Sunday, April 13, 2014

Persiapan Menghadapi UN SMA Fisika 2014 Dengan Mudah

Posted by Blogger Name. Category: , ,


Fisika untuk siswa di sekolah memang sangat sulit, maka dari itu pertanyaan nya adalah "Berapa jam kamu belajar Fisika dalam sehari? Kalau sedikit berarti sampai hari ini kamu belum siap untuk menghadapi ujian khususnya UN Fisika SMA 2014. 

Untuk itu ada beberapa langkah-langkah supaya Persiapan Menghadapi UN SMA Fisika 2014 Dengan Mudah :

1. Perhatikan Materi yang diujikan di UN Fisika 2013
Pertama kamu harus tahu dulu kisi-kisi soal. Nama kisi-kisi itu SKL (Standar Kompetensi Lulusan). Dan menurut peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 97 Tahun 2013, kisi-kisi UN tahun ini ditetapkan sama dengan kisi-kisi UN 2013. Jadi soal UN 2014 ini tidak akan jauh beda dengan soal UN 2013 lalu. Kalau kamu mau lihat seberapa untuk menghadapi UN Fisika 2014.

2. Pahami Konsep nya

Materi Besaran, Satuan, dan Vektor

besar satuan vektor
Yang kiri, itu soal UN Fisika 2013 nomor 1. Yang kanan, soal UN Fisika 2012. Mirip banget nggak sih? Yang ditanya nggak pernah jauh-jauh dari itu sih. Paling pastiin aja kalau udah ngerti gimana cara mengukur menggunakan jangka sorong dan  mikrometer sekrup. Berikutnya soal tentang vektor:
soal vektor

2. Mekanika

Mekanika itu luas banget yah. Cakupannya mulai dari Kinematika, Dinamika Newton, Usaha dan Energi, sampai Momentum dan Impuls. Di bawah ini gue ambil soal-soal Mekanika yang ada di UN Fisika 2013. Cek aja.

Kinematika

Kinematika





Dinamika Newton

Dinamika Newton   Dinamika Newton 2

Usaha dan Energi

Usaha dan Energi

Impuls

Impuls

Momentum

Momentum
Nah, kalau masih meras lemah di situ, berarti kamu perlu asah lagi kemampuan mekanikanya.

3. Gerak Melingkar

Bagian ini sebenernya masih termasuk Mekanika juga, tapi khusus untuk Gerak Melingkar. Lihat contoh soalnya yah.
Gerak Melingkar










Tentang hubungan antara kecepatan sudut (anguler), kecepatan linier, dan jari-jari.
Gerak Melingkar beraturan
Nah, kalau yang ini tentang Dinamika Rotasi. Coba aja kamu pelajarin tentang Momen Inersia. Gimana kalau bendanya bisa dianggap benda titik, gimana kalau bendanya itu benda tegar (bola pejal/berongga, silinder pejal/berongga, batang),
Dinamika rotasi
Untuk yang di atas itu tentang Kesetimbangan Benda Tegar. Ini tentang Torsi yang persamaannya  \tau = r \times F . Perhatiin kalau itu persamaan vektor. Gimana kalau dia membentuk sudut 30^{\circ}? Kalau 90^{\circ}? Kalau 0^{\circ}? Dan gimana caranya supaya \Sigma \tau = 0  di sistem di atas?

4. Elastisitas Pegas

Untuk yang ini, materinya nggak banyak. Tentang Hukum Hooke aja, hubungan antara gaya yang diberikan kepada pegas dan pertambahan panjangnya. Persamaannya  F = k \Delta{x} . Di soal ini kamu tinggal lihat grafiknya aja untuk nentuin grafik mana yang nilai  k -nya paling kecil.
elastisitas pegas
5. Fluida Dinamis
Kalau ngomongin Fluida Dinamis sih, yang paling penting adalah kamu bisa ngerti persamaan Bernoulli. Karena semua yang dibahas di Fluida Dinamis itu merupakan turunan dari persamaan Bernoulli tadi. Masih inget gimana persamaannya? Yang gini loh:  P_0 + \rho g h + \frac{1}{2}\rho v^2 = konstan Persamaan itu dipakai di mana-mana. Untuk soal nomor 15 misalnya nih:
fluida dinamis
Dari persamaan Bernoulli tadi, bisa nggak lo turunin jadi  v = \sqrt{2 g \Delta{h}} ? Kalau udah bisa sih, tinggal dikerjain aja yah. Terus untuk soal nomor 14 ini, yang ditanya konsepnya aja sih.
fluida dinamis 2
6. Suhu dan Kalor
Materi di sini juga nggak banyak sih. Pertama, tentang

Asas Black

suhu dan kalor 1

Pemuaian

suhu dan kalor 2
Dua-duanya ada di Bab Suhu dan Kalor. Pastiin kalau kamu sudah ngerti konsep muai panjang, mulai luas, dan muai volume. Terus pastiin juga kalau lo udah ngerti asas black (kalor yang dilepas = kalor yang diterima).
 7. Termodinamika
Dasar dari Termodinamika itu ada di Teori Kinetik Gas. Pastiin kalau kamu sudah ngerti konsep TKG sebelum masuk ke Termodinamika. Berikutnya, ini ada pertanyaan singkat untuk menguji apakah kamu sudah ngerti konsep Termodinamika:
  • Gimana persamaan Hukum Termodinamika I? Bisa jelasin nggak persamaan  \Delta{U} = Q - W  itu maksudnya gimana?
  • Gimana mencari Usaha Gas dari Grafik P (tekanan) dan V (volume)?
  • Apa itu isobarik, isokhorik, isothermal, dan adiabatik? Bagaimana sifat-sifatnya?
  • Bagaimana prinsip kerja Mesin Carnot?

termodinamika

8. Gelombang Mekanik

Kalau kamu perhatiin, soal-soal di atas semuanya diambil dari materi Kelas 10 dan Kelas 11. Di sini kita baru masuk nih ke materi kelas 12. Masih inget nggak di awal-awal masuk kelas 12 kamu belajar bab ini di Fisika:
gelombang mekanik
Yup. Itu tentang Gelombang Mekanik. Pastiin kamu ngerti tentang istilah-istilah ini: Frekuensi dan Periode Gelombang, Amplitudo Gelombang, Cepat Rambat Gelombang, Kecepatan Sudut, dan Panjang Gelombang. Pastiin juga kamu bisa menuliskan persamaan gelombang transversal kalau diketahui variabel-variabel itu.
Semoga Sukses Menghadapi UN Fisika SMA 2014!!!

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►