleh
meminang istrinya. Niat yang jahat timbul di hati Raja.
Pada
suatu hari Raja berpura-pura uzur dan meminta Kemala Al-Arifin pergi mencari
obatnya: hati musang berjanggut. Raja juga mengancam akan membunuhnya, kalau ia
gagal. Dengan hati yang masgul, Kemala Al-Arifin pulang ke rumahnya. Dang Seng
Arif Laksana menyabarkan hati suaminya.
15. Isi cerita Melayu Klasik tersebut adalah . . .
A. Semua orang tercengang melihat
kecantikan Dang Seng Arif Laksana.
B. Raja
berniat jahat karena ingin mengambil istri orang.
C. Dang Seng Arif Laksana istri
yang setia.
D. Kemala
Al-Arifin seorang abdi raja yang pemberani.
E. Raja
berpura-pura sakit dan memerlukan obat.
16. Nilai moral yang terkandung dalam kutipan naskah tersebut adalah . . .
A. Seorang
istri harus bisa menjaga kehormatannya.
B. Seorang
raja harus melindungi rakyatnya.
C. Jangan iri
hati terhadap keberuntungan orang lain.
D. Sifat sabar dan setia perlu dimiliki seorang istri.
D. Sifat sabar dan setia perlu dimiliki seorang istri.
E. Sebagai
abdi kerajaan harus mencarikan obat untuk rajanya yang sakit.
17. Amanat yang sesuai dengan isi kutipan di atas adalah . . .
A. Janganlah berbuat jahat untuk mendapatkan
sesuatu.
B. Hendaklah berbuat baik kepada semua orang.
C. Janganlah melakukan hal yang memalukan orang
lain.
D. Jangan suka mengganggu istri orang.
E. Hendaklah melindungi rakyatnya dari niat jahat
orang lain.
Teks cerpen untuk soal nomor
18 s.d. 20. Cermatilah!
Tengah malam
giliran Wawuk yang tak bisa tidur. Dalam dirinya berkecamuk berbagai
perasaan yang tidak keruan. Ingin sekali ia melarang ibunya datang,
tetapi sungguh tidak ada alasan untuk itu. Tak mungkin ia mengatakan
"Kenapa harus mendatangi pestanya orang yang bisa jadi
telah melupakan kita," atau "Mereka toh tidak
mengharapkan kita datang atau alasan-alasan lain yang
salah-salah justru akan berbalik melipatkan semangat ibunya
untuk datang hanya demi membuktikan, "Pendapat kamu itu salah,
Wuk!"
Mendadak
terdengar panci jatuh. Wawuk bergegas ke dapur. Perasaan Wawuk makin
bergolak melihat ibunya sibuk memasak.
"Masak
apa, Bu?"
"Tiwul."
"Tiwul
gaplek? Buat apa?"
"Berhari-hari saya mencari kado
yang tepat untuk putranya Pak Gi. Sesuatu yang khusus, yang istimewa dan
terpenting yang bermakna. Baru kemarin saya menemukan pilihan
yang tepat. Kenapa bukan makanan zaman perjuangan? Melihat kado yang
isinya lain dari yang lain ini nanti tentulah putra Pak Gi akan bertanya pada
bapaknya. Pak Gi pasti akan terkesan sekali dan menerangkan
panjang lebar makna makanan ini dalam masa perjuangan.
"Tapi...
bisa basi 'kan, Bu?"
"Kalau aku
yang bikin, sampai tiga hari juga tahan."
Wawuk berdiri mematung. Ada sederetan
ucapan yang tersekat di mulutnya.
18.
Konflik dalam kutipan cerpen tersebut yang tepat adalah . . .
A. Wawuk yang tak bisa tidur.
B. Wawuk melarang
ibunya datang.
C. Ibu Wawuk sibuk
memasak.
D. Wawuk bergegas ke dapur.
E. Wawuk ingin melarang ibunya datang ke pesta.
19.
Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . .
A. Ibu mencari kado yang tepat untuk putranya
Pak Gi.
B. Ibu memberi
kado yang isinya lain dari yang lain.
