Monday, August 18, 2014

Kisi dan Soal UTS II Matematika Kelas X SMA/MA TA 2014/2015


KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP TP. 2014/2015

Jenjang Madrasah   : MA
Kurikulum Acuan     : KTSP
Kelas/Program         : X / -
Mata Pelajaran        : Matematika
Alokasi Waktu         : 60 menit
Jumlah Soal            : 7 (Uraian)

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Bentuk Soal
Indikator Soal
Nomor Soal
1
2
3
4
5
6
7
1
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah

1.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri

Ukuran sudut:
1. ukuran sudut dalam derajat
2. ukuran sudut dalam radian


Uraian
Siswa dapat menentukan besar sudut dalam satuan derajat atau radian
1
Uraian
Siswa dapat menyatakan ukuran sudut dalam satuan putaran
2
Uraian
Siswa dapat menyatakan besar sudut dalam ukuran derajat, menit, sampai detik
3
Uraian
Siswa dapat menyederhanakan besar sudut yang dinyatakan dalam satuan derajat, menit, dan detik
4
Uraian
Siswa dapat menyatakan ukuran sudut dari satuan derajat, menit, dan detik ke satuan radian
5
Uraian
Siswa dapat menyatakan ukuran sudut dari satuan radian ke satuan derajat, menit, dan detik
6
Perbandingan-Perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku
Uraian
Siswa dapat menentukan nilai-nilai perbandingan trigonometri jika diketahui segitiga siku-siku
7
Uraian
Siswa dapat menentukan nilai-nilai perbandingan trigonometri jika diketahui panjang sisi-sisi segitiga
8
Uraian
Siswa dapat menentukan nilai-nilai perbandingan trigonometri jika diketahui salah satu nilai perbandingan trigonometri
9

                             


STANDAR KOMPETENSI (SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah


KOMPETENSI DASAR (KD):
1.1  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri

BUKU SUMBER:
Matematika untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD SMA/MA
SKL SMA/MA

MATERI:
1. ukuran sudut dalam derajat


NO. SOAL: 1
Tentukan besar sudut terkecil dalam satuan derajat dan radian yang dibentuk oleh jarum jam ketika menunjukkan pukul 10.30!

URAIAN JAWABAN:
Pukul 10.30 dalam satuan derajat = 1350
Pukul 10.30 dalam satuan radian = 1350 = 135 x 10 = 135 x  radian
                                
                                




INDIKATOR SOAL:
Siswa dapat menentukan besar sudut dalam satuan derajat atau radian



STANDAR KOMPETENSI (SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah


KOMPETENSI DASAR (KD):
1.1  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri

BUKU SUMBER:
Matematika untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD SMA/MA
SKL SMA/MA

MATERI:
1. ukuran sudut dalam derajat


NO. SOAL: 2
Tentukan seperberapa putaran penuhkah   sudut siku-siku!

URAIAN JAWABAN:
 sudut siku-siku =  900 = 300 dan 300 = 30 x 10 = 30 x  putaran
                                
                                




INDIKATOR SOAL:
Siswa dapat menyatakan ukuran sudut dalam satuan putaran



STANDAR KOMPETENSI (SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah


KOMPETENSI DASAR (KD):
1.1  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri

BUKU SUMBER:
Matematika untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD SMA/MA
SKL SMA/MA

MATERI:
1. ukuran sudut dalam derajat


NO. SOAL: 3
Nyatakan besar sudut 98,5250 dalam ukuran derajat, menit, sampai detik!

URAIAN JAWABAN:
98,5250 = 980 + 0,5250 = 980 + 0,525 x 60 = 980 + 31,5
                                                                    = 980 + 31 + 0,5 = 980 + 31 + 0,5 x 60
                                                                    = 980 + 31 + 30 = 9803130
Jadi 98,5250 = 9803130                                
                                




INDIKATOR SOAL:
Siswa dapat menyatakan besar sudut dalam ukuran derajat, menit, sampai detik



STANDAR KOMPETENSI (SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah


KOMPETENSI DASAR (KD):
1.1  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri

BUKU SUMBER:
Matematika untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD SMA/MA
SKL SMA/MA

MATERI:
1. ukuran sudut dalam derajat


NO. SOAL: 4
Sederhanakan besar sudut (7402920) dalam ukuran derajat, menit, sampai detik!

URAIAN JAWABAN:
(7402920) =  (720(20 + 29) 20) =  (720(120 + 29) 20) = =  (72014920) = (720148’(1+ 20))
                    = (720148(60 + 20)) = (72014880) = 18037’20”                                
                                




INDIKATOR SOAL:
Siswa dapat menyederhanakan besar sudut yang dinyatakan dalam satuan derajat, menit, dan detik



STANDAR KOMPETENSI (SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah


KOMPETENSI DASAR (KD):
1.1  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri

BUKU SUMBER:
Matematika untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD SMA/MA
SKL SMA/MA

MATERI:
2. ukuran sudut dalam radian


NO. SOAL: 5
Nyatakan ukuran sudut 19702230 kedalam ukuran radian (gunakan 10 = 0,017453 radian) !

URAIAN JAWABAN:
19702230 = 1970 +
                = 197,375 x 10 = 197,375 x 0,017453 radian = 3,444785875 radian                                
                                




INDIKATOR SOAL:
Siswa dapat menyatakan ukuran sudut dari satuan derajat, menit, dan detik ke satuan radian



STANDAR KOMPETENSI (SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah


KOMPETENSI DASAR (KD):
1.1  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri

BUKU SUMBER:
Matematika untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD SMA/MA
SKL SMA/MA

MATERI:
2. ukuran sudut dalam radian


NO. SOAL: 6
Nyatakan ukuran sudut  radian kedalam ukuran derajat, menit, dan detik (gunakan 1 rad = 57,2960) !

URAIAN JAWABAN:
 radian =   x 1 rad =   x 57,2960 = 22,91840
22,91840 = 220 + 0,9184 x 60’ = 220 + 55,104’ = 220 + 55’ + 0,104 x 60” = 220 + 55’ + 6,24” = 22055’6,24”                                




INDIKATOR SOAL:
Siswa dapat menyatakan ukuran sudut dari satuan radian ke satuan derajat, menit, dan detik




Uraikan soal berikut ini dengan benar dan jelas sehingga diperoleh jawaban yang tepat!
1.       Tentukan besar sudut terkecil dalam satuan derajat dan radian yang dibentuk oleh jarum jam ketika menunjukkan pukul 10.30!
2.       Tentukan seperberapa putaran penuhkah   sudut siku-siku!
3.       Nyatakan besar sudut 98,5250 dalam ukuran derajat, menit, sampai detik!
4.       Sederhanakan besar sudut (7402920) dalam ukuran derajat, menit, sampai detik!
5.       Nyatakan ukuran sudut 19702230 kedalam ukuran radian (gunakan 10 = 0,017453 radian) !
6.       Nyatakan ukuran sudut  radian kedalam ukuran derajat, menit, dan detik (gunakan 1 rad = 57,2960) !
7.       Tentukan nilai-nilai perbandingan trigonometri untuk sudut  pada gambar dibawah ini!



8.       Segitiga ABC siku-siku di A dan  menyatakan besar sudut B. Tentukan perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangen) sudut  jika diketahui panjang sisi-sisinya : b = 15 dan c = 8!
9.       Carilah nilai perbandingan trigonometri (cosecan, secan, dan cotangen) sudut  yang lain jika diketahui !

Selamat mengerjakan!



No
Uraian Jawaban
Skor
1
Pukul 10.30 dalam satuan derajat = 1350
Pukul 10.30 dalam satuan radian = 1350 = 135 x 10 = 135 x  radian
5
2
 sudut siku-siku =  900 = 300 dan 300 = 30 x 10 = 30 x  putaran
5
3
98,5250 = 980 + 0,5250 = 980 + 0,525 x 60 = 980 + 31,5
                                                                    = 980 + 31 + 0,5 = 980 + 31 + 0,5 x 60
                                                                    = 980 + 31 + 30 = 9803130
Jadi 98,5250 = 9803130
10
4
  (7402920) =  (720(20 + 29) 20) =  (720(120 + 29) 20) = =  (72014920) = (720148’(1+ 20))
                    = (720148(60 + 20)) = (72014880) = 18037’20”
15
5
19702230 = 1970 +
                = 197,375 x 10 = 197,375 x 0,017453 radian = 3,444785875 radian
15
6
   radian =   x 1 rad =   x 57,2960 = 22,91840
22,91840 = 220 + 0,9184 x 60’ = 220 + 55,104’ = 220 + 55’ + 0,104 x 60” = 220 + 55’ + 6,24” = 22055’6,24”
15






0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►