1. | Dalam melaksanakan proses belajar mengajar agar interaksi sosial antara guru dan siswa bisa lancar dan berlangsung seimbang, maka diterapkan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa interaksi merupakan proses terjadinya ........ | ||||||||||||
|
2. | Dalam interaksi sosial harus ada kontak dan komunikasi sosial. Di bawah ini yang termasuk komunikasi sekunder dalam interaksi sosial adalah ........ | ||||||||||
|
3. | Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk pribadi dan sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia mempunyai kecenderungan untuk ........ | ||||||||||||
|
4. | Nilai (value) adalah anggapan masyarakat tentang sesuatu yang diharapkan, indah, dan benar. Berdasarkan definisi tersebut, maka keberadaan nilai bersifat ........ | ||||||||||||
|
5. | Hal mendasar yang membedakan antara norma hukum dan norma kebiasaan adalah ........ | ||||||||||||
|
6. | Salah satu fungsi norma agama bagi kehidupan masyarakat adalah sebagai pedoman untuk........ | ||||||||||
|
7. | Sejak lahir hingga dewasa, individu terlibat dalam pergaulan sosial-budaya. Dalam proses tersebut, individu mendapatkan nilai, norma, dan peran sosial sehingga menjadi orang dewasa yang berguna bagi masyarakat. Proses belajar dalam pergaulan sosial-budaya tersebut dinamakan ........ | ||||||||||||
|
8. | Dalam berinteraksi dengan teman sebaya, seorang anak secara bebas tanpa paksaan dapat menerima ataupun menolak perilaku yang baik sesuai nilai dan norma sosial. Bentuk sosialisasi pada contoh tersebut bersifat ........ | ||||||||||||
|
9. | Arman yang dulunya berambut hitam tiba-tiba mengubah warna rambutnya menjadi pirang. Tindakan Arman tersebut dilakukan setelah sering melihat artis idolanya di televisi yang juga berambut pirang. Agen sosialisasi dari kasus tersebut adalah ........ | ||||||||||||
|
10. | Jika seorang pemuda terbiasa bergaul dengan orang-orang yang berperilaku menyimpang seperti berandalan, pemabuk, atau pecandu narkoba, maka lambat laun akan berperilaku menyimpang juga atau mengikuti perbuatan-perbuatan itu. Perilaku menyimpang yang dilakukan pemuda tersebut disebabkan oleh ........ | ||||||||||
|
11. | Jenis pengendalian sosial berupa berita yang menyebar secara tidak langsung dari sumbernya dan belum tentu kebenarannya, tetapi berfungsi efektif adalah ........ | ||||||||||||
|
12. | Setiap malam Ani selalu keluar, maka ia pun kemudian digosipkan sebagai wanita nakal. Mendengar dirinya digosipkan sebagai wanita nakal maka ia pun tidak suka lagi keluar malam. Dari kasus ini dapat disimpulkan bahwa gosip dapat berfungsi sebagai alat ........ | ||||||||||||
|
13. | Perhatikan daftar unsur sosial berikut ini! 1. status sosial dalam masyarakat 2. konflik sosial dalam masyarakat 3. lembaga sosial dalam masyarakat 4. interaksi sosial dalam masyarakat Berdasarkan daftar di atas, unsur utama pembentuk struktur sosial adalah ........ | ||||||||||||
|
14. | Perhatikan gambar piramida sosial berikut! Keterangan : 1. Pengusaha 2. Pegawai 3. Rakyat Kesimpulan dari gambar di atas adalah ........ | ||||||||||
|
15. | Diferensiasi sosial dapat terjadi akibat perbedaan individu dalam apresiasinya terhadap seni. Berdasarkan pernyataan tersebut, berarti penggolongan masyarakat dapat didasarkan atas ........ | ||||||||||||
|
16. | Konflik antaretnis yang masih sering terjadi di Indonesia umumnya terjadi karena adanya perbedaan atau kesenjangan ........ | ||||||||||||
|
17. | Penyelesaian konflik antara GAM dan Indonesia melalui meja perundingan yang difasilitasi oleh sebuah LSM dari Finlandia merupakan penyelesaian konflik dalam bentuk ........ | ||||||||||||
|
18. | Perhatikan gambar berikut! Keterangan : A = Suku Jawa B = Suku Minang I = Islam II = Kristen Gambar di atas dapat menunjukkan interseksi sosial antara ........ | ||||||||||||
|
19. | Beberapa faktor sosial: 1. individu di lapisan atas terbatas 2. tingkat pendidikan yang rendah 3. keinginan melihat daerah lain 4. sudah puas dengan apa yang dimiliki Yang merupakan faktor penghambat mobilitas sosial adalah ........ | ||||||||||||
|
20. | Seorang yang memiliki latar belakang sebagai guru SD berhasil menjadi pengusaha yang sukses (konglomerat). Contoh tersebut menunjukkan telah terjadi mobilitas ........ | ||||||||||||
|
21. | Seorang gadis melangsungkan pernikahan dengan pria dari keluarga yang punya kedudukan lebih tinggi, sehingga menyebabkan status sosialnya naik. Dalam kasus tersebut lembaga perkawinan berfungsi sebagai ........ | ||||||||||||
|
22. | Bangsa Indonesia merupakan masyarakat multikultural yang terdiri dari sekitar 656 suku bangsa, 360 bahasa lokal serta berbagai wujud budaya lainnya. Faktor utama yang menjadi sumber terjadinya kemajemukan masyarakat Indonesia tersebut adalah ........ | ||||||||||
|
23. | Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman kelompok sosial ekonomi dalam bidang pertanian yang berbeda antara persawahan dan perkebunan. Faktor penyebab terjadinya kemajemukan itu adalah perbedaan ........ | ||||||||||||
|
24. | Kemajemukan masyarakat Indonesia berdasarkan jenis agama ditandai dengan keanekaragaman dalam hal cara beribadah berdasarkan ........ | ||||||||||||
|
25. | Kemajemukan sosial ekonomi di Indonesia terlihat dalam berbagai suku bangsa dengan mata pencaharian yang beragam. Sebagai contoh suku Madura bermata pencaharian nelayan, suku Jawa bermata pencaharian petani, suku Asmat bermata pencaharian berburu, dan sebagainya. Dari fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terjadinya kemajemukan mata pencaharian di Indonesia dipengaruhi oleh faktor ........ | ||||||||||
|
26. | Keragaman agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia disebabkan oleh kondisi sosial di masa lalu, yaitu ........ | ||||||||||
|
27. | Politik aliran yang berkembang di Indonesia diwujudkan dengan banyaknya partai politik. Dampak positif yang timbul dari sistem politik tersebut adalah ........ | ||||||||||||
|
28. | Kerusuhan antarsuporter dalam Liga Djarum Indonesia 2007, seperti suporter Persita Tangerang dengan Persitara Jakarta Utara, dan suporter Persija Jakarta dengan Persib Bandung, merupakan contoh negatif perilaku masyarakat multikultural yang didasari ........ | ||||||||||||
|
29. | Berkembangnya telepon selular (HP) yang di dalamnya terdapat kamera, menyebabkan banyak beredar gambar porno di kalangan pelajar SMA. Realitas tersebut menunjukkan gejala ........ | ||||||||||
|
30. | Perubahan penggunaan mesin ketik ke komputer, mencari berita dari koran ke internet, serta pengiriman uang lewat ATM merupakan perubahan dalam pengertian ........ | ||||||||||||
|
31. | Kecenderungan masyarakat untuk menabung guna menyejahterakan dirinya di masa mendatang merupakan contoh dampak positif dari perubahan sosial di bidang ........ | ||||||||||||
|
32. | Manusia dan lingkungan alam merupakan satu kesatuan ekosistem. Namun seringkali masyarakat melakukan pembangunan tanpa memperhatikan kenyataan tersebut, sehingga berakibat ........ | ||||||||||||
|
33. | Lembaga sosial yang menurut manfaatnya dianggap sangat penting untuk menuntun manusia dalam rangka menemukan kedamaian hakiki adalah ........ | ||||||||||||
|
34. | Keluarga adalah lembaga sosial utama dalam masyarakat. Fungsi esensial dari lembaga keluarga adalah ........ | ||||||||||
|
35. | Fungsi dari lembaga agama bagi kepentingan integrasi kelompok intern umat adalah ........ | ||||||||||
|
36. | Ani melakukan penelitian tentang pengaruh televisi terhadap penurunan prestasi belajar siswa SMA. Ia memberi instrumen penelitian kepada sejumlah siswa tanpa melihat kelas, tingkat kepandaian, usia, jenis kelamin, maupun penghasilan orang tua. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan Ani adalah ........ | ||||||||||||
|
37. | Norman melakukan penelitian tentang penyebab kesulitan belajar siswa SMA tempat ia bersekolah. Kenyataan yang dilihat dan melatarbelakangi adalah teman-temannya belum optimal dalam belajar karena rendahnya motivasi belajar, atau kekurangan bahan sumber belajar, atau banyaknya beban tugas rumah dan setiap pengajar, atau tayangan televisi lebih menarik daripada membaca buku. Latar belakang penelitian tersebut dirumuskan berdasarkan cara berpikir ........ | ||||||||||||
|
38. | Berikut ini yang merupakan kelemahan angket atau kuesioner berstruktur dibandingkan dengan wawancara adalah ........ | ||||||||||
|
39. | Data jumlah kelulusan siswa SMA Dari grafik di atas, dapat diperoleh informasi bahwa ........ | ||||||||||
|
40. | Setelah penulisan laporan penelitian selesai, laporan tersebut dapat didiskusikan di dalam kelas. Di bawah ini adalah beberapa manfaat diskusi hasil penelitian, kecuali ........ | ||||||||||
|
0 comments:
Post a Comment