Sunday, April 20, 2014

Karbohidrat adalah


Karbohidrat adalah kelas senyawa kimia yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat sangat penting untuk pertumbuhan tanaman, dan menyediakan energi untuk hewan.
pengertian Karbohidrat
pengertian Karbohidrat
Tanaman membuat karbohidrat dari karbon dioksida dan air dalam proses yang disebutfotosintesis. Hewan memperoleh karbohidrat terutama dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman.
Karbohidrat diklasifikasikan sesuai dengan kompleksitas dan ukuran molekul mereka. Karbohidrat sederhana terdiri dari gula seperti glukosa dan fruktosa, karbohidrat kompleks meliputi pati dan beberapa bentuk serat makanan, seperti selulosa.
Fungsi karbohidrat
Fungsi utama karbohidrat adalah untuk menyediakan energi bagi tubuh, terutama otak dan sistem saraf. Sebuah enzim yang disebut amilase membantu memecah karbohidrat menjadi glukosa (gula darah), yang digunakan untuk energi oleh tubuh.
Sumber Makanan
Karbohidrat diklasifikasikan sebagai sederhana atau kompleks. Klasifikasi ini tergantung dari struktur kimia dari makanan, dan seberapa cepat gula dicerna dan diserap. Karbohidrat sederhana memiliki satu gula (tunggal) atau dua (double). Karbohidrat kompleks memiliki tiga atau lebih gula.
Contoh gula tunggal dari makanan meliputi:
Fruktosa (ditemukan dalam buah-buahan)
Galaktosa (ditemukan dalam produk susu)

Gula ganda meliputi:
Laktosa (ditemukan dalam susu)
Maltosa (ditemukan dalam sayuran tertentu dan dalam bir)
Sukrosa (gula meja)

Madu juga merupakan gula ganda. Tapi tidak seperti gula meja, mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral. (Catatan: Madu sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak berusia kurang dari 1 tahun.)
Karbohidrat kompleks, sering disebut sebagai “tepung” makanan, meliputi:
legum
sayuran bertepung
Roti gandum dan sereal

Karbohidrat sederhana yang mengandung vitamin dan mineral terjadi secara alami di:
buah-buahan
Susu dan produk susu
sayur-sayuran

Karbohidrat sederhana juga ditemukan dalam gula makanan olahan seperti:
permen
minuman berkarbonasi non diet, seperti soda
sirup
gula meja

Gula olahan menyediakan kalori, tetapi kekurangan vitamin-vitamin, mineral, dan serat. Gula sederhana seperti ini sering disebut “kalori kosong” dan dapat menyebabkan penambahan berat badan.
Selain itu, banyak makanan olahan, seperti tepung putih, gula, dan beras putih, vitamin B kurangnya dan nutrisi penting lainnya kecuali mereka ditandai “diperkaya.” Hal ini paling sehat untuk mendapatkan karbohidrat, vitamin, dan nutrisi lain sebagai bentuk alami sebanyak mungkin – misalnya, dari buah bukan gula meja.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2013 Download Soal SMA/MA Gratis: Karbohidrat adalah Template by SMP. Powered by Blogger