KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP TP. 2014/2015
Jenjang Madrasah : MA
Kurikulum Acuan : KTSP
Kelas/Program : X / -
Mata Pelajaran : Matematika
Alokasi Waktu : 60 menit
Jumlah Soal : 7 (Uraian)
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Bentuk Soal
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
|
1.1
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan
perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri
|
Ukuran sudut:
1. ukuran sudut dalam derajat
2. ukuran sudut dalam radian
|
Uraian
|
Siswa
dapat menentukan besar sudut dalam satuan derajat atau radian
|
1
|
Uraian
|
Siswa dapat
menyatakan ukuran sudut dalam satuan putaran
|
2
|
||||
Uraian
|
Siswa
dapat menyatakan besar sudut dalam ukuran derajat, menit, sampai detik
|
3
|
||||
Uraian
|
Siswa
dapat menyederhanakan besar sudut yang dinyatakan dalam satuan derajat,
menit, dan detik
|
4
|
||||
Uraian
|
Siswa
dapat menyatakan ukuran sudut dari satuan derajat, menit, dan detik ke satuan
radian
|
5
|
||||
Uraian
|
Siswa
dapat menyatakan ukuran sudut dari satuan radian ke satuan derajat, menit,
dan detik
|
6
|
||||
Perbandingan-Perbandingan trigonometri dalam segitiga
siku-siku
|
Uraian
|
Siswa
dapat menentukan nilai-nilai perbandingan trigonometri jika diketahui
segitiga siku-siku
|
7
|
|||
Uraian
|
Siswa
dapat menentukan nilai-nilai perbandingan trigonometri jika diketahui panjang
sisi-sisi segitiga
|
8
|
||||
Uraian
|
Siswa
dapat menentukan nilai-nilai perbandingan trigonometri jika diketahui salah
satu nilai perbandingan trigonometri
|
9
|
STANDAR
KOMPETENSI (SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
|
KOMPETENSI
DASAR (KD):
1.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri
|
BUKU
SUMBER:
Matematika
untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD
SMA/MA
SKL SMA/MA
|
MATERI:
1. ukuran sudut dalam derajat
|
NO.
SOAL: 1
Tentukan
besar sudut terkecil dalam satuan
derajat dan radian yang
dibentuk oleh jarum jam ketika menunjukkan pukul 10.30!
URAIAN JAWABAN:
Pukul 10.30 dalam satuan derajat = 1350
Pukul 10.30 dalam satuan radian = 1350 = 135
x 10 = 135 x
|
|
INDIKATOR
SOAL:
Siswa dapat menentukan besar sudut dalam satuan derajat
atau radian
|
STANDAR
KOMPETENSI (SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
|
KOMPETENSI
DASAR (KD):
1.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri
|
BUKU SUMBER:
Matematika
untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD
SMA/MA
SKL SMA/MA
|
MATERI:
1. ukuran sudut dalam derajat
|
NO.
SOAL: 2
Tentukan
seperberapa putaran penuhkah
URAIAN JAWABAN:
|
|
INDIKATOR
SOAL:
Siswa dapat menyatakan ukuran sudut dalam satuan
putaran
|
STANDAR KOMPETENSI
(SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
|
KOMPETENSI
DASAR (KD):
1.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri
|
BUKU
SUMBER:
Matematika
untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD
SMA/MA
SKL SMA/MA
|
MATERI:
1. ukuran sudut dalam derajat
|
NO.
SOAL: 3
Nyatakan
besar sudut 98,5250 dalam ukuran derajat, