Sunday, June 15, 2014

Rangkuman Sosiologi KONFLIK XI SMA TA 2014

Posted by Blogger Name. Category: , , ,

Interaksi Sosial yang Bersifat Disosiatif

Menurut beberapa ahli, pengertian persaingan:
·         Park dan Burgess mengatakan, "Persaingan adalah sebuah interaksi tanpa kontak sosial."
·         Biesanz mengatakan, "Persaingan adalah perjuangan dari dua atau lebih orang untuk tujuan yang sama yang terbatas sehingga semua tidak dapat memiliki."
·         Sutherland, Woodward dan Maxwell "Persaingan adalah, impersonal sadar, perjuangan terus menerus antara individu atau kelompok untuk kepuasan yang, karena pasokan terbatas, semua tidak mungkin."
Proses disosiatif sering disebut sebagai oppositional proccesses, yang persis halnya dengan kerjasama, dapat ditemukan pada setiap masyarakat, walaupun bentuk dan arahnya ditentukan oleh kebudayaan dan sistem sosial masyarakat bersangkutan. Oposisi dapat diartikan sebagai cara berjuang melawan seseorang atau sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu. Pola-pola oposisi tersebut dinamakan juga sebagai perjuangan untuk tetap hidup (struggle for existence).
Proses Dissosiatif adalah proses mengarah ke pertikaian. Persaingan adalah Persaingan atau competition dapat diartikan sebagai suatu proses sosial dimana individu atau kelompok manusia yang bersaing mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi pusat perhatian umum (baik perseorangan maupun kelompok manusia) dengan cara menarik perhatian publik atau dengan mempertajam prasangka yang telah ada tanpa mempergunakan ancaman atau kekerasan.
Persaingan mempunyai dua tipe, yaitu persaingan yang bersifat pribadi (antarindividu) dan persaingan yang bersifat non pribadi (antarkelompok).
*      Persaingan mempunya dua tipe umum :
·         Bersifat Pribadi : Individu, perorangan, bersaing dalam memperoleh kedudukan. Tipe ini dinamakan rivalry.
·         Bersifat Tidak Pribadi : Misalnya terjadi antara dua perusahaan besar yang bersaing untuk mendapatkan monopoli di suatu wilayah tertentu.

Tipe-tipe tersebut menghasilkan beberapa bentuk persaingan, diantaranya persaingan dibidang ekonomi, politik, persaingan ras dan lain-lain.
Ciri persaingan antara lain sportif atau fair play dan dilakukan secara damai. Nilai dan norma dijunjung tinggi oleh mereka dan tidak menggunakan ancaman atau paksaan. Persaingan diperlukan untuk meningkatkan prestasi seseorang.
Suatu ciri yang menonjol dari persaingan adalah bahwa dalam proses itu terjadi pertikaian yang tidak langsung. Apabila satu pihak menindas musuhnya atau merugikannya secara langsung, maka tidak terjadi persaingan. Secara umum persaingan hanya menunjuk pada kegiatan yang dilakukan secara paralel, untuk mencapai tujuan yang sama.
*      Kombinasi dalam persaingan:

·         Apabila suatu kemenangan terhadap lawan merupakan kebutuhan pertama secara kronologis, maka hal itu sendiri tak akan ada artinya. Dengan demikian, hasil suatu persaingan tidak berisikan tujuannya, sebagaimana halnya apabila seseorang marah, balas dendam, dan lain sebagainya, yang merupakan unsur yang mendorong terjadinya perkelahian.
·         Tipe persaingan yang kedua sangat berbeda dengan bentuk atau jenis pertikaian lainnya. Dalam hal ini persaingan hanya berlangsung antara pihak-pihak, tanpa usaha menyingkirkan lawan. Yang menjadi prioritas utama adalah tujuan, dan bukan lawan.
Persaingan secara modern digambarkan sebagai suatu perjuangan dari semua terhadap semua, dan dari semua untuk semua. Tidak jarang sebagai akibatnya timbul tragedi yang berakibat unsur-unsur sosial suatu kesatuan saling bertentangan. Akan tetapi semua akibat tersebut, sebenarnya merupakan tambahan pada kekuatan persaingan untuk mempersatukan. Persaingan, secara sosiologis merupakan suatu jaringan konsentrasi terhadap pikiran, perasaan, dan kemauan sesama manusia.
*      Peran dan Fungsi Persaingan
Sebagai proses sosial, persaingan memainkan peran yang sangat penting dalam, kehidupan individu. Seperti kerjasama, persaingan ini juga diperlukan untuk kehidupan sosial. HT Mazurndar membahas fungsi yang berbeda. Kompetisi. Persaingan menentukan peran dan status individu.
·         Kompetisi meningkatkan efisiensi antara pesaing.
·         Melindungi individu dari konflik langsung.
·         Ini mencegah konsentrasi yang tidak semestinya kekuasaan di antara beberapa tangan.
·         Persaingan adalah simbol kemajuan sosial dan ekonomi.
·         Ini menghormati aturan permainan.
*      Sifat dan karakteristik Persaingan:

·         Kelangkaan sebagai kondisi persaingan: Dimanapun ada barang dan jasa umumnya diinginkan, ada kompetisi. Proses ekonomi dimulai dengan proposisi fundamental bahwa sementara keinginan manusia tak terbatas sumber daya yang dapat memenuhi keinginan tersebut sangat terbatas. Oleh karena itu orang bersaing untuk memiliki sumber daya terbatas. Seperti Hamilton telah menunjukkan persaingan diharuskan oleh populasi keinginan tak terpuaskan dan dunia sumber daya keras kepala dan tidak memadai.
·         Kompetisi merupakan penyebab perubahan sosial: Kompetisi adalah penyebab perubahan sosial di itu; hal itu menyebabkan orang-orang untuk mengadopsi bentuk-bentuk baru perilaku dalam rangka untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bentuk-bentuk baru perilaku melibatkan penemuan dan inovasi yang secara alami membawa perubahan sosial.
·         Persaingan mungkin pribadi atau impersonal: Kompetisi biasanya diarahkan menuju tujuan dan bukan terhadap setiap individu. Beberapa kali, itu terjadi tanpa pengetahuan yang sebenarnya keberadaan lain. Ini adalah pribadi seperti dalam kasus ujian dinas sipil di mana kontestan bahkan tidak menyadari identitas satu sama lain. Kompetisi juga dapat menjadi pribadi seperti ketika dua individu kontes untuk pemilihan ke kantor. Karena persaingan menjadi lebih pribadi itu mengarah pada persaingan dan nuansa ke dalam konflik. Persaingan di dunia sosial sebagian besar impersonal. Persaingan bukanlah tindakan pribadi. Individu mungkin sadar namun tidak memiliki kontak pribadi dengan pesaing lainnya. Perhatian dari pesaing adalah tetap pada tujuan. Oleh karena itu, hubungan pribadi dan langsung tidak ada di antara para pesaing.
·         Kompetisi selalu diatur oleh norma-norma: Persaingan tidak terbatas juga bukan un-diatur. Tidak ada hal seperti kompetisi terbatas. Seperti ungkapan suatu kontradiksi dalam istilah. Norma-norma moral atau aturan hukum selalu mengatur dan mengendalikan kompetisi. Pesaing diharapkan untuk menggunakan taktik yang adil dan tidak dipotong perangkat tenggorokan.
·         Beberapa sosiolog juga telah berbicara persaingan budaya. Ini dapat terjadi antara dua atau lebih kelompok budaya. Sejarah manusia memberikan contoh seperti kompetisi misalnya; selalu ada persaingan tajam antara budaya asli dan para penyerbu. Seperti kerjasama, persaingan terjadi pada pribadi, kelompok, dan tingkat organisasi. Orang bersaing untuk kasih sayang, promosi, atau kantor publik semua adalah contoh persaingan pribadi. Para pesaing mungkin untuk mengetahui satu sama lain dan menganggap orang lain kekalahan sebagai penting untuk pencapaian tujuan mereka sendiri.
·         Sadar tindakan: Persaingan adalah tindakan sadar dan terjadi tanpa disadari. Pesaing bahkan tidak mengenal satu sama lain, tetapi perhatian mereka adalah tetap pada tujuan, yang dianggap sebagai obyek utama dari kompetisi mereka.
·         Proses Kontinyu: Persaingan tidak pernah berakhir. Hal ini ditemukan dalam setiap bidang kegiatan sosial, Kompetisi status, kekayaan dan ketenaran selalu hadir di hampir semua masyarakat.
·         Universal Proses: Tidak ada masyarakat yang bisa disebut sebagai untuk menjadi eksklusif kompetitif atau koperasi, namun persaingan ditemukan dalam setiap masyarakat dan setiap tingkat. Ini mencakup hampir semua bidang kehidupan sosial kita.
·         Proses disosiatif: Persaingan adalah proses sosial disosiatif. Persaingan dapat memicu konflik. Proses ini disebut tipe negatif dari interaksi. Selalu bekerja untuk disintegrasi masyarakat. Proses ini dapat menghambat kesatuan dan integritas masyarakat.
·         Konstruktif atau destruktif di alam: Kompetisi dapat sehat atau tidak sehat. Jika salah satu dari dua atau lebih kompetisi mencoba untuk menang hanya dengan mengorbankan yang lain maka itu adalah destruktif. Namun kompetisi yang konstruktif memberikan kontribusi untuk kesejahteraan alt.
*      Tipe-tipe persaingan adalah:
·         Persaingan ekonomi adalah persaingan yang timbul karena terbatasnya alat pemuas kebutuhan dibandingkan dengan jumlah kebutuhan.
·         Persaingan kebudayaan adalah persaingan budaya satu dengan lainnya.
·         Persaingan kedudukan dan peran adalah persaingan kedudukan atau peran satu kelompok atau individu dengan kelompok atau individu lain.
·         Persaingan ras adalah persaingan antara ras satu dengan lainnya.
Persaingan dari lima kategori utama. Mereka adalah:
1.      Kompetisi sosial.
Orang selalu bersaing untuk masuk ke status yang lebih tinggi dan posisi. Dimana kemampuan individu, prestasi, bakat dan kapasitas diakui ada, kompetisi untuk status akut.
2.      Kompetisi ekonomi.
Persaingan ekonomi ditemukan dalam proses produksi, konsumsi dan distribusi barang. Manusia selalu berjuang untuk standar hidup yang lebih tinggi. Kompetisi untuk pekerjaan, pelanggan, klien, pasien, keuntungan, upah, gaji, promosi dll kompetisi ekonomi.
3.      Budaya Kompetisi.
Persaingan budaya dapat terjadi antara dua atau lebih kelompok budaya. Ketika budaya mencoba untuk mendirikan supremasi mereka atas orang lain jenis kompetisi membutuhkan 
tempat
4.      Persaingan ras.
Persaingan ras terjadi ketika satu ras mencoba untuk membangun keunggulannya atas yang lain. Persaingan antara kulit putih dan kulit hitam adalah contoh terang persaingan rasial
5.      Kompetisi Politik.
Partai-partai politik selalu terlibat dalam kompetisi untuk mengamankan kekuasaan. Demikian pula, di tingkat internasional selalu ada persaingan diplomatik antara negara yang berbeda.
*      Fungsi positif persaingan adalah:
·         Meningkatkan daya kreatifitas yang dinamis
·         Menimbulkan keinginan individu atau kelompok yang bersifat kompetitif
Sebagai jalan dimana keinginan, kepentingan serta nilai-nilai yang pada suatu masa medapat pusat perhatian, tersalurkan dengan baik oleh mereka yang bersaing.
·         Sebagai alat untuk mengadakan seleksi atas dasar seks dan sosial Menghasilkan sistem kerja yang efektif
·         Menyalurkan keinginan kompetitif         
·         Menyalurkan daya kreatifitas
·         Memberi rangsangan untuk berprestasi
·         Persaingan berfungsi untuk mendudukan individu pada kedudukan serta peranan yang sesuai dengan kemampuannya.
·         Sebagai alat menyaring para warga golongan karya (”fungsional”)

*      Fungsi negatif persaingan adalah:

Menurut HT Mazumdar
·         Menyebabkan cedera
·         Kerugian organisme yang terlibat
·          Menguras sumber daya yang berharga dan energi
·         Persaingan manusia meliputi, pemilu politik, kompetisi olahraga internasional, perang iklan dan perlombaan senjata .
·         Persaingan dapat menyebabkan neurosis melalui frustrasi.
·         Menyebabkan monopoli. Kompetisi terbatas di ekonomi kapitalis menimbulkan monopoli.
·         Memicu terjadinya konflik. Persaingan tidak sehat melempar kebutuhan riil rakyat terbengkalai dan menyebabkan banyak pemborosan di bidang ekonomi. Hal itu dapat membuat gangguan emosional dan mengembangkan sikap tidak bersahabat antara orang atau kelompok terhadap satu sama lain.
·         Persaingan juga mengarah ke eksploitasi.
*      Dampak persaingan:
·         Pengenalan kepribadian
·         Kemajuan
·          Solildaritas kelompok
·         Disorganisasi/perpecahan
*      Faktor yang mempengaruhi persaingan :

·         Kepribadian anggota kelompok
·         Kemajuan zaman
·         Solidaritas kelompok
·         Disorganisasi

*      Bentuk-bentuk persaingan :

·         Persaingan ekonomi : timbul karena terbatasnya persediaan dibandingkan dengan jumlah konsumen
·         Persaingan kebudayaan : dapat menyangkut persaingan bidang keagamaan, pendidikan, dst.
·         Persaingan kedudukan dan peranan : di dalam diri seseorang maupun di dalam kelompok terdapat keinginan untuk diakui sebagai orang atau kelompok yang mempunyai kedudukan serta peranan terpandang.
·         Persaingan ras : merupakan persaingan di bidang kebudayaan. Hal ini disebabkan krn ciri-ciri badaniyah terlihat dibanding unsur-unsur kebudayaan lainnya.

*      Hasil suatu persaingan terkait erat dengan berbagai faktor berikut ini :

·         Kerpibadian seseorang
·         Kemajuan :
Persaingan akan mendorong seseorang untuk bekerja keras dan memberikan sahamnya untuk pembangunan masyarakat.
·         Solidaritas kelompok :
Persaingan yang jujur akan menyebabkan para individu akan saling menyesuaikan diri dalam hubungan-hubungan sosialnya hingga tercapai keserasian.
·         Disorganisasi :
Perubahan yang terjadi terlalu cepat dalam masyarakat akan mengakibatkan disorganisasi pada struktur sosial.

Proses tertentu bermain memecah belah atau menghancurkan peran dalam kehidupan sosial individu atau kelompok. Ini disebut proses disosiatif. Konflik, persaingan dan oposisi saling disebut sebagai proses disosiatif.
Banyak pemikir mengatakan bahwa proses yang menentukan antagonis atau juga memperkuat proses solidaritas sosial; Adam Smith mendefinisikan peran kompetisi dalam kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi.
Kebutuhan manusia biologis, psikologis, budaya dan sosial menginspirasi dia untuk kompetisi. Seperti pohon-pohon di hutan bersaing dengan satu sama lain untuk mendapatkan sinar matahari, dalam cara yang mirip hewan liar bersaing untuk makanan, air dan keamanan. Dengan cara yang sama, persaingan terjadi di antara manusia dengan, keinginan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dimanapun dan kapanpun komoditi, yang orang inginkan, yang tersedia dalam persediaan terbatas, ada persaingan.
*      Moral dalam persaingan
Kohlberg dari Harvard University, melalui penelitian psikologis sifatnya, membuat rumusan tentang Hirarki Moral sebagai berikut,
Tahap :
·         Naive moral realism: perlilakunya didasarkan pada aturan – aturan yang berlaku dan motivasinya hanya menghindari hukuman.
·         Pragmatic morality: perilakunya didasarkan pada keinginan untuk meningkatkan pahala atau manfaat serta memperkecil konsekuensi negatif yang akan menimpa dirinya.
·         Socially shared perspectives: perilakunya didasarkan pada antisipasi penerimaan atau penolakan oleh orang lain dan menjauhi perasaan berdosa yang dirasakan atau yang dibayangkan
·         Social system morality: perilakunya didasarkan pada penghargaan formal (tidak hanya penolakan) dan rasa berdosa yang timbul atas apa dilakukannya kepada orang lain.
·         Human rights and social welfare morality; sebuah perspektif moralitas insan rasional yang mempertimbangkan nilai – nilai yang seharusnya ada pada sebuah masyarakat yang bermoral. Perilakunya didasarkan pada menjaga penghargaan dari komunitas dan terjaganya harga dirinya.
·         Universal ethical principles: perspektif tentang pandangan moral bagaimana semua manusia harus melakukan sesuatu kepada orang lain serta kepada dirinya. Perilakunya ditentukan oleh kesamaan, keadilan dan kepedulian sebagaimana prinsip – prinsip moralitas yang dianutnya.