C. Ibu ingin mendatangi pesta pernikahan.
D. Ibu memasak tiwul sebagai kado.
E. Wawuk berdiri mematung.
20.
Peristiwa akibat konflik adalah . . .
A. Anak jadi berselisih paham dengan ibunya.
B. Ibu memasak tiwul gaplek.
C. Wawuk berdiri mematung.
D. Ibu tetap pergi ke pesta.
E. Perasaan Wawuk
bergolak melihat ibu sibuk memasak.
Teks hikayat berikut untuk soal nomor 21 dan
22. Bacalah dengan saksama!
Dalam zaman kemakmuran kerajaan laut Malaka,
adalah Hang Tuah itu seorang Laksamana jang teramat masyhur. Ia berasal dari
lingkungan yang sederhana sekali: ia dilahirkan dalam sebuah kedai.
Tentang pendidikannya tak diketahui suatu apapun: ia dididik oleh pengalaman
kehidupan. Semenjak mudanya ia terkenal karena keperwiraannya dan karena
kesetiaannya terhadap rajanya. Oleh
karena itu, ia dikasihi dan diberi pangkat yang teramat mulia. Sebab ia cakap
pula dalam segala hal, jadilah ia seorang duta yang utama bagi raja dan
negaranya pada kerajaan-kerajaan asing.
Dalam Sejarah Melayu yang mengandung banyak sekali
riwayat-riwayat ia berulang-ulang disebut. Dapatlah kita mengetahui serba
sedikit tentang dirinya dan tentang anaknya, yang menjadi penggantinya, jaitu
Hang Nadim. Lekas sekali ia menjadi cerita dalam riwayat yang juga membuat
segala pekerjaan anaknya jadi perbuatannya.
21. Nilai
moral yang terkandung dalam kutipan
hikayat tersebut adalah . . . .
- seorang anak yang menyayangi
bapaknya
- seorang pemimpin yang selalu
adil
- seorang prajurit yang patuh kepada rajanya
- seorang prajurit yang memiliki
anak yang cerdas
- seorang raja dan prajurit yang
selalu berselisih
22. Latar tempat
yang sesuai dengan isi kutipan di atas adalah . . . .
A. kerajaan, lingkungan sederhana, sebuah kedai
B. kerajaan, lingkungan mewah, sebuah desa
C. kerajaan, laut, sebuah warung kopi
D. kerajaan, sejarah melayu, istana
E. kerajaan, lingkungan raja, Selat Malaka
Teks kutipan cerpen untuk soal nomor 23 s.d. 25. Bacalah dengan saksama!
(1) Ia seorang yang tak suka kepada
keramaian. (2) Ia senang duduk dalam kamarnya tersendiri, mengarang cerita,
menulis syair atau berpikir. (3) Yang belakangan inilah paling sering
diperbuatnya. (4) Maklum, orang tak setiap hari bisa mengarang. (5) Apalagi
orang seperti dia yang kerap kali duduk-duduk saja, terpisah dari dunia ramai.
(6) Tapi pikirannya produktif dan makin banyak kertas yang ditulisinya. (7)
Istrinya suka akan tabiatnya yang demikian itu.
Tikus dan
Manusia, Trisno Sumarjo
23.
Kalimat pembuktian watak tokoh yang suka menyendiri terdapat pada nomor . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (4) dan (5)
E. (6) dan (7)
24.
Pendeskripsian watak tokoh dapat diketahui dari . . . .
A. pencerita
secara langsung
B. gerak- gerik tokoh
C. percakapan dengan tokoh lain
D. lingkungan tempat tinggal tokoh
E. tokoh sendiri secara langsung
25.
Sudut pandang yang digunakan pengarang adalah . . . .
A. orang pertama sebagai pelaku utama
B. orang pertama pelaku sampingan
C. orang ketiga serba tahu
D. orang ketiga
pelaku utama
E. orang ketiga pelaku sampingan
26. Cermatilah puisi di bawah ini!
Aku lalai di hari pagi
Beta
lengah di masa muda
Kini
hidup meracun hati
Miskin
ilmu miskin harta
(Menyesal, A.
