Wednesday, March 30, 2016

Pembahasan Try Out UN Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/SMK/MA TA 2015/2016


LATIHAN UJIAN NASIONAL 2015/ 2016
Pembahasan Try Out UN Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/SMK/MA TA 2015/2016

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Program                         : XII/IPA-IPS
Hari,tanggal                  : .................
Waktu                            :  120 menit

PETUNJUK UMUM
1        Berdoalah sebelum Anda mengerjakan soal.
2        Laporkan pada pengawas apabila terdapat tulisan yang kurang jelas
3        Jumlah soal sebanyak  50 butir.

PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang huruf  A, B, C, D atau  E pada lembar jawaban yang telah tersedia!
1.   Cermati paragraf berikut dengan saksama!
Sekarang ini banyak sekali makanan daerah yang tergantikan terutama di daerah pariwisata. Sebenarnya tidak ada kerugian yang akan dialami oleh negara, namun jika dilihat dari segi lain maka akan merugikan karena para penerus bangsa mendatang mungkin tidak akan tahu apa makanan daerah yang mereka miliki. Penyebab utamanya yaitu danya investor asing yang ingin memajukan perekonomian daerah pariwisata dengan membangun restoran cepat saji ataupun sejenis kedai junkfood. Masyarakat sekarang ini khususnya anak – anak muda, berpikir makanan daerah sudah ketinggalan zaman sehingga mereka berusaha untuk mengikuti tren yang ada.
Makna istilah tren dalam paragraf tersebut adalah ....
A.    gaya muthakir
B.    gaya luar
C.   model absurd
D.   cara terkini
E.    gaya hidup

2.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pada tanggal 27 Agustus 1883 gunung berapi Krakatau di Indonesia meletus dan gelombang tsunami yang menyapu pantai-pantai Jawa dan Sumatra menewaskan 36.000 orang. Kemudian pada 31 Januari 1906, gempa di samudra Pasifik menghancurkan sebagian kotaTumaco di Kolombia, termasuk seluruh rumah di pantai yang terletak di antara Rioverde di Ekuador dan Micay di Kolombia, 1.500 orang meninggal dunia.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
A.    Jumlah penduduk yang tewas akibat gempa dan tsunami cukup menakjubkan.
B.    Korban meninggal akibat tsunami di wilayah pantai-pantai Jawa dan Sumatra lebih kecil daripada korban gempa di Kolombia.
C.   Pada tahun yang bersamaan, bencana alam gunung meletus dan gempa bumi menghancurluluhkan Kolombia dan Indonesia.
D.   Jumlah korban akibat bencana alam di Indonesia dan Kolombia sebanyak 37.500 orang meninggal dunia.
E.    Sekitar Gunung Krakatau dan Wilayah Kolombia merupakan daerah langganan bencana alam.



Bacalah puisi berikut dengan saksama!
          Karangan Bunga

Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
"Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati siang tadi."

3.   Makna lambang kata "pita hitam" dalam puisi tersebut  adalah tanda …
A. bersedih
B. berduka
C. berdoa
D. bermohon
E. berharap

4.   Maksud puisi tersebut adalah ...
A.    menceritakan tiga anak kecil datang
B.    menggambarkan anak kecil yang malu-malu
C.   menceritakan peristiwa sore itu
D.   menunjukkan pita hitam dalam karangan bunga
E.    menggambarkan peristiwa kedukaan

5.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Problem utama dari tidak berkembangnya pariwisata di Indonesia adalah ceteknya kesadaran akan potensi yang kita miliki. Pemerintah pusat ataupun daerah masih lebih senang mendapatkan uang dengan cara ... sumber  daya alam. Mereka lebih suka membabat hutan untuk mengambil kayunya, menggali buminya untuk mengeduk mineral di dalamnya,   atau menggantikan   pepohonan   hutan   dengan kelapa sawit. Pariwisata dianggap tidak terlalu menguntungkan—terutama untuk pejabat yang korup. Tidak ada ... atau pengelola wisata yang bisa membayar setoran ke pejabat korup sebesar yang disetor pejabat hutan atau pemilik tambang.
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    menggali, asongan
B.    reboisasi, pedagang
C.   mengeksploitasi, resor
D.   membabat, rekanan 
E.    menjual, biro

6.   Cermati paragraf berikut dengan saksama!
Ibu guru selalu berkata-kata (berkata) bahwa semua siswa tidak boleh mencontek pekerjaan teman. Jika ketahuan, ibu guru akan memberikan sanksi daripada(kepada) siswa tersebut. Bahkan kelakuan siswa tersebut akan berkomunikasi (dikomunikasikan) kepada orang tuanya.
Kata yang tidak tepat penggunaannya dalam paragraf tersebut adalah ....
A.    ketahuan, sanksi, kelakuan
B.    mencontek, ketahuan, daripada
C.   berkata-kata, daripada, berkomunikasi
D.   daripada, kelakuan, berkomunikasi
E.    berkata-kata, ketahuan, kelakuan








7.   Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
      Humor atau lelucon merupakan kenyataan universal karena digunakan oleh setiap orang. Dalam komunikasi, lelucon dapat berfungsi sebagai bumbu percakapan. Dalam suasana kaku, lelucon berfungsi sebagai pemecah ketegangan. Dalam konteks sosial politik, lelucon berfungsi untuk kontrol sosial. Surat kabar, majalah, atau buletin sering memunculkan gambar komikal lucu tetapi(untuk) menyampaikan kritik  kepada pihak tertentu. Dalam dunia pendidikan, humor digunakan sebagai variasi pembelajaran untuk mengoptimalkan tercapainya tujuan pembelajaran itu. Dengan begitu, ada kalanya lelucon juga mengundang kemarahan ketika seseorang tersinggung karena olok-olok temannya. Bahkan (Dengan demikian), dapat dikatakan sesungguhnya lelucon dapat diibaratkan bilah pisau bermata dua.
Di antara kata-kata penghubung yang tercetak miring dalam paragraf tersebut yang tidak tepat penggunaannya adalah ....
A.    tetapi, dengan begitu, bahkan
B.    atau, karena, dengan begitu
C.   karena, ketika, bahkan
D.   atau, tetapi, ketika
E.    dengan begitu, ketika, bahkan

8.   Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1) Kaki-kaki Gunung Kidul terhenti di Parang Tritis. (2) Kaki-kaki itu mencekam curam jatuh ke laut mencekam ke dalam pasir pantai. (3) Lalu sejak kaki-kaki gunung itu menghujam pasir di dekat Parang Endok, pemandangan ke barat berubah tiba-tiba menjadi padang pasir bergelombang dan berbukit. (4) Bukit itu merupakan tanah yang menjulang karena tekanan dari dalam bumi. (5) (perhatikan tiba-tibaGelombang dan ombak Samudra Kidul menggulung dan menghujam pantai pasir yang bersih luas, kadang-kadang ombak naik menjilati bibir-bibir bukit pasir.
Kalimat sumbang /tdak menjelaskan dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor ...
A.    (1)
B.    (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.    (5)

9.   Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Sepanjang pemerintah Orde Reformasi, pembangunan di negeri ini sangat pesat. Bangunan infrastruktur yang mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat selalu dibenahi dan dibangun. Pembangunan tersebut memakan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, ada sebagian dana yang dikorupsi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Makna kata memakan dalam paragraf tersebut adalah ....
A.    memasukkan makanan ke mulut
B.    membutuhkan
C.   menelan
D.   menguras
E.    menghabiskan

10.   Perhatikan kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1) Selamat pagi, dik. Apa kabar? (Dik= sapaan)
(2) Selama menjalani terapi di rumah sakit, Amir ditangani oleh dr. Arkhan Al Baihaqi, M.Kes.
(3) Saat kuliah di UGM, Kinanthi kos di wilayah kabupaten Sleman.
(4) Pengurus OSIS yang baru diharapkan mampu menjadi teladan bagi anggota.
(5) Rany sedang menyelesaikan skripsi yang berjudul “Hubungan Timbal Balik antara Nilai Moral dengan Tradisi Gotong-royong di Kampung Meranti.”
Kesalahan ejaan terdapat dalam kalimat nomor ....ingat kata sapaan awal kata ditulis al ( Anda,Bapak,Ibu, dengan huruf kapit
A.    (1), (2)
B.    (1), (3)
C.   (2), (3)
D.   (3), (4)
E.    (4), (5)

11.   Cermati kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1)   Ibu : “ Jangan lupa. Letakkan kopor itu baik-baik!”
(2)  "Waktu kubuka pintu depan, kudengar teriak anakku, 'Ibu, Bapak pulang', dan rasaletihku lenyap seketika," ujar Pak Hamdan.
(3)  Ayah mengurus tanaman di kebun; Ibu menulis makalah di ruang kerjanya.
(4)  Ibu menyusun tesis; ketika adik sedang bermain.
(5)  Kita sekarang memerlukan perabot rumah tangga; kursi, meja, dan lemari.
Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat dalam kalimat nomor ....
A.    (1)
B.    (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.    (5)

Dalam pedoman EYD [1], tanda titik dua dipakai:
  1. Pada akhir suatu pernyataan lengkap jika diikuti rangkaian atau pemerian. Contoh:
Kita sekarang memerlukan perabotan rumah tangga: kursi, meja, dan lemari.
  1. Sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian. Contoh:
Ketua: Ahmad Wijaya
  1. Dalam teks drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan. Contoh:
Ibu: (meletakkan beberapa kopor) "Bawa kopor ini, Mir!"
  1. Di antara (i) jilid atau nomor dan halaman, (ii) bab dan ayat dalam kitab suci, (iii) judul dan anak judul suatu karangan, serta (iv) nama kota dan penerbit buku acuan dalam karangan. Contoh:
Tempo, I (1971), 34:7




12.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Produksi padi tahun 2005 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering giling atau turundua persen dibandingkan dengan produksi tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan adanya penurunan luas panen padi sawah akibat bencana banjir dan kekeringan, serta pergeseran waktu tanam pada empat bulan pertama di tahun 2005.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A.  Produksi padi tahun 2005 diperkirakan menurun.
B.  Produksi padi tahun 2005 diperkirakan mencapai 53,01 juta ton gabah kering atau turun dua persen dari sebelumnya.
C.  Adanya penyebab turunnya produksi padi, yaitu banjir dan kekeringan.
D.  Produksi padi tahun 2005 lebih jelek dibandingkan tahun sebelumnya.
E.  Produksi padi tahun 2005 turun akibat banjir, kekeringan, dan pergeseran waktu tanam.
Temukan dulu kalimat utama
Kata kunci
13.   Perhatikan kalimat berikut!
Menurut hasil penelitian mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), daging ayam yang dijual pasaran di Jakarta, sebanyak 43% mengandung formalin, yaitu senyawa kimia yang mengandung zat karsiogenik.
Inti kalimat tersebut adalah ....
A.    Hasil penelitian menyatakan bahwa daging ayam mengandung zat karsiogenik.
B.    Daging ayam mengandung formalin.
C.   Di Jakarta banyak beredar daging ayam yang mengandung senyawa kimia.
D.   Mahasiswa IPB melakukan penelitian tentang kandungan zat kimia dalam daging ayam.
E.    Hasil penelitian mahasiswa  Institut Pertanian Bogor (IPB) mengejutkan pedagang daging ayam.
Cari subjek dan predikat
14.   Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Keberadaan GO-JEK di Jakarta sangat terasa bagi pengguna transportasi publik. Calon penumpang tinggal kirim pesan lewat aplikasi yang ada di telepon genggamnya dan dalam waktu tak lama, ia akan didatangi oleh tukang ojek. Hal ini, tentunya akan menjadi alternatif baru dan efektif bagi calon penumpang ojek.
       Frasa yang menyatakan makna rujukan anafora dalam paragraf tersebut adalah ....
A.    dan dalam
B.    tukang ojek
C.   hal ini
D.   sangat terasa
E.    waktu tak lama
 anafora = adalah pengulang kata atau frase yang terdapat di awal kalimat. Contoh majas epifora adalah: Kalau kau mau, aku akan datang; Jika kau berkenan, aku akan datang; Bila kau minta, aku akan datang. Ibumu sedang memasak di dapur ketika kau tidur.



15.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Aktivitas masyarakat dalam menyambut tahun baru, bagai angin lalu yang pergi begitu saja tanpa makna. Penyambutan tahun baru itu hanya berupa pesta pora dan hura-hura yang tidak memberikan keuntungan sedikit pun kepada masyarakat. Masyarakat justru mengorbankan harta bendanya untuk penyambutan tahun baru dan mereka sendiri yang merasakan dampaknya.
Pesan tersirat/tidak tertulisyang terkandung dalam paragraf tersebut adalah ....
A.    Mengimbau agar merayakan tahun baru cukup berpesta bersama keluarga dan teman-teman.
B.    Menginformasikan bahwa mereka merayakan tahun baru dengan berpesan bagai angin lalu.
C.   Mengingatkan bahwa merayakan tahun baru tidak ada gunanya dan berdampak buruk.
D.   Menjelaskan bahwa merayakan tahun baru itu ada dampak positif dan dampak negatifnya.
E.    Menasihati supaya mengeluarkan uang untuk merayakan tahun baru jangan sampai mengorbankan harta.
Pesan adalah setiap pemberitahuan, kata, atau komunikasi baik lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain. Pesan menjadi inti dari setiap proses komunikasi yang terjalin.


16.   Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
        ”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
         ”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
                                                                           (Gerhana, Muhammad Ali)
Nilai moral dalam penggalan cerpen tersebut  adalah…
A.    Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.
B.    Orang yang menebang pohon milik orang lain dapat dimasukkan ke penjara.
C.   Kerukunan kampung dapat terganggu karena penebangan pohon pepaya.
D.   Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.
E.    Dua kilo beras telah menyebabkan dua orang bertikai.
Moral adalah perbuatan/tingkah laku/ucapan seseorang dalam ber interaksi dengan manusia lain

17.   Bacalah penggalan novel berikut dengan saksama!
Akan tetapi tibalah satu bencana. Ketika  suatu malam  Badri bertandang  lagi,  Lena  tidak membiarkannya  masuk. Malah  berkata seperti hendak mengusirnya.
 "Jangan kemari lagi."
Terpana  Badri mendengar  ucapan  gadis  itu.  Lebih terpana  lagi  dia  ketika  Lena menyebut nama Rosni seorang gadis yang sering juga dibawanya keluar malam untuk menonton film.
"Aku tidak serius dengan dia," kata Badri menangkis.
"Enak  benar  jadi  laki-laki.  Begitu  sering  membawa  seorang  gadis  keluar  malam,  tapi  kalau ditanya oleh  gadis yang  lain,  lalu  dibilang  aku  tidak  serius dengan  dia,  "  umpat  Lena dengan  tengiknya. Lalu  sebelum  Badri  memberi  alasan,  pintu  ditutup  dan  dikuncinya  dari dalam.  Tinggallah  Badri terperangah di anak tangga.
                                                                                             Jodoh, A.A, Navis
Konflik yang tergambar dalam penggalan novel tersebut adalah ....
A.    Badri tidak boleh bertandang lagi ke rumah Lena.
B.    Kemarahan Lena kepada Badri.
C.   Badri sering membawa Rosni me nonton film.
D.   Badri sering keluar malam dengan teman-temannya
E.    Badri egois dan selalu memberi alasan bohong.

18.   Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
Bagian evaluasi :
Derajat keluarga Azrial memang seumpama lurah tak berbatu, sepertsawah takberpembatangtak ada yang bisa diandalkan. Tetapi tidak patut rasanya Mangkudunmemandangnya dengan sebelah mata. Maka, dengan berat hati Azrial melupakanRenggogeni. Ia hengkang dari kampung, pergi membawa luka hati.


Bagian koda:
Dua hari sebelum kenduri berlangsung, Azrial, anak laki-laki Makaji datandari Jakarta. Iapulang untuk menjemput Makaji. Kini, juru masak itu sudah berada di Jakarta, mungkin takakan kembali, sebab ia akan menghabiskan hari tua di dekat anaknya. Orang-orang LarehPanjang akan kehilangan juru masak handal yanpernah ada di kampung itu. Kabarkepergian Makaji sampai juga ke telinga pengantin baru Renggogeni. Perempuan itudapat membayangkan betapa terpiuhnya perasaan Azriasetelah mendengar kabarkekasih pujaannya telah dipersunting lelaki lain.
                                                                           Juru Masak, Damhuri Muhammad
Dilihat dari rangkaian cerita, dapat disimpulkan bahwa ...
A.    kedua bagian cerpen tersebut tidak berhubungan.
B.    Kepergian Makaji ke Jakarta akibat dipandang sebelah mata oleh Mangkudun.
C.   kedua bagian tersebut saling berkaitan, bagian koda dipengaruhi bagian evaluasi.
D.   Kedua bagian memberi pelajaran berharga bagi kehidupan manusia.
E.    Bagian evaluasi dipengaruhi oleh bagian koda.

19.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Berikut adalah langkah-langkah mencangkok tanaman. Siapkan pisau, tali rafia, tanah yang subur, dan sabut secukupnya.  Pilihlah ranting yang tegak, kekar, dan sehat dengan diameter kira-kira 1,5 sampai 2 cm. Kulit ranting yang akan dicangkok dikerat dan dikelupas sampai bersih kira-kira sepanjang 10 cm. ... . Setelah kering, bungkuslah batang yang sudah terkelupas kulitnya dengan sabut dan di dalamnya diberi tanah yang subur. Sirami air agar tidak tanah tidak mengering.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi (proses)tersebut adalah ...
A.    Tunggu sampai kering batang yang sudah terkelupas beberapa hari.
B.    Jangan sampai batang tersebut diganggu oleh hama tanaman.
C.   Amati setiap hari dua kali sehari, pagi dan sore hari.
D.   Berilah pupuk agar batang cepat tumbuh dan keluar akarnya.
E.    Siapkan botol tempat air untuk menyirami tempat cangkokan.
20.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Yang berdiri paling depan dalam deretan itu, yang berpegang pada kawat rajang loket, yang tampak seperti karung kosong dijemur di jemuran kain, adalah seorang lelaki berperawakan kurus. Pakaiannya lusuh, kotor, dan robek-robek. Bau yang tidak sedap dari keringat tubuhnya pun menyengat. ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah ...
A.  Orang yang antre di belakangnya menutup hidung dengan sapu tangan rapat-rapat, tidakdihiraukannya.
B.  Udara makin panas, mereka terlihat gelisah, dari raut mukanya tampak lelah sekali setelah seharian bekerja.
C.  Satu per satu menuju ke depan loket dan menyodorkan sesuatu, lalu pulang meninggalkan tempat.
D.  Mereka terlihat pula memegang sesuatu di tangan kiri masing-masing dan memegangnya erat-erat.
E.  Sebentar-sebentar orang-orang melepaskan pegangannya di kawat rajang pos yang tajam dan runcing.

21.   Bacalah paragraf narasi berikut dengan saksama!
Laki-laki bertubuh kurus itu berjalan gontai di bawah terik matahari. Sebuah kaos oblong lusuh dan celana jin kumal menutupi tubuhnya yang kurus. Sepasang sandal jepit melekat di kakinya. Sebuah ransel berwarna hijau melekat di pundaknya. …  . Dia berjalan menuruti kehendak hatinya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
  1. Dia ingin segera menemui anaknya.
  2. Rambutnya tak terurus, matanya cekung, tetapi pandangannya tajam.
  3. Dia belum tahu mau ke mana, dia pergi tertiup angin.
  4. Wajahnya bersinar, rambutnya tersisir rapi.
  5. Keriting rambutnya, pandangannya tajam kepada orang sekitarnya




22.   Cermati puisi berikut dengan saksama!
Surat untuk Kawan Seperjuangan

‘desaku yang kusinta’
‘pujaan hatiku’
kawan, nyanyian itu masih kuingat betul
beberapa generasi setelah kita sering menembangkannya
nyanyian itu adalah ikrar cinta mereka pada ibu pertiwi
sungguh sayang,
mengapa ikrar cinta yang sering mereka nyanyikan
...
apakah generasi setelahnya tak lagi mengenal

kawan, mungkin aku salah mempermasalahkannya
dunia ini telah berubah
                                                  Fien Prasetyo

Larik yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
  1. kini tak lagi terdengar
  2. telah dicuri orang asing
  3. apakah mereka lupa liriknya
  4. mengapa mereka hinakan
  5. tak satu pun yang tersisa

23.   Bacalah teks ulasan berikut dengan saksama!
“Hafalan Shalat Delisa” tidak terjebak dengan melodrama yang klise. Ada kesedihan yang membuat air mata keluar, tetapi hidup tetap harus berjalan. Delisa dengan kaki satu berupaya tegar, termasuk juga membangkitkan semangat Umam yang remuk dengan bermain bola. Gadis ini juga memberinspirasi pada ustad Rahman yang sempat patah semangat. Percakapan ustadRahman dengan Sophie di kamp pengungsi menjadi adegan menyentuh lainnya.  ...
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A.    Jadi, film “Hafalan Shalat Delisa” sangat menyedihkan.
B.    Tokoh Delisa mampu memberikan pelajaran bagi semua orang.
C.   Film “Hafalan Shalat Delisa” merupakan film yang melankolis.
D.   Kehadiran tokoh Delisa mampu menghibur hati penonton.
E.    Oleh karena itu, film “Hafalan Shalat Delisa” pantas mendapat penghargaan.

24.   Bacalah teks berikut dengan teliti!
                                          Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas
Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca.  Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.  Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghormatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.  ... . Selanjutnya, bacalah puisi tersebut dengan artikulasi suara yang jelas, dengan volume suara yang dapat menjangkau semua penonton,dan dengan intonasi yang bagus.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur kompleks tersebut adalah ...
A.    Berdoalah sejenak sebelum membaca puisi.
B.    Saat itu, kalian harus sudah hafal semua naskah puisi.
C.   Sebelum mulai membaca, penonton diminta untuk tenang
D.   Hayatilah puisi yang kalian baca dengan memahami isi dan pesannya.
E.    Maka, kalian akan terhindar dari rasa minder ketika membaca puisi.

25.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Dari sektor makanan, di Indonesia juga sudah mulai dimasuki oleh produk-produk luar seperti makanan siap saji ( junk food ). Memang dengan berdirinya tempat makan ini akan menambah ...negara, namun jika dilihat dari sisi generasi penerus bangsa mereka akan terbiasa dengan masakan-masakan ini dan tidak mengetahui tentang masakan tradisional sendiri. ... asing zaman sekarang sudah mulai maju dengan membuat dagangan mereka lebih menarik sehingga banyak anak-anak remaja yang mengonsumsinya. Anak-anak remaja sekarang akan merasa kuno jika disuruh memakan makanan-makanan tradisional.
Istilah yang tepat untuk melengakapi paragraf tersebut adalah ....
A.    income, produsen
B.    devisa, pedagang
C.   obligasisurat utang jangka panjang), komisaris
D.   saham, turis
E.    aset, investor

26.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Siang itu menjelang sore, suasana penyeberangan di Pelabuhan Ajibata nampak ramai. Pelabuhan ini ... langsung dengan Kota Parapat, Sumatra Utara, dan menjadi akses penyeberangan menuju Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir. Satu demi satu mobil dan bus memasuki perut kapal. Namun di saat banyak wisatawan mulai terkagum-kagum akan eksotisme alam Danau Toba, saya justru ... mengamati bocah-bocah sedang ... koin di laut, yang mungkin bagi kita enggan untuk memungutnya.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.    membatasi, digelitik, diperebutkan
B.    dibatasi, menggelitik, memperebutkan
C.   berbatasan, tergelitik, memperebutkan
D.   berbatasan, menggelitik, merebut
E.    dibatasi, tergelitik, merebut

27.   Perhatikan penulisan judul karya tulis berikut!
(1)    Pengaruh Penggunaan Silikon Bagi Kesehatan Kulit
(2)    Pemanfaatan Serabut Batang Pisang untuk Bahan Baku Tas
(3)    Kepedulian Masyarakat Terhadap PAUD dapat Diwujudkan Terutama dengan Penanaman kesadaran
(4)    Peran Orang Tua terhadap Kesuksesan Anak
(5)    Kurangnya Minat Baca Di Kalangan Siswa
Penulisan judul karya tulis yang benar sesuai EYD adalah ...
A.    (1) dan (2)
B.    (1) dan (3)
C.   (2) dan (4)
D.   (3) dan (4)
E.    (4) dan (5)

28.   Perhatikan kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1)    Tim Olimpiade Indonesia menduduki peringkat ke-2 dalam olimpiade Matematika di Kanada.
(2)    Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-VXX di kampungku sangat meriah.
(3)    Ahsan akhirnya kalah melawan Tomy Sugiarto dalam kejurnas bulutangkis di Jakarta karena ia tak mampu mengembalikan shutlecock saat di-smash keras.
(4)    Persiapan matang telah dilakukan oleh Panitia Peringatan Nuzulul Quran agar pada hari-H tidak terjadi masalah.
(5)    Perusahaan tekstil itu terpaksa mem-PHK puluhan karyawannya karena telah melanggar aturan.
Penggunaan tanda hubung (-) yang salah terdapat pada kalimat nomor ....
A.    (1)
B.    (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.    (5)

29.   Perhatikan dua teks berikut dengan saksama!
Teks 1 : Esai
Dalam perspektif masyarakat China, masalah hari ini adalah peluang di masa datang. Pandangan ini pun hendaknya menjadi pijakan kita dalam menyelesaikan bayangan masalah yang potensial timbul dalam usaha menabur benih nasionalisme konsumen di Indonesia. Generasi digital sebagai garda terdepan dalam usaha ini, perlu mendesain ulang aksi dan wacananya agar bayangan masalah tersebut dapat menjadi peluang untuk menancapkan nasionalisme di tubuh konsumen Indonesia.

Teks 2 : Tajuk rencana
Sungai Babura yang bermuara ke Sungai Deli, berhulu di kawasan pegunungan sekitar Pancurbatu/Sibolangit. Bila indikasi pencemaran terbukti terjadi, Bapedalda atau BLH bisa menelusuri anak sungai ini hingga ke kawasan hulunya sehingga bisa dicari tahu asal penyebabnya. Apakah pencemaran oleh pabrik, racun yang dibuang masyarakat atau hal lain yang berdampak terhadap pencemaran air Sungai Babura. Sebagaimana informasi dari masyarakat, kematian ikan Sapukaca sudah pernah terjadi. Namun karena informasi tersebut tidak sampai ke pihak terkait sehingga penelitian lebih lanjut tidak bisa dilakukan untuk mencaritahu asal muasal pencemarannya. Apapun hasil lab ikan dan air tercemar. Sudah saatnya pemerintah dan masyarakat kembali menjaga dan merawat sungai sehingga dengan sungai bersih, kehidupan species yang selama ini hidup di dalamnya dapat lebih terjaga.
Bedasarkan isi dapat disimpulkan bahwa ...
A.    Teks 1 dan teks 2 sama-sama memberikan solusi atas permasalahan yang ada kepada pihak-pihak yang memilki kebijakan.
B.    Teks 1 mengungkap masalah nasionalisme tetapi tanpa penyelesaian, sedangkan teks 2 mengungkap masalah pencemaran lingkungan yang diikuti dengan saran.
C.   Antara teks 1 dan teks 2 tidak ada kesamaan sama sekali baik isi maupun bahasanya.
D.   Bahasa pada teks 2 lebih bagus daripada teks 1 sehingga pembaca dengan mudah memahami isinya.
E.    Teks 1 kurang memperhatikan penggunaan struktur bahasa, sedangkan teks 2 sangat memperhatikan kaidah kebahasaan.

30.   Perhatikan dengan cermat berikut!
Teks 1
Salah satu bentuk kekhawatiran itu adalah terhambatnya pencairan dana desa yang seharusnya bisa dicairkan pada pertengahan tahun 2015. Kita bersyukur kekhawatiran tersebut ditepis Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang menjamin, pencairan dana desa tidak akan terganggu meskipun masih ada tarik-menarik kewenangan antara Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kementerian Desa).

Teks 2
Oleh karena itu, tarik-menarik kewenangan pengembangan desa apakah ada di Kementerian Dalam Negeri atau Kementerian Desa tidak boleh menghambat pencairan dana desa. Perdebatan interpretasi antara Kementerian Dalam Negeri yang dipimpin Tjahjo Kumolo dan Kementerian Desa yang dipimpin Marwan Jafar harus segera dituntaskan Presiden sebelum muncul spekulasi bahwa tarik-menarik kewenangan tersebut adalah karena keinginan kementerian mengelola dana desa yang besar. Kedua menteri yang kebetulan berasal dari partai politik yang berbeda itu adalah para pembantu Presiden dan tentunya harus tunduk pada apa pun keputusan Presiden Jokowi soal kewenangan pengembangan desa.
Kesimpulan yang tepat untuk kedua teks tersebut berdasarkan isi adalah ....
A.  Teks 1 dan teks 2 tidak persamaan isi karena teks 1 membahas masalah kekhawatiran terhambatnya pencairan dana desa, sedang teks 2 menjelaskan permusuhan antara dua kementerian.
B.  Teks 1 menjelaskan bahwa pencairan dana desa dijamin tidak akan terganggu walaupun terjadi tarik-menarik kewenangan antara dua kementerian sedang teks 2 menjelaskan bahwa ada perseteruan antara dua partai politik pendukung presiden.
C.  Teks 1 dan teks 2 sama-sama membahas kondisi di pemerintahan pusat yang selalu terjadi perselisihan dalam menentukan kebijakan publik.
D.  Antara teks 1 dan teks 2 jelas terdapat perbedaan isi, teks 1 membahas pengembangan pembangunan di daerah tertinggal, sedang teks 2 membahas perlunya ketegasan presiden menghadapi perseteruan dua kementerian.
E.  Teks 1 menjelaskan bahwa pencairan dana desa dijamin tidak akan terganggu walaupun terjadi tarik-menarik kewenangan antara dua kementerian sedang teks 2 menjelaskan bahwa presiden harus segera menyelesaikan masalah tarik-menarik kewenangan tersebut.



31.   Perhatikan teks berikut dengan saksama!
Teks 1 Editorial
Dalam situasi psikologis masyarakat seperti yang ada sekarang, mungkin perlu dipikirkan mekanisme kampanye yang lebih efektif. Kampanye dengan memobilisasi massa memang bisa menunjukkan eksistensi sebuah partai politik, tetapi kadang tidak efektif sebagai penyampaian pesan. Perlu dipikirkan model kampanye yang lebih efektif untuk menyampaikan pesan secara dialogis sekaligus melakukan pendidikan politik.

Teks 2 Resensi
Pertanyaannya, bila fakta bahwa transplantasi organ tidak dapat menanggulangi problem penyakit parah, akankah eutanasia diizinkan sebagai jalan untuk mengakhiri penderitaan pasien? Jawabannya ada dalam buku ini. Walaupun diakui oleh penulisnya, buku ini bukanlah jawaban final untuk problem-problem seputar masalah di atas, tetapi insya Allah, buku ini menjadi titik tolak bagi studi lebih lanjut. Apalagi meski buku ini hasil terjemahan, tapi kita yang membacanya terasa nyaman, mengalir, dan mudah dipahami. Pokoknya, tidak rugi mengoleksi buku ini. Lebih-lebih topik ini masih jarang ada di pasaran.
            Berdasarkan pola penyajian, dapat disimpulkan bahwa ...
A.    Dari segi penyajian, kedua teks menyajikan permasalahan secara detail yang disertai dengan data-data yang kuat serta penjelasan yang meyakinkan.
B.    Bahasa pada teks 1 lebih tinggi daripada teks 2 karena banyak menggunakan banyak istlah asing.
C.   Struktur kalimat teks 2 lebih susah dipahami daripada teks 1 karena pada teks 2 banyak hubungan pertentangan antara kalimat satu dengan kalimat lainnya.
D.   Opini yang yang diberikan penulis pada teks 2 lebih lemah daripada teks 1 karena pada teks 2 tidak ada data-data pendukung yang diberikan.
E.    Pernyataan/pendapat yang disajikan pada teks 1 kurang kuat karena kurang didukung bukti, sedang pernyataan pada teks 2 lebih kuat karena didukung oleh fakta.

32.   Bacalah teks berikut dengan saksama!
Mengganti organ tubuh yang sakit atau rusak sebenarnya sama sekali bukanlah inovasi abad modern. Jeff E. Zhorne menyatakan bahwa sejak awal abad ke-8 SM, para ahli bedah Hindu telah melakukan transplantasi kulit untuk mengganti hidung yang hilang karena penyakit sipilis, perang fisik, atau hukuman atas suatu kejahatan. Dalam literatur hadis juga dituturkan peristiwa ‘Ufrajah, seorang sahabat Nabi saw. yang kehilangan hidung dalam suatu pertempuran dan diganti dengan hidung palsu dari perak. Hidung peraknya beberapa waktu kemudian menimbulkan bau yang tidak sedap, sehingga ia meminta nasihat Nabi saw. Nabi kemudian menganjurkan agar ia mengganti hidung perak itu dengan hidung palsu lain dari emas.
Komentar yang tepat terhadap permasalahan dalam teks tersebut adalah ...
A.  Apapun alasannya, penggantian organ tubuh manusia tidak boleh dilakukan karena akan mengubah karakter seseorang.
B.  Sebaiknya penggantian organ tubuh hanya diperbolehkan bagi orang-orang yang masih mempunyai harapan hidup tinggi.
C.  Penggantian organ tubuh sebaiknya dilakukan jika memang alasannya untuk keselamatan seseorang.
D.  Setiap orang yang mempunyai kekurangansempurnaan fisik hendaknya segera melakukan operasi penggantian organ tubuh.
E.  Pemerintah hendaknya membiayai masyarakat yang akan melakukan operasi transplantasi organ tubuh.

33.   Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
(1)  Bebarapa hari terakhir ini masyarakat direpotkan oleh pekerjaan membeli gas. (2) Di beberapa wailayah Kabupaten Sleman rupanya mengalami hal yang sama. (3) Misalnya, di wilayah Tempel terjadi pengurangan pasokan gas elpiji 3 kg sehingga terjadi kelangkaan.  (4) Di daerah Turi hanya tersisa gas elpiji berukuran 12 kg, gas elpiji 3 kg sangat langka akibat pasokan yang dikurangi.  (5) Kelangkaan gas elpiji ukuran ini juga terjadi di sekitar Pakem. (6) Jadi, kelangkaan gas elpiji 3 kg terjadi di beberapa wilayah akibat pengurangan pasokan.
Kalimat yang membuktikan simpulan bahwa kelangkaan gas elpiji 3 kg terjadi di beberapa wilayah akibat pengurangan pasokan adalah kalimat nomor ....
A.    (1), (2), dan (3)
B.    (1), (3), dan (5)
C.   (2), (3), dan (4)
D.   (3), (4), dan (5)
E.    (4), (5), dan (6)

34.   Perhatikan teks berikut dengan saksama!
Teks 1 Cerpen
Asyura tak pernah membiarkan Mak Saniah pulang dengan tangan hampa. Begitu mendengar suara Mak Saniah, dia segera mengambil piring dan menjumpai Mak Saniah di luar. Selembar uang Rp 5 ribu biasa diberikan Asyura kepada Mak Saniah dan mengambil kue gemblong empat hingga lima buah serta unti dua sampai tiga buah. Mak Saniah tak pernah menjual kue-kuenya lebih dari Rp 500 per buah. Dengan uang Rp 5 ribu seharusnya Asyura bisa mengambil 10 buah kue. Namun, hal itu tak pernah dilakukan Asyura. Dia selalu mengambil kue-kue secukupnya dan membiarkan uang kembaliannya untuk Mak Saniah. Sesekali Asyura juga memberikan Mak Saniah lembaran uang sepuluh ribuan tapi mengambil jumlah kue yang sama serta tak mengambil uang kembaliannya.
                                                          Kue Gemblong Mak Saniah
Teks 2 Hikayat
Ini hikayat cerita orang dahulu Kala, sekali peristiwa Allah Subhanawata’ala menunjukkan kekayaannya kepada hambanya. Maka adalah seorang miskin laki bini berjualan mencari rizkinya berkeliling negeri Antah Barantah. Adapun nama Raja di dalam negeri itu Maharaja Indra Dewa, namanya terlalu amat besar kerajaannya Baginda itu. Beberapa Raja-raja di tanah Dewa itu takluk kepada Baginda dan mengantar upeti kepada baginda pada tiap-tiap tahun. Hatta maka pada suatu hari Baginda sedang ramai dihadap oleh Raja-raja, Mentri, hulubalang, rakyat sekalian ada dipenghadapan. Maka Si Miskin itupun sampailah kepenghadapan itu, setelah dilihat oleh orang banya Si Miskin laki bini, dengan rupa kainnya seperti dimamah anjing rupanya, maka orang banyak itupun ramailah ia tertawa seraya mengambil kayu dan batu.
                                                                                                 Hikayat si Miskin
Perbedaan yang mencolok antara cerpen dengan hikayat adalah ....
A.  Cerpen hanya mengungkap masalah-masalah kehidupan masyarakat kelas bawah saja sedang hikayat mengangkat kehidupan raja-raja.
B.  Bahasa dalam cerpen menggunakan bahasa sehari-hari sedang hikayat menggunakan bahasa Melayu Klasik.
C.  Cerpen lebih mementingkan isi daripada kebahasaan sedang hikayat lebih mementingkan bahasa daripada isi.
D.  Hikayat banyak mengandung nilai-nilai kemanusiaan, sedang dalam cerpen tidak ada nilai-nilai kemanusiaan.
E.  Tokoh-tokoh dalam cerpen adalah fiktif, sedang tokoh-tokoh dalam hikayat berdasarkan faktual.

35.   Bacalah teks berikut dengan saksama!
Pergi ke pasar beli ayam
Berangkatnya lewat sungai Musi
Semangat belajar siang malam
Karena siap mendapatkan prestasi

Manjat pohon digigit ngangkrang
Karena semut kurang makan
Berusahalah mulai dari sekarang
Agar mendapat hasil yang memuaskan
Pernyataan yang tepat sesuai isi kedua bait pantun tersebut adalah ....
A.    Kedua bait pantun saling berhubungan makna
B.    Isi bait 1 berbeda dengan bait 2
C.   Isi bait 2 merupakan akibat dari bait 1 tentang pesan moral
D.   Kedua bait pantun berisi pesan sosial kepada kalangan muda
E.    Bait 1 dan bait 2 berisi nasihat agar mencapai hasil maksimal



36.   Bacalah penggalan teks cerpen berikut dengan saksama!
(1)  Aku terus mengekori ayah berjalan ke arah lain dan melakukan hal yang sama dengan laki-laki lagi. (2) Bersalaman lama, di bawah sarung, saling menatap. (3) Pada orang terakhir ayah menyodorkan sebungkus uang, dan gantinya Ayah menarik seekor sapi gemuk ke luar lapangan. (4) Sapi lalu dinaikkan ke otoprah, dikirim langsung ke kampung kami Maninjau. (5) Amanat dari jamaah surau kami untuk membeli seekor sapi untuk kurban Idul Adha minggu depan telah ditunaikan Ayah.
                                                                                Negeri 5 Menara, A. Fuadi
Kalimat yang membuktikan penggunaan latar tempat  bahwa peristiwa pada kutipan tersebut berada di pasar ternak adalah ....
A.    (1)
B.    (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.    (5)

37.   Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Sang mentari pun terbut dari timur, serta burung-burung sudah berterbangan ke sana ke mari seakan-akan ikut gembira. Meskipun begitu, Salman tampak murung. Harapannya hancur karena tidak dapat mempertahankan rangking satu.
Saat proses pembelajaran akan dimulai, tanpa disangka-sangka Dewa, sahabatnya, datang bersama Anjas. Maka Salman pun geram karena si anak baru itu telah mengambil semua miliknya selama ini, mulai dari bintang kelas hingga sahabat karib. Salman tidak kuat menahankan kesabaran, ia pun tanpa berpikir panjang memukul meja dengan kuat.
Keterkaitan peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ....
A.    seseorang yang sering menjadi korban kemarahan
B.    anak muda yang mudah emosional
C.   pertengkaran yang terjadi tanpa sebab
D.   perilaku anak muda yang sok tahu
E.    anak muda yang tidak sadar diri

38.   Cermati penjelasan berikut dengan saksama!
Buku Lidah Sembilu yang ditulis oleh Damhuri Muhammad berisi enam belas cerita pendek. Isi cerita berasal dari cerita kaba (cerita rakyat sehari-hari di daerah Minangkabau), antara lain “Karnaval Pusar”, “Lidah Sembilu”, dan “Perempuan Berkerudung Api”. Cerita berkisah pada kepercayaan terhadap guna-guna, mistik, dan akhir cerita berupa akibat dari apa yang dilakukan oleh tokoh.
Kalimat resensi yang menunjukkan kelemahan sesuai dengan data tersebut adalah ...
A.  Cerita-cerita yang dibuat oleh Damhuri Muhammad adalah cerita yang sudah sangat lazim dan bermanfaat bagi pembaca.
B.  Cerita-cerita yang ditulis oleh Damhuri Muhammad tidak dapat digolongkan ke dalam sebuah kumpulan cerpen.
C.  Damhuri Muhammad adalah seorang penulis yang tergolong masih muda pengalaman sebagai penulis cerpen di dunia sastra.
D.  Kumpulan cerpen Damhuri Muhammad yang berjudul “Lidah Sembilu” hanya dapat dikategorikan cerita fiksi biasa karena berisi hal-hal yang dibumbui mistik.
E.  Dapat dikatakan bahwa seorang penulis cerpen Damhuri Muhammad masih memerlukan pengesahan dalam penciptaan karya sastra.

39.   Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
Pagi harinya, dalam keadaan sangat kelelahan, saya perintahkan dua orang satpam yang baru bergilir, ke pemakaman untuk menengok kuburan ayah. Beberapa saat kemudian satpam itu menelepon bahwa kuburan ayah telah kosong. Ini berarti jenazah ayah telah kabur lagi. Saya belum mau membangunkan ibu dan adik-adik karena pasti masih kelelahan dan dalam ketegangan. Lalu saya lari ke seorang Kiai yang menjadi penasihat keluarga kami.
“Bumi menolak jenazah ayah Nakmas,” kata Kiai itu penuh keyakinan.
“Kenapa tanah menolak ayah yang telah jadi mayat, Kiai?” Tanya saya.
“Karena ayah Nakmas tidak bersahabat dengan tanah,” jawab Kiai.
“Tidak bersahabat bagaimana, Kiai?” “Ayah Nakmas memusuhi tanah.”
“Memusuhi tanah, Kiai?”
“Ayah Nakmas menjadikan tanah sebagai barang dagangan sambil menyengsarakan warga miskin yang sudah puluhan tahun tinggal disitu.”
“Ayah saya membeli tanah itu, Kiai”
“Ayah Nakmas tidak membeli semua tanah yang dibebaskan, tapi menyengsarakan tanah.
“Menyengsarakan?”
“Ayah Nakmas tidak memindahkan kuburan di tanah yang sudah dibebaskan itu.
Tidak peduli terhadap mesjid, sumur, maupun pohon, yang ikut menopang kehidupan disitu, langsung dirobohkan begitu saja.”
Ringkasan yang tepat untuk penggalan cerita tersebut adalah ...
A.  Sebuah keluarga yang telah kehilangan ayahnya, kemudian ditanyakan kepada seorang kiai.
B.  Sebuah keluarga tidak bahagia karena ayah mereka telah mendahului pulang menghadap Yang Maha Kuasa.
C.  Ketegangan yang terjadi pada sebuah keluarga karena jenazah ayah mereka hilang dari liang lahat akibat dari perilakunya semasa hiduop di dunia.
D.  Gambaran seorang ayah yang jahat sehingga bumi tidak mau menerima jasadnya dan jenazah kabur dari liang kubur.
E.  Kegemparan yang terjadi  di suatu kampung karena ada mayat yang hilang dari kuburan.

40.   Cermati kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1)    Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta.
(2)    Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah (kata kunci) kepada korban gempa.(kalimat Utama)
(3)    Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta.
(4)    Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya.
(5)       Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta.
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang baik adalah ….
A.    (2), (3), (4), (1), (5)
B.    (2), (4), (3), (5), (1)
C.   (3), (2), (1), (4), (5)
D.   (3), (4), (5), (1), (2)
E.    (3), (5), (1), (2), (4)

41.   Perhatikan kalimat berikut!
Penari yang sedang membawakan tari Kijang itu sangat molek.
Kata bermakna sama dengan kata molek terdapat pada kalimat ...
A.    Pesenam dari Tiongkok itu sangat anggun (apik dan berwibawa (tentang bangun, tingkah laku, gaya, dan sebagainya).
B.    Saat memakai pakaian tradisional, Titik tampak elok.
C.   Taman yang ada di kebun binatang Gembira Loka sangat asri. (indah dan sedap dipandang mata
D.   Lukisan karya Affandi yang dipamerkan di Taman Budaya cukup indah.dalam keadaan enak dipandang; cantik; elok
E.Pengantin wanita itu sungguh menawan. (1 menangkap (menahan) musuh dan sebagainya; 2merampas (merebut, menjarah) harta musuh dan sebagainya: perampok itu ~ harta korbannya; 3 menarik hati; memikat: wajahnya yang cantik itu ~;



42.   Cermati kalimat berikut dengan saksama!
Ibu berkata, “Ayo habiskan semua kue itu. Adikmu belum makan satu pun!”
Kalimat yang maknanya sama dengan kalimat tersebut adalah ...
A.  Ibu berkata,”Jangan kau habiskan kue itu. Adikmu belum makan satu pun!”
B.  Ibu mengatakan bahwa saya harus menghabiskan kue walaupun adik belum makan.
C.  Ibu menyuruh saya untuk memakan semua kue yang ada walaupun adikku belum mendapat bagian.
D.  Saya diminta ibu untuk menghabiskan semua kue yang ada.
E.  Saya harus memberi kue untuk adik, kemudian sisanya harus saya habiskan.

43.   Cermati kalimat acak berikut ini !
(1)    Membuat minyak kelapa (kata kunci) dapat melalui proses kimia jenis fermentasi.(kal.utama)
(2)    Biarkan campuran tersebut selama dua belas jam.
(3)    Lapisan atas adalah minyak, yang tengah protein dan bagian bawah adalah air bibit.
(4)    Dalam waktu itu akan terjadi proses kimia dan campuran itu membentuk tiga lapisan.
(5)    Sekarang tinggal memisahkan minyaknya untuk disimpan dalam botol atau langsung untuk menggoreng.
(6)    Campurkan satu bagian air bibit dengan lima bagian krim santan kental.
Kalimat-kalimat tersebut dapat menjadi paragraf yang padu dengan urutan …
A.    (1), (6), (3), (4), (2), dan (5)
B.    (1), (5), (2), (4), (3), dan (6)
C.   (1), (6), (2), (4), (3), dan (5)
D.   (5), (1), (6), (2), (4), dan (3)
E.    (6), (2), (4), (3), (5), dan (1)

44.   Cermati paragraf rumpang berikut!
Sebaliknya, pandangan kedua berpendapat bahwa manusialah yang sebenarnya aktif, ... lingkungan alam itu pasif. Bukan lingkungan alam yang membentuk manusia, ... manusialah yang membentuk lingkungan alam.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A.    tetapi , atau
B.    sehingga, adapun
C.   oleh karena, sedangkan
D.   sedangkan, melainkan
E.    melainkan, bagaimanapun

45.   Cermatilah kalimat karya tulis berikut dengan saksama!
Sanksi yang mana dikenakan pada lembaga penyiaran daripada produk dimana disiarkan atau ditayangkan.
Perbaikan struktur kalimat yang tepat pada kalimat tersebut adalah ….
A.  Sanksi dimana dikenakan buat lembaga penyiaran yang mana produk disiarkan atau ditayangkan.
B.  Sanksi dikenakan pada lembaga penyiaran atas produk yang mana disiarkan  atau ditayangkan
C.  Sanksi dikenakannya buat lembaga penyiaran atas produk yang mana disiarkan atau ditayangkan.
D.  Sanksi dikenakan buat lembaga daripada penyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan
E.  Sanksi dikenakan pada lembaga penyiaran atas produk yang disiarkan atau ditayangkan.

46.   Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Pementasan puisi yang melibatkan tukang becak  yang digelar beberapa waktu lalu di Komunitas Kebon Nanas, Tangerang tidak saja memperlihatkan hubungan yang saling membutuhkan antarkeduanya secara alami. Pementasan yang bertajuk Becak dalam Sajak, Sajak dalam Becak yang dimotori penyair Wowok Hesti Prabowo itu mengungkapkan realitas becak dan para tukang becak yang nasibnya di negeri sendiri, termasuk di Tangerang, sering sial, dan sering digusur-gusur demi penegakan Perda, dengan berbagai sudut pandang. Di depan sejumlah daripadaanggota DPR Kota Tangerang, para tukang-tukang becak tidak hanya menunjukkan kepiawaiannya membaca sajak, melainkan juga membuat puisi tentang nasib pahit mereka.
Perbaikan  yang tepat kalimat yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ....
A.    Di depan sejumlah para anggota DPR Kota Tangerang, para tukang-tukang becak tidak hanya menunjukkan kepiawaiannya membaca sajak, tetapi juga membuat puisi tentang nasib pahit mereka.
B.    Di depan sejumlah anggota DPR Kota Tangerang, para tukang becak tidak hanya menunjukkankepiawaiannya membaca sajak, tetapi juga membuat puisi tentang nasib pahit mereka.
C.   Di depan sejumlah anggota DPR Kota Tangerang, para tukang becak tidak hanya menunjukkan kepiawaiannya membaca sajak, melainkan juga membuat puisi tentang nasib pahit mereka.
D.   Di depan sejumlah anggota DPR Kota Tangerang, para tukang becak tidak hanya menunjukkan kepiawaiannya membaca sajak, bahkan juga membuat puisi daripada nasib pahit mereka.
E.    Di depan sejumlah semua anggota DPR Kota Tangerang, para tukang becak-tukang becak tidak hanya menunjukkan kepiawaiannya membaca sajak, tetapi juga membuat puisi tentang nasib pahit mereka.



47.   Cermatilah penggunaan kata dalam kalimat karya tulis berikut!
Penulis tergelitik hatinya untuk melakukan penelitian iklim organisasi di sekolah tersebut.
Makna lugas (yang sebenarnya) untuk pengganti kata yang tercetak miring tersebut adalah ….
A.    terkesan                    
B.    terpanggil                  
C.   terpaksa
D.   tersentuh
E.    tertarik

48.   Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Saat ini globalisasi sedang memapar ke seluruh wilayah dunia, termasuk Indonesia. Proses ini sedikit banyak membawa pengaruh positive, salah satunya adalah memperkaya creative dan menciptakan ruang belajar lebih luas bagi generasi penerus bangsa. Dengan demikian, mereka memiliki bekal kompetitif untuk menghadapi masa depan dengan baik. Orang tua juga harus memberikan stimulasi sejak dini guna mendukung perkembangan intelektualnya.
Perbaikan ejaan kata-kata yang bercetak miring sesuai paragraf tersebut adalah ....
A.    positiv, kreatif, kompetitif, stimulan
B.    positif, kreasi, kompetisi, stimulus
C.   positiv, kreatif, kompetisi, stimulus
D.   positif, kreasi, kompetitif, stimulan
E.    positif, kreasi, kompetisi, stimulan

49.   Perhatikan kalimat berikut dengan saksama!
Saya sedang membaca Peningkatan Mutu Daya Ungkap Bahasa Indonesia dalam buku Bahasa Indonesia Menuju Masyarakat Madani.
Perbaikan kesalahan penggunaan ejaan untuk penulisan judul karangan yang merupakan bagian dari buku dalam kalimat tersebut adalah ...
A.  Saya sedang membaca Peningkatan Mutu Daya Ungkap Bahasa Indonesia - dalam buku Bahasa Indonesia Menuju Masyarakat Madani.
B.  Saya sedang membaca, ‘’Peningkatan Mutu Daya Ungkap Bahasa Indonesia’’ dalam buku Bahasa Indonesia Menuju Masyarakat Madani.
C.  Saya sedang membaca ‘‘Peningkatan Mutu Daya Ungkap Bahasa Indonesia’’ dalam buku BahasaIndonesia Menuju Masyarakat Madani.
D.  Saya sedang membaca, Peningkatan Mutu Daya Ungkap Bahasa Indonesia dalam buku Bahasa Indonesia Menuju Masyarakat Madani.
E.  Saya sedang membaca : Peningkatan Mutu Daya Ungkap Bahasa Indonesia (dalam buku Bahasa Indonesia Menuju Masyarakat Madani)

50.   Perhatikan penulisan teks drama berikut dengan saksama!
Ibu
Amir
Ibu
:
:
:
“Bawa kopor ini, nak!”
“Baik; bu.”
“jangan lupa. Letakkan baik-baik”.
Perbaikan ejaan dan tanda baca dalam penulisan teks drama tersebut adalah ...
A.     
Ibu
Amir
Ibu
:
:
:
“Bawa kopor ini, Nak!”
“Baik; Bu.”
“jangan lupa. Letakkan baik-baik!”

B.     
Ibu
Amir
Ibu
:
:
:
“Bawa kopor ini, Nak!”
“Baik, Bu.”
“Jangan lupa. Letakkan baik-baik.”
C.    
Ibu
Amir
Ibu
:
:
:
“Bawa kopor ini, nak!”
“Baik; Bu.”
“Jangan lupa. Letakkan baik-baik.”




D.    
Ibu
Amir
Ibu
:
:
:
“bawa kopor ini, Nak!”
“Baik, Bu.”
“Jangan lupa. Letakkan baik-baik.”

E.     
Ibu
Amir
Ibu
:
:
:
“Bawa kopor ini, Nak!”
“Baik; bu.”
“Jangan lupa. Letakkan baik-baik”



sumber

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►