Hukum

Para Departemen Kehakiman bangunan di Washington, DC adalah rumah bagi berpengaruh antitrust penegak hukum persaingan AS
Persaingan hukum , yang dikenal di Amerika Serikat sebagai hukum antitrust, memiliki tiga fungsi utama. Pertama, melarang kesepakatan yang bertujuan untuk membatasi perdagangan bebas antara entitas bisnis dan pelanggan mereka. Sebagai contoh, sebuah kartel toko olahraga yang bersama-sama memperbaiki football jersey harga lebih tinggi dari normal adalah ilegal. [8] Kedua, hukum persaingan dapat melarang keberadaan atau perilaku kasar dari sebuah perusahaan mendominasi pasar. Satu kasus di titik bisa menjadi perusahaan perangkat lunak yang melalui perusahaan monopoli pada platform komputer membuat konsumen menggunakan media player nya. [9] Ketiga, untuk melindungi pasar yang kompetitif, hukum mengawasi merger dan akuisisi dari perusahaan yang sangat besar. Otoritas persaingan bisa misalnya mengharuskan sebuah perusahaan kemasan botol plastik besar memberikan lisensi kepada pesaing sebelum mengambil lebih besar PET produser. [10] Dalam hal ini (seperti dalam semua tiga), hukum persaingan bertujuan untuk melindungi kesejahteraan konsumen dengan memastikan bisnis harus bersaing untuk pangsa ekonomi pasar .
Dalam beberapa dekade terakhir, hukum persaingan juga telah dijual sebagai obat yang baik untuk memberikan yang lebih baik pelayanan publik , secara tradisional didanai oleh pajak pembayar dan dikelola oleh demokratis jawab pemerintah . Oleh karena itu hukum persaingan adalah berhubungan erat dengan hukum pada deregulasi akses ke pasar, menyediakan bantuan negara dan subsidi, privatisasi dari aset milik negara dan penggunaan regulator sektor independen, seperti telekomunikasi Kerajaan pengawas Inggris Ofcom . Di balik praktek kebohongan teori, yang selama lima puluh tahun terakhir telah didominasi oleh ekonomi neo-klasik . Pasar dipandang sebagai metode yang paling efisien mengalokasikan sumber daya, meskipun kadang-kadang mereka gagal , dan regulasi menjadi perlu untuk melindungi model pasar yang ideal. Terletak di belakang teori sejarah, mencapai kembali lebih lanjut dari Kekaisaran Romawi . Praktek bisnis dari pedagang pasar, serikat dan pemerintah selalu tunduk pada pengawasan dan kadang-kadang sanksi berat. Sejak abad kedua puluh, hukum persaingan telah menjadi global. Dua terbesar, kebanyakan sistem terorganisir dan berpengaruh regulasi persaingan Amerika Serikat undang-undang antitrust dan Masyarakat hukum kompetisi Eropa . Pihak berwenang nasional masing-masing, dengan Departemen Kehakiman AS (DOJ) dan Komisi Perdagangan Federal (FTC) di Amerika Serikat dan Persaingan Direktorat Jenderal Komisi Eropa (DGCOMP) telah membentuk jaringan dukungan internasional dan penegakan hukum. Hukum persaingan adalah semakin penting setiap hari, yang menjamin untuk studi cermat.
Politik
Persaingan juga ditemukan dalam politik . Dalam demokrasi , sebuah pemilu adalah kompetisi untuk kantor terpilih. Dengan kata lain, dua atau lebih calon berusaha dan bersaing melawan satu sama lain untuk mencapai posisi kekuasaan. Pemenang keuntungan kursi kantor dipilih untuk jangka waktu yang telah ditetapkan, menjelang akhir pemilihan umum yang biasanya diadakan untuk menentukan pemegang berikutnya kantor.
Selain itu, ada persaingan yang tak terelakkan di dalam pemerintahan. Karena beberapa kantor yang ditunjuk, kandidat yang potensial bersaing dengan orang lain untuk mendapatkan kantor tertentu. Departemen mungkin juga bersaing untuk jumlah terbatas sumber daya, seperti untuk pendanaan . Akhirnya, di mana ada sistem partai , pemimpin terpilih dari partai yang berbeda akhirnya akan bersaing dengan pihak lain untuk hukum , pendanaan dan kekuasaan .
Akhirnya, persaingan juga ada antar pemerintah . Setiap negara atau kebangsaan perjuangan untuk mendominasi dunia, kekuasaan, atau militer kekuatan. Sebagai contoh, Amerika Serikat bertanding melawan Uni Soviet dalam Perang Dingin untuk kekuatan dunia, dan dua juga berjuang atas jenis pemerintahan yang berbeda (dalam kasus ini demokrasi perwakilan dan komunisme ). Hasil dari jenis kompetisi sering menyebabkan ketegangan di seluruh dunia, dan kadang-kadang bisa meledak menjadi perang .
Olahraga
Sementara beberapa olahraga (seperti memancing atau mendaki gunung ) telah dipandang sebagai terutama rekreasi, olahraga paling dianggap kompetitif. Mayoritas melibatkan kompetisi antara dua atau lebih orang (kadang-kadang menggunakan kuda atau mobil ). Misalnya, dalam permainan basket , dua tim bersaing satu sama lain untuk menentukan yang bisa mencetak poin terbanyak. Meskipun tidak ada penghargaan ditetapkan untuk tim pemenang, banyak pemain memperoleh rasa bangga . Selain itu, penghargaan ekstrinsik juga dapat diberikan. Atlet, selain bersaing dengan manusia lain, juga bersaing melawan alam dalam olahraga seperti kayak arung atau gunung , di mana tujuannya adalah untuk mencapai tujuan, dengan hanya penghalang alami menghambat proses. Sebuah kompetisi reguler (misalnya tahunan) dimaksudkan untuk menentukan "terbaik" pesaing siklus yang disebut kejuaraan .

Baseball adalah olahraga kompetitif.
Sementara olahraga profesional telah biasanya dilihat sebagai intens dan sangat kompetitif, olahraga rekreasi, yang sering kurang intens, sering dianggap sebagai pilihan yang sehat untuk pelepasan kompetitif mendesak pada manusia. Olahraga menyediakan tempat yang relatif aman untuk mengubah kompetisi yang tak terkendali dalam kompetisi berbahaya, karena olahraga persaingan terkendali. Olahraga kompetitif diatur oleh peraturan dikodifikasikan disepakati oleh para peserta. Melanggar aturan-aturan ini dianggap persaingan tidak sehat. Jadi, olahraga menyediakan buatan (tidak alami) kompetisi, misalnya, bersaing untuk mengontrol bola, atau membela wilayah di sebuah lapangan bermain yang bukan merupakan faktor bawaan biologis pada manusia. Atlet dalam olahraga seperti senam dan kompetitif menyelam saling bersaing dalam rangka untuk datang paling dekat dengan ideal konseptual kinerja yang sempurna, yang mencakup kriteria terukur dan standar yang diterjemahkan ke dalam peringkat numerik dan skor oleh hakim yang ditunjuk.
Olahraga kompetisi umumnya dipecah menjadi tiga kategori: olahraga individu, seperti memanah , olahraga ganda, seperti tenis ganda , dan tim kompetisi olahraga, seperti kriket atau sepak bola . Sementara sebagian besar kompetisi olahraga rekreasi, terdapat beberapa besar dan kecil liga olahraga profesional di seluruh dunia. Para Olimpiade , diselenggarakan setiap empat tahun, biasanya dianggap sebagai puncak kompetisi olahraga internasional.
Pendidikan
Kompetisi merupakan faktor utama dalam pendidikan. Pada skala global, pendidikan nasional sistem, berniat untuk membawa keluar yang terbaik dalam generasi berikutnya, mendorong daya saing di antara siswa melalui beasiswa . Negara-negara seperti Inggris dan Singapura memiliki pendidikan khusus program-program yang melayani spesialis siswa, mendorong tuduhan elitisme akademis . Setelah menerima hasil akademis mereka, siswa cenderung untuk membandingkan nilai mereka untuk melihat siapa yang lebih baik. Dalam kasus yang parah, tekanan untuk tampil di beberapa negara sangat tinggi yang dapat mengakibatkan stigmatisasi intelektual siswa kekurangan, atau bahkan bunuh diri sebagai akibat dari gagal ujian, Jepang menjadi contoh utama (lihat Pendidikan di Jepang ). Hal ini telah menghasilkan kritis evaluasi ulang pemeriksaan secara keseluruhan dengan pendidik. Kritik kompetisi (sebagai lawan keunggulan ) sebagai faktor pendorong dalam sistem pendidikan, seperti Alfie Kohn , menegaskan bahwa persaingan sebenarnya memiliki pengaruh negatif bersih pada tingkat prestasi siswa, dan bahwa "ternyata kita semua menjadi pecundang" ( Kohn 1986). Ekonom Richard Layard telah berkomentar mengenai pengaruh berbahaya, yang menyatakan "orang merasa bahwa mereka berada di bawah banyak tekanan Mereka merasa bahwa tujuan utama mereka dalam hidup adalah untuk berbuat lebih baik daripada orang lain.. Yang pasti apa yang orang muda diajarkan di sekolah setiap hari Dan itu bukan dasar yang baik untuk masyarakat.. " [11]
Kompetisi juga membuat sebagian besar ekstrakurikuler kegiatan di mana siswa berpartisipasi. Kompetisi tersebut termasuk TVO 's disiarkan Raihlah Top kompetisi, PERTAMA Robotika, Duke Tahunan Kompetisi Robo-Climb (DARC) dan Universitas Toronto Ruang Design Contest . Di Texas, Universitas antarsekolah Liga (UIL) memiliki 22 SMA tingkat kontes dan 18 SD dan SMP di mata pelajaran mulai dari akuntansi untuk ilmu pengetahuan untuk menulis siap.
Sastra
Kompetisi sastra, seperti kontes yang disponsori oleh jurnal-jurnal sastra , penerbitan rumah dan teater, telah semakin menjadi sarana bagi para penulis bercita-cita untuk mendapatkan pengakuan. Penghargaan bergengsi untuk fiksi termasuk yang disponsori oleh Tinjauan Missouri , Boston Tinjauan , Indiana Tinjauan , Amerika Utara Tinjauan dan Tinjauan Southwest . Para Albee Penghargaan, disponsori oleh Seri Drama Yale, adalah salah satu penghargaan paling bergengsi penulisan drama. Beberapa penulis Amerika, seperti Gina Ochsner dan Yakub Appel , telah menjadi terkenal khusus untuk partisipasi aktif mereka dalam kompetisi sastra banyak.
Pengisian biaya untuk kompetisi sastra sangat kontroversial. Beberapa penulis melihat biaya sebagai bentuk eksploitasi yang mengambil keuntungan dari calon penulis dan dramawan. Namun, fee based kontes juga memiliki pendukung yang kuat yang berpendapat bahwa kompetisi ini menawarkan kesempatan langka bagi para penulis muda untuk memiliki suara mereka didengar pada saat akses ke agen utama dan editor telah tumbuh semakin terbatas
Biologi dan ekologi
Persaingan dalam dan antar spesies merupakan topik penting dalam biologi , khususnya di bidang ekologi . Persaingan antara anggota suatu spesies ("intraspecific") adalah kekuatan pendorong di belakang evolusi dan seleksi alam , kompetisi untuk sumber daya seperti makanan , air , wilayah , dan sinar matahari menghasilkan kelangsungan hidup akhir dan dominasi varian dari spesies yang paling cocok untuk bertahan hidup. Persaingan juga hadir antara spesies ("interspesifik"). Jumlah terbatas dari sumber daya yang tersedia, dan beberapa spesies mungkin tergantung pada sumberdaya ini. Dengan demikian, masing-masing spesies ini bersaing dengan orang lain untuk mendapatkan akses ke sumber daya. Akibatnya, spesies kurang cocok untuk bersaing untuk sumber daya baik harus beradaptasi atau mati . Menurut teori evolusi , kompetisi dalam dan antar spesies untuk sumber daya memainkan peran penting dalam seleksi alam . Misalnya, pohon yang lebih kecil akan menerima sinar matahari kurang dari satu pohon yang berdekatan yang lebih besar daripada di hutan hujan . Pohon yang lebih besar adalah bersaing dengan yang lebih kecil untuk sinar matahari yang sama. Sementara kompetisi telah diamati antara individu, populasi dan spesies, ada sedikit bukti bahwa persaingan telah menjadi kekuatan pendorong dalam evolusi kelompok besar. Sebagai contoh, antara amfibi, reptil, dan mamalia.
KONFLIK
PENDAHULUAN
Tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri. Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya. Dengan dibawasertanya ciri-ciri individual dalam interaksi sosial, konflik merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat dan tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri. Konflik bertentangan dengan integrasi. Konflik dan Integrasi berjalan sebagai sebuah siklus di masyarakat. Konflik yang terkontrol akan menghasilkan integrasi. sebaliknya, integrasi yang tidak sempurna dapat menciptakan konflik.
a.      PENGERTIAN KONFLIK
Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

b.      FAKTOR PENYEBAB KONFLIK

1.      Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan.
Setiap manusia adalah individu yang unik. Artinya, setiap orang memiliki pendirian dan perasaan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Perbedaan pendirian dan perasaan akan sesuatu hal atau lingkungan yang nyata ini dapat menjadi faktor penyebab konflik sosial, sebab dalam menjalani hubungan sosial, seseorang tidak selalu sejalan dengan kelompoknya. Misalnya, ketika berlangsung pentas musik di lingkungan pemukiman, tentu perasaan setiap warganya akan berbeda-beda. Ada yang merasa terganggu karena berisik, tetapi ada pula yang merasa terhibur.

2.      Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda.
Seseorang sedikit banyak akan terpengaruh dengan pola-pola pemikiran dan pendirian kelompoknya. Pemikiran dan pendirian yang berbeda itu pada akhirnya akan menghasilkan perbedaan individu yang dapat memicu konflik.


3.      Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok.
Manusia memiliki perasaan, pendirian maupun latar belakang kebudayaan yang berbeda. Oleh sebab itu, dalam waktu yang bersamaan, masing-masing orang atau kelompok memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Kadang-kadang orang dapat melakukan hal yang sama, tetapi untuk tujuan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, misalnya perbedaan kepentingan dalam hal pemanfaatan hutan. Para tokoh masyarakat menanggap hutan sebagai kekayaan budaya yang menjadi bagian dari kebudayaan mereka sehingga harus dijaga dan tidak boleh ditebang. Para petani menbang pohon-pohon karena dianggap sebagai penghalang bagi mereka untuk membuat kebun atau ladang. Bagi para pengusaha kayu, pohon-pohon ditebang dan kemudian kayunya diekspor guna mendapatkan uang dan membuka pekerjaan. Sedangkan bagi pecinta lingkungan, hutan adalah bagian dari lingkungan sehingga harus dilestarikan. Di sini jelas terlihat ada perbedaan kepentingan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya sehingga akan mendatangkan konflik sosial di masyarakat. Konflik akibat perbedaan kepentingan ini dapat pula menyangkut bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Begitu pula dapat terjadi antar kelompok atau antara kelompok dengan individu, misalnya konflik antara kelompok buruh dengan pengusaha yang terjadi karena perbedaan kepentingan di antara keduanya. Para buruh menginginkan upah yang memadai, sedangkan pengusaha menginginkan pendapatan yang besar untuk dinikmati sendiri dan memperbesar bidang serta volume usaha mereka.

4.      Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat.
Perubahan adalah sesuatu yang lazim dan wajar terjadi, tetapi jika perubahan itu berlangsung cepat atau bahkan mendadak, perubahan tersebut dapat memicu terjadinya konflik sosial. Misalnya, pada masyarakat pedesaan yang mengalami proses industrialisasi yang mendadak akan memunculkan konflik sosial sebab nilai-nilai lama pada masyarakat tradisional yang biasanya bercorak pertanian secara cepat berubah menjadi nilai-nilai masyarakat industri. Nilai-nilai yang berubah itu seperti nilai kegotongroyongan berganti menjadi nilai kontrak kerja dengan upah yang disesuaikan menurut jenis pekerjaannya. Hubungan kekerabatan bergeser menjadi hubungan struktural yang disusun dalam organisasi formal perusahaan. Nilai-nilai kebersamaan berubah menjadi individualis dan nilai-nilai tentang pemanfaatan waktu yang cenderung tidak ketat berubah menjadi pembagian waktu yang tegas seperti jadwal kerja dan istirahat dalam dunia industri. Perubahan-perubahan ini, jika terjadi seara cepat atau mendadak, akan membuat kegoncangan proses-proses sosial di masyarakat, bahkan akan terjadi upaya penolakan terhadap semua bentuk perubahan karena dianggap mengacaukan tatanan kehiodupan masyarakat yang telah ada.

5.      Setiap struktur sosial, di dalam dirinya sendiri, me-ngandung konflik-konflik dan kontradiksi-kontradiksiyang bersifat internal. Pada gilirannya justru menjadisumber bagi terjadinya perubahan-perubahan sosial. 
6.      Reaksi dari suatu sistem sosial terhadap perubahan-perubahan yang datang dari luar dan tidak selalu bersifatadjustive.
7.      Suatu sistem sosial dapat juga mengalami konflik–konfliksosial dalam waktu yang panjang.
8.      Perubahan-perubahan sosial tidak selalu terjadi secara bertahap melalui penyesuaian-penyesuaian yang lunak. Akan tetapi, dapat juga terjadi secara revolusioner. Hal itu berbeda dengan pendapat dari pendekatan konflik. Pendekatan konflik memiliki anggapan tersendiri terhadap masyarakat yang berpotensi terhadap konflik. Anggapan tersebut adalah sebagai berikut:

·         Setiap masyarakat senantiasa berada dalam prosesperubahan yang tidak pernah berakhir. Seperti diketahui bahwa perubahan berpotensi untuk timbulnya konflik. 
·         Setiap masyarakat mengandung konflik-konflik di dalamdirinya.
·         Setiap unsur dalam masyarakat memberikan sumbangan bagi terjadinya disintegrasi dan perubahan-perubahansosial.
·         Setiap masyarakat terintegrasi di atas penguasaan atau dominasi oleh sejumlah orang lain.Banyak faktor telah menyebabkan terjadinya konflik-konflik. Menurut Morton Deutsch (1973), konflik timbul karena pola hubungan saling ketergantungan yang negatifantara pihak yang berkonflik. Setiap konflik memiliki dimensi kooperatif dan kompetitif sekaligus. Konflik dengan kadar kompetisi yang tinggi akan mengakibatkan destruktif.Sementara itu, konflik dalam iklim kooperasi yang tinggi akan mengakibatkan konstruktif. Namun, tidak hanya faktor-faktor itu saja yang me-nyebabkan terjadinya konflik. Masih banyak faktor lain penyebab timbulnya konflik dalam masyarakat.

Berikut ini merupakan sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat.
·         Perbedaan pendirian dan keyakinan orang per orang yang menyebabkan konflik antarindividu. Dalam hal ini masing-masing pihak berusaha membinasakan lawan baik fisik maupun pikiran-pikiran dan ide yang tidak disetujuinya.
·         Perbedaan kebudayaan akan menimbulkan konflik antar individu bahkan antar kelompok. Perbedaan kebudayaan memengaruhi pola pemikiran dan tingkah laku perseorangan dalam kelompok kebudayaan yang bersangkutan.

·         Perbedaan kepentingan. Hal ituterjadi karena masing-masing pihak berusaha mengejar tujuan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing yang berbeda. Konflik karena perbedaan kepentingan inidalam rangka memperebutkan kesempatan dan sarana.
·         Perubahan sosial yang cepat akan mengakibatkan disorganisasi dan perbedaan pendirian.
·         Bentrokan antar kepentingan, antara lain karena masalah ekonomi, sosial,politik, dan hukum.
·         Penggusuran rumah dapat menimbulkan konflik karena ada pihak yang merasa diperlakukan secara tidak adil
·         Ketidakadilan dalam masyarakat.
·         Terkikisnya nilai-nilai kebersamaan dan keharmonisan. Dari berbagai sebab konflik tersebut, unsur perasaan memegang peran penting dalam mempertajam perbedaan sehingga setiap pihak berusaha saling mengalahkan. Konflikyang terjadi dalam masyarakat bisa berubah menjadi kekerasan apabila konflik sudah pada taraf mencederai, menyebabkan matinya orang lain, dan menimbulkan kerusakan fisik atau barang orang lain

c.       JENIS-JENIS KONFLIK

Menurut Dahrendorf, konflik dibedakan menjadi 4 macam :
·         Konflik antara atau dalam peran sosial (intrapribadi), misalnya antara peranan-peranan dalam keluarga atau profesi (konflik peran (role))
·         Konflik antara kelompok-kelompok sosial (antar keluarga, antar gank).
·         Konflik kelompok terorganisir dan tidak terorganisir (polisi melawan massa).
·         Konflik antar satuan nasional (kampanye, perang saudara)
·         Konflik antar atau tidak antar agama
·         Konflik antar politik.

d.      DAMPAK/AKIBAT KONFLIK
Hasil dari sebuah konflik adalah sebagai berikut :
·         meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok (ingroup) yang mengalami konflik dengan kelompok lain.
·         keretakan hubungan antar kelompok yang bertikai.
·         perubahan kepribadian pada individu, misalnya timbulnya rasa dendam, benci, saling curiga dll.
·         kerusakan harta benda dan hilangnya jiwa manusia.
·         dominasi bahkan penaklukan salah satu pihak yang terlibat dalam konflik.

Para pakar teori telah mengklaim bahwa pihak-pihak yang berkonflik dapat menghasilkan respon terhadap konflik menurut sebuah skema dua-dimensi; pengertian terhadap hasil tujuan kita dan pengertian terhadap hasil tujuan pihak lainnya. Skema ini akan menghasilkan hipotesa sebagai berikut:

·         Pengertian yang tinggi untuk hasil kedua belah pihak akan menghasilkan percobaan untuk mencari jalan keluar yang terbaik.
·         Pengertian yang tinggi untuk hasil kita sendiri hanya akan menghasilkan percobaan untuk "memenangkan" konflik.
·         Pengertian yang tinggi untuk hasil pihak lain hanya akan menghasilkan percobaan yang memberikan "kemenangan" konflik bagi pihak tersebut.

Tidak ada pengertian untuk kedua belah pihak akan menghasilkan percobaan untuk menghindari konflik.

e.       CONTOH KONFLIK
·          Konflik Vietnam berubah menjadi perang.
·         Konflik Timur Tengah merupakan contoh konflik yang tidak terkontrol, sehingga timbul kekerasan. hal ini dapat dilihat dalam konflik Israel dan Palestina.
·         Konflik Katolik-Protestan di Irlandia Utara memberikan contoh konflik bersejarah lainnya.

Banyak konflik yang terjadi karena perbedaan ras dan etnis. Ini termasuk konflik Bosnia-Kroasia (lihat Kosovo), konflik di Rwanda, dan konflik di Kazakhstan

Konflik dan tata tertib sosial yang bersifat normatif selaluada dalam masyarakat. Keduanya melekat bersama-sama.Terciptanya ketertiban atau keteraturan sosial bukan berarti lenyapnya atau tidak adanya konflik dalam masyarakat.Tidak dapat diabaikan bahwa dalam masyarakat yangteratur pasti ada konflik. Dalam masyarakat yang teratur atausetertib apa pun pasti ada konflik walaupun hanya bersifat potensial. Harus diingat bahwa dalam masyarakat terkandungkenyataan-kenyataan sebagai berikut.Munculnya berbagai keinginan masyarakat di daerah-daerah di Indo-nesia lebih disebabkan oleh berbagaihal. Penyebab tersebut, antara lainadanya berbagai perbedaan perlakuan pemerintah antara pusat dan daerah, serta pemerintah terlalu bersifatsentralistik dan hegemonis. Keinginan-keinginan masyarakat tersebut diwujudkan dalam gerakan separatis.Gerakan-gerakan separatis itu dapat dilihat pada berbagai kasus yang muncul dan mewarnai sejarah kehidupan bangsa Indonesia. Misal-nya, Gerakan Aceh Merdeka (GAM).Gerakan ini tidak saja didasarkan pada ketidakpuasan secara politik, tetap irakyat Aceh merasa hak-haknya selama ini direbut. Gerakan lain adalah perlawanan suku Amungmo diAbepura terhadap pemerintah pusa tsejak Freeport melakukan eksplorasidan eksploitasi di Papua.