Hasyim)
Kata
meracun hati pada puisi di atas
melambangkan . . . .
A. kekesalan
B. kekhawatiran
C. kelalaian
D. keteledoran
E. kesusahan
27. Bacalah dengan cermat paragraf narasi berikut!
Alangkah senang hati ibuku sekarang ini
dibandingkan dengan hari kemarin. Sekarang ia mulai tertawa dan bergurau dengan
anak-anaknya. Tampaknya ia mulai menyesuaikan diri dengan keadaan dan
lingkungan keluarganya. . . .
Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf
tersebut adalah . . .
A. Saya juga senang sekali mempunyai ibu yang
penyayang dan baik hati.
B. Berhati-hatilah menghadapi orangtua yang
mulai pikun dan sudah lanjut usia.
C. Dengan demikian, berhati-hatilah bicara
dengan orang tua terutama ibu.
D. Jadi, kita tidak
perlu lagi mengkhawatirkan keadaan ibu secara berlebihan.
E. Semua orang akan menyayangi orang tuanya
sampai akhir hidupnya.
28. Cermatilah topik berikut!
Topik Penyakit Kanker
Kalimat Penjelas
(1) Penyakit kanker memang gawat.
(2)
Kanker yang
terdeteksi dalam stadium akhir sukar disembuhkan.
(3)
Kanker yang masih dalam stadium rendah kemungkinan
dapat disembuhkan.
(4)
Pengobatan
penyakit kanker hanya dapat disembuhkan di luar negeri.
(5)
Pengobatan
penyakit kanker hanya dilakukan di rumah
sakit terkenal dan biayanya sangat mahal.
Kalimat penjelas yang logis dan sesuai dengan topik tersebut adalah nomor .
. . .
- (1),
(2), (3)
- (1),
(2), (4)
- (1),
(3), (4)
- (2),
(3), (4)
- (2),
(3), (5)
29. Cermatilah kalimat
acak berikut!
(1) Semua peserta diberi pengarahan agar
bermain dengan baik.
(2) Bermacam-macam pertandingan olah raga diselenggarakan.
(3) Dengan demikian, pertandingan akan
berjalan dengan baik dan lancar.
(4) Dalam rangka pekan pendidikan nasional
selalu diadakan pertandingan.
(5) Tenis meja, catur, bulu tangkis, gerak
jalan, dan lain-lainnya.
Kalimat-kalimat tersebut dapat menjadi paragraf
yang baik dengan urutan . . . .
A.
(2),
(3), (4), (5), dan (1)
B.
(3),
(2), (1), (5), dan (4)
C.
(4), (2), (5), (1), dan (3)
D.
(4),
(5), (3), (1), dan (2)
E.
(5),
(4), (2), (3), dan (1)
30. Cermatilah paragraf induktif berikut dengan saksama!
Harga barang dan kebutuhan pokok lainnya melonjak
tinggi. Kenaikan harga-harga tersebut mencapai dua kali lipat dari harga
semula. Beberapa warung makan gulung tikar dan sebagian yang lain menaikkan
harga dagangannya. . . .
Kalimat yang tepat untuk mengakhiri paragraf di
atas adalah . . .
A.
Setiap
harga minyak naik maka harga barang naik.
B.
Akibatnya,
harga barang menjadi tinggi pula.
C.
Akibatnya,
rakyat mengeluh dan semakin sengsara.
D.
Ongkos
biaya hidup anak kos atau para perantau pun bertambah mahal.
E.
Jadi,
biaya transportasi pun ikut naik, rakyat semakin sengsara.
31. Cermatilah paragraf berikut!
Kepedulian siswa terhadap kebersihan kelas masih
sangat rendah. Umumnya mereka menganggap bahwa persoalan itu tanggung jawab
pesuruh. Akhirnya, siswa saling melemparkan tanggung jawab itu pada regu piket
atau pesuruh sekolah. Mereka baru mengeluh bila kelas tersebut berantakan dan
kotor. ...
Kalimat persuasif yang tepat untuk mengakhiri
paragraf di atas adalah ...
A. Dengan demikian, mari kita bersihkan kelas
pagi-pagi karena kebersihan
sebagian dari iman.
B. Jadi, jelaslah bahwa kepedulian siswa
sangat rendah, untuk itu mari kita bentuk
regu piket.
C. Maka dari itu, siswa harus selalu
membersihkan dan menjaga kebersihan kelasnya
agar tidak kotor
D. Maka dari itu, regu piket harus
mempersiapkan perlengkapan kebersihan dan
menjaga kelas.
E. Maka dari itu,
kita jaga lingkungan kelas secara bersama-sama agar bersih dan nyaman.
32. Bacalah
kutipan novel berikut dengan saksama!
Gadis Mesir itu bernama Maria. Ia juga senang dipanggil Maryam. Dua nama
yang menurutnya sama saja. Dia putri sulung Tuan Boutros Rafael Girgis. Berasal
dari keluarga besar Girgis. Sebuah keluarga Kristen Katolik yang sangat taat.
Bisa dikatakan, keluarga Maria adalah tetangga kami yang paling akrab. Ya,
paling akrab. Flat atau rumah mereka berada tepat di atas flat kami. Indahnya,
mereka sangat sopan dan menghormati kami, mahasiswa Indonesia yang sedang
belajar di Al Azhar.
Maria
gadis yang unik. Ia seorang Kristen Katolik atau dalam bahasa asli Mesirnya qibti, namun ia suka baca Al Quran. Ia bahkan hafal beberapa surat Al Quran.
Di antaranya surat Maryam. Sebuah surat yang membuat dirinya merasa
bangga. Aku mengetahui hal itu pada
suatu kesempatan berbincang dengannya di metro. Kami tak sengaja berjumpa. Ia
pulang kuliah dari Cairo University,
sedangkan aku juga pulang kuliah dari Al
Azhar University.
“Hei,
namamu Fahri, iya kan ?”
“Benar.”
“Kau pasti tahu
namaku, iya kan ?”
“Kau benar.”
Ayat-Ayat Cinta, Habiburahman El
Shirazy, 2007
Kalimat resensi yang tepat untuk
menyatakan keunggulan buku sesuai dengan
kutipan di atas adalah …
A. Hal yang menarik diketengahkan
oleh pengarang adalah nilai kerukunan
beragama antarbangsa yang selayaknya
dimiliki setiap manusia.
B. Keunggulan novel ini adalah
menceritakan kehebatan anak Indonesia yang sanggup mengikuti pendidikan tinggi di luar negeri.
C. Buku ini menceritakan pertemanan
yang akrab antara dua remaja, sehingga cocok untuk dibaca para remaja, baik laki-laki maupun perempuan.
D. Kelebihan buku ini adalah
menampilkan karakter tokoh Maria, yang suka membaca Al Quran, meskipun beragama Kristen Katolik.
E.
Buku ini bernilai positif dan dapat diteladani karena menampilkan tokoh yang
kuliah di dua perguruan tinggi ternama
di kota Kairo.
33. Cermati
paragraf generalisasi di bawah ini!
Pada saat pameran buku yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia
(IPI) berlangsung di Jakarta Convention Centre berlangsung, Penerbit A memberi
potongan harga sebesar 15%. Penerbit B memberi
diskon 15%. Diskon 15% persen juga diberikan oleh penerbit C. Beberapa penerbit
lainnya memberi diskon 12%. Hampir 60%
peserta pameran menjual buku dengan harga 10% di bawah harga umum. Sisanya
memberi rabat sebesar 10 %.
Kalimat simpulan yang tepat pada paragraf tersebut adalah …
A. Dapat disimpulkan, bahwa harga
buku pada pameran buku tersebut sama
saja.
B. Dengan demikian, semua harga pameran tersebut terjangkau oleh masyarakat.
C. Maka dari
itu, buku-buku tersebut layak dibeli karena potongan harganya mencapai
15%.
D. Dapat
dikatakan, sebaiknya kita menyempatkan membeli buku pada pameran tersebut.
E. Jadi, semua penerbit dalam
pameran tersebut menjual buku di bawah harga umum.
34. Perhatikan
iklan lowongan pekerjaan di bawah ini!
Dicari lulusan S1 Ekonomi untuk marketing.
Lamaran ditujukan ke PT Ika Jalan
Melati 3, Jakarta.
Seputar Indonesia, 5 Januari 2009
Sesuai iklan tersebut,
kalimat pembuka yang tepat dalam surat
lamaran pekerjaan adalah …
A.
Sesuai iklan yang
Saudara tulis di surat kabar Seputar Indonesia tanggal 5 Januari 2009,
bersama ini saya . . .
B.
Sesuai dengan iklan yang tercantum di harian Seputar Indonesia
tanggal 5 Januari 2009, dengan ini saya . . .
C. Berhubungan dengan iklan yang terdapat di harian Seputar
Indonesia, maka saya ingin . . .
D. Bersama ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak sesuai dengan iklan yang
tercantum di harian Seputar Indonesia, tanggal 5 Januari 2009.
E.
Sehubungan
dengan maksud iklan yang tercantum di harian Seputar Indonesia
tanggal 5 Januari 2009, saya mengajukan
lamaran.
35. Teks kutipan surat lamaran kerja untuk soal nomor 35 dan
36. Cermatilah!
Hal : Lamaran kerja
…
Saya yang bertanda tangan di bawah ini
...
Atas perhatian Bapak menerima saya, saya
ucapkan terima kasih banyak.
Hormat saya,
Ginanjar
Pemerian
identitas yang tepat untuk melengkapi surat lamaran di atas
adalah….
A. Nama : Ginanjar
Tempat, tanggal lahir :
Jakarta, 11 Desember 1990
Alamat :
Jalan Sakinah 40, Bekasi
Pendidikan : S-1
B. nama : Ginanjar
tempat, tanggal lahir : Jakarta, 11 – 12 – 1990
alamat :
Jalan Sakinah 40, Bekasi
pendidikan : S-1
C. Nama : Ginanjar
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 11-Desember-1990
Alamat :
Jl. Sakinah 40, Bekasi
Pendidikan : S-1
D. nama : Ginanjar
tempat, tanggal lahir : Jakarta,
11-Desember-1990
alamat :
Jl. Sakinah 40, Bekasi
pendidikan : S-1
E. nama : Ginanjar
tempat, tanggal lahir :
Jakarta, 11 Desember 1990
alamat : Jalan
Sakinah 40, Bekasi
pendidikan :
S-1
36. Perbaikan
yang tepat untuk kalimat penutup surat bercetak miring di
atas adalah …
A. Atas kebijaksanaannya, saya mengucapkan
terima kasih banyak.
B. Akhir kata, kami mohon maaf atas segala
kekurangannya.
C. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima
kasih.
D. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.
E. Atas
perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
37. Cermatilah kutipan karya tulis berikut!
Semoga penelitian ini dapat
mengilhami peneliti lainnya untuk menyusun karya tulis yang lebih baik lagi.
Kalimat
yag tepat memperbaiki kalimat kias tersebut adalah . . .
A. Semoga penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk penelitian selanjutnya.
B. Semoga penelitian ini dapat bermanfaat untuk peneliti karya tulis ke depan.
C. Semoga penelitian ini dapat
memberi imajinasi bagi peneliti lainnya.
D.
Semoga penelitian ini bermanfaat dan jadi bahan perbincangan para peneliti.
E. Semoga penelitian dapat
memanfaatkan untuk penelitian selanjutnya.
38. Cermati tema karya tulis berikut!
Tema : Pengaruh Sampah Plastik terhadap Kelestarian Lingkungan
Latar belakang karya tulis yang sesuai
dengan tema tersebut adalah . . .
A.
Masyarakat
tidak peduli terhadap limbah sampah plastik.
B. Sampah
plastik dapat merusak lingkungan terutama tumbuhan.
C. Masyarakat
diberikan wawasan tentang sampah plastik.
D. Bahaya
sampah plastik terhadap masyarakat dan lingkungan.
E. Sampah
plastik mengandung bahan kimia yang berbahaya dan tidak bisa terurai.
39. Cermatilah silogisme rumpang berikut!
Premis Umum : Setiap TKW yang ingin bekerja di luar negeri
harus
memiliki
keterampilan dan paspor.
Premis Khusus : .
. .
Kesimpulan : TKW
harus memiliki keterampilan dan paspor.
Kalimat yang tepat
melengkapi silogisme tersebut adalah . . .
A. TKW ingin memiliki keterampilan dan paspor.
B. TKW harus memiliki keterampilan dan paspor.
C. Semua TKW harus memiliki keterampilan dan paspor.
D. Semua TKW harus memiliki
keterampilan.
E. TKW ingin bekerja di luar negeri.
40. Penderita penyakit jantung yang pernah .
. . serangan jantung disarankan . . . ekstrak
beras ragi merah China. Beras jenis itu bisa .
. . risiko terjadi lagi serangan jantung hingga
45%.
Kata
berimbuhan yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A. alami, mengkonsumsi, menurunkan
B. alami, mengonsumsi, turunkan
C. mengalami,
mengkonsumsi, turunkan
D. mengalami,
mengkonsumsi, menurunkan
E. mengalami,
mengonsumsi, menurunkan
41. Presiden menyatakan
generasi muda merupakan . . . bangsa yang diharapkan mampu memberi . . . bagi penyelesaian masalah-masalah yang
dihadapi di masa yang akan datang. "Kita harus . . . dan berpikiran luas. Bila belum apa-apa sudah
. .
. , berjiwa gelap dan tidak . .
. maka sulit untuk menyelesaikan masalah,"
tegas Presiden.
Kata serap yang tepat melengkapi paragraf rumpang di atas adalah . . . .
A. insvestor, kontributor, optimis, pesimistis, inovasi
B. invest, kontribusi, optimis, pesimis, inovasi
C. investasi, kontributor, optimis, pesimis, inovasi
D. investasi, kontribusi, optimistis, pesimis, inovatif
E. investor, kontributor, optimis, pesimis,
inovatif
42. Penuaan
tidak sepenuhnya disebabkan oleh gen-gen kita. Kita masih bisa . . . beberapa
aspek dalam proses penuaan. Gaya hidup kita memegang peranan penting.
Kita yang menentukan, apakah kita ingin makan makanan yang membebani tubuh kita
dengan lemak jenuh atau kita ingin makanan makanan yang kaya . . . untuk membantu . .
. pertahanan tubuh.
Kata baku yang tepat melengkapi
paragraf tersebut adalah . . . .
A. mengkontrol, antioksidan,
sistem
B. mengontrol, anti oksidan,
sistim
C.
mengontrol, antioksidan, sistem
D. mengkontrol, anti oksidan, sistem
E. mengkontrol, antioksidan,
sistim
43. Sejak kecil Ton dan Tin bersahabat karib.
Ketika di sekolah dasar, bahkan sampai ke perguruan tinggi, keduanya tetap
akrab. Namun, akhir-akhir ini Ton mulai menjauhi Tin. Apalagi sejak Ton
berkali-kali kehilangan uang juga HP kesayangannya. Agaknya Tin mempunyai sifat
. . . hingga Ton menjauhinya.
Kata kias yang
tepat untuk melengkapi paragraf di atas ialah . . . .
A. panjang
mulut
B. panjang kaki
C. panjang
lidah
D. panjang tangan
E. panjang akal
44. Cermatilah kutipan karya tulis berikut!
Data yang digunakan untuk
menjawab semua permasalahan yang ada dalam penelitian ini dapat dipilah menjadi
dua, yaitu data utama dan data penunjang.
Agar menjadi kalimat efektif, kalimat
tersebut diperbaiki menjadi . . .
A.
Data penelitian ini
sebaiknya harus dipilah menjadi dua, yaitu data utama dan data penunjang.
B. Data untuk menjawab permasalahan dalam
penelitian ini dapat dipilah menjadi dua, yaitu data utama dan data penunjang.
C. Data yang digunakan dalam penelitian ini
dapat dipilah menjadi dua, yaitu data utama dan data penunjang.
D. Data ada dua kelompok, yakni data utama
dan data penunjang.
E. Data terdiri dari dua jenis, yakni data utama
dan data penunjang.
45. Cermatilah judul karangan berikut!
Penulisan judul karya ilmiah “Peranan Generasi
Muda Bagi Nusa
dan Bangsa”,
Perbaikan yang
tepat untuk penulisan judul tersebut adalah . . . .
- Peranan
generasi muda bagi nusa dan bangsa
- Peranan
Generasi Muda Bagi Nusa
Dan Bangsa
- PERANAN
GENERASI MUDA BAGI NUSA DAN BANGSA
- PERANAN
GENERASI MUDA bagi NUSA dan BANGSA
- Peranan
Generasi Muda bagi Nusa Dan Bangsa
46. Cermatilah kutipan
paragraf berikut!
Perbaikan yang tepat untuk Gelar Pameran
Pendidikan di mall, dinilai positif untuk mendekatkan dunia pendidikan
dengan masyarakatnya, serta mendukung bisnis dengan dunia pendidikan. Acara
pameran tersebut perlu diselenggarakan secara rutin, dengan melibatkan berbagai
institusi pendidikan, baik formal maupun non formal,
serta pendukung lainnya.
Perbaikan kata-kata yang bercetak miring
tersebut yang tepat adalah . . . .
A. mal,
institusi, formil, non formal
B.
maal, institusi, formal, non formal
C.
mall, institusi, formal, nonformal
D. mal, institusi, formal, nonformal
E. mall, institusi, formil, nonformal
47.
Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Banjir
besar membuat warga di Jawa Tengah dan Jawa Timur . . . , terutama warga yang berada dalam wilayah
aliran Bengawan Solo. Inilah banjir yang . . . dalam
100 tahun terakhir.
Frasa ajektiva (kata sifat) yang tepat melengkapi paragraf
tersebut adalah . . . .
A. sangat
cemas, sangat menakutkan
B. sangat
cemas, sangat besar
C. sangat
mengkhawatirkan, sangat menakutkan
D. amat
menyeramkan, sangat mencemaskan
E. amat
mencemaskan, sangat menyeramkan
Teks kutipan puisi berikut untuk
soal nomor 48 dan 49. Cermatilah!
Angin
senja kini berwarna merah
redup mentari di ufuk barat
. .
.
terlihat pohon jati di lereng
t’lah doyong menahan letih
tak ada lagi daya upaya
hanya tinggal menunggu waktu
(karya Sakishino)
48. Kalimat
bermajas personifikasi yang tepat untuk
melengkapi bagian rumpang puisi
tersebut adalah . . .
A. Sinarnya
bagai lentera alam raya.
B. Gagah
sendiri tetapi tak berteman.
C. Angin
gunung masih membelai lembut.
D. Burung-burung
bertengger di dahan.
E. Awan
putih memenuhi seluruh angkasa.
49. Pohon jati pada puisi di atas
melambangkan . . .
A. kekayaan alam yang potensial
B. pribadi orang yang menyendiri
C. kekuatan sebatang pohon jati
D. seseorang yang berusia lanjut
E. keinginan yang telah tercapai
50. Cermatilah kutipan esai berikut!
Memang tak pantas didengar di kuping. Tetapi, esensinya betul. Sekarang, sekolah-sekolah tak lagi memberi
pendidikan budi pekerti, yang bisa mengapresiasikan kehalusan. Yang
diberikan sekolah kepandaian. Dan kepandaian
yang tak dikontrol budi pekerti lebih aprestatif
terhadap keserakahan dan kekerasan.
Hal yang diungkapkan dalam kutipan tersebut adalah . . .
A. Sekolah
memberikan apresiasi kepada siswanya.
B. Sekolah
memberikan pengetahuan budi pekerti pada siswa.
C. Sekolah kurang
memberikan pelajaran budi pekerti.
D. Sekolah tidak
mengontrol budi pekerti siswa.
E. Sekolah
tidak memberikan budi pekerti, tetapi kepandaian.
0 comments:
Post a Comment