f.       PENYELESAIAN KONFLIK

Secara sosiologis, proses sosial dapat berbentuk proses sosial yang bersifat menggabungkan(associative processes) dan proses sosial yang menceraikan (dissociative processes). Proses social yang bersifat asosiatif diarahkan pada terwujudnya nilai-nilai seperti keadilan sosial, cinta kasih, kerukunan, solidaritas. Sebaliknya proses sosial yang bersifat dissosiatif mengarah pada terciptanya ilai-nilai negatif atau asosial, seperti kebencian, permusuhan, egoisme, kesombongan, pertentangan, perpecahan dan sebagainya. Jadi proses sosial asosiatif dapat dikatakan proses positif. Proses social yang dissosiatif disebut proses negatif. Sehubungan dengan hal ini, maka proses sosial yang asosiatif dapat digunakan sebagai usaha menyelesaikan konflik. Adapun bentuk penyelesaian konflik yang lazim dipakai, yakni konsiliasi, mediasi, arbitrasi, koersi (paksaan), detente. Urutan ini berdasarkan kebiasaan orang mencari penyelesaian suatu masalah, yakni cara yang tidak formal lebih dahulu, kemudian cara yang formal, jika cara pertama tidak membawa hasil.
a. Konsiliasi

Konsiliasi berasal dari kata Latin conciliatio atau perdamaian yaitu suatu cara untuk mempertemukan pihak-pihak yang berselisih guna mencapai persetujuan bersama untuk berdamai. Dalam proses pihak pihak yang berkepentingan dapat meminta bantuan pihak ke tiga. Namun dalam hal ini pihak ketiga tidak bertugas secara menyeluruh dan tuntas. Ia hanya memberikan pertimbangan-pertimbangan yang
dianggapnya baik kepada kedua pihak yang berselisih untuk menghentikan sengketanya. Contoh yang lazim terjadi misalnya pendamaian antara serikat buruh dan majikan. Yang hadir dalam pertemuan konsiliasi ialah wakil dari serikat buruh, wakil dari majikan/perusahaan serta ketiga yaitu juru damai dari pemerintah, dalam hal ini Departemen Tenaga. Kerja. Langkah-langkah untuk berdamai diberikan oleh pihak ketiga, tetapi yang harus mengambil keputusan untuk berdamai adalah pihak serikat buruh dan pihak majikan sendiri.

b. Mediasi
Mediasi berasal dari kata Latin mediatio, yaitu suatu cara menyelesaikan pertikaian dengan menggunakan seorang pengantara (mediator). Dalam hal ini fungsi seorang mediator hampir sama dengan seorang konsiliator. Seorang mediator juga tidak mempunyai wewenang untuk memberikan keputusan yang mengikat; keputusannya hanya bersifat konsultatif. Pihak-pihak yang bersengketa sendirilah yang harus mengambil keputusan untuk menghentikan perselisihan.

c. Arbitrasi

Arbitrasi berasal dari kata Latin arbitrium, artinya melalui pengadilan, dengan seorang hakim (arbiter) sebagai pengambil keputusan. Arbitrasi berbeda dengan konsiliasi dan mediasi. Seorang arbiter memberi keputusan yang mengikat kedua pihak yang bersengketa, artinya keputusan seorang hakim harus ditaati. Apabila salah satu pihak tidak menerima keputusan itu, ia dapat naik banding kepada
pengadilan yang lebih tinggi sampai instansi pengadilan nasional yang tertinggi. Dalam hal persengketaan antara dua negara dapat ditunjuk negara ketiga sebagai arbiter, atau instansi internasional lain seperti PBB. Orang-orang yang bersengketa tidak selalu perlu mencari keputusan secara formal melalui pengadilan.
Dalam masalah biasa dan pada lingkup yang sempit pihak-pihak yang bersengketa mencari seseorang atau suatu instansi swasta sebagai arbiter. Cara yang tidak formal itu sering diambil dalam perlombaan dan pertandingan. Dalam. hal ini yang bertindak sebagai arbiter adalah wasit.

d. Koersi

Koersi ialah suatu cara menyelesaikan pertikaian dengan menggunakan paksaan fisik atau pun psikologis. Bila paksaan psikologis tidak berhasil, dipakailah paksaan fisik. Pihak yang biasa menggunakan paksaan adalah pihak yang kuat, pihak yang merasa yakin menang, bahkan sanggup menghancurkan pihak musuh. Pihak inilah yang menentukan syarat-syarat untuk menyerah dan berdamai yang harus diterima pihak yang lemah. Misalnya, dalam perang dunia II Amerika memaksa Jepang untuk menghentikan perang dan menerima syarat-syarat damai.

e. Détente

Detente berasal dari kata Perancis yang berarti mengendorkan. Pengertian yang diambil dari dunia diplomasi ini berarti mengurangi hubungan tegang antara dua pihak yang bertikai. Cara ini hanya merupakan persiapan untuk mengadakan pendekatan dalam rangka pembicaraan tentang langkahlangkah mencapai perdamaian. Jadi hal ini belum ada penyelesaian definitif, belum ada pihak yang dinyatakan kalah atau menang. Dalam praktek, detente sering dipakai sebagai



peluang untuk memperkuat diri masing-masing; perang fisik diganti dengan perang saraf. Lama masa "istirahat" itu. tidak tertentu; jika masing-masing pihak merasa diri lebih kuat, biasanya mereka tidak melangkah ke meja perundingan, melainkan ke medan perang lagi.

g.      FUNGSI KONFLIK
1.      Konflik membantu memunculkan dan mempertegas persoalan.
2.      Konflik memberi kekuatan untuk lebih fokus pada isu-isu dari persoalan.
3.      Konflik membantu kita untuk tetap hidup realistis “di dunia nyata” yang tidak sempurna.
4.      Konflik membantu kita untuk belajar dan mengambil manfaat dari berbagai perbedaan.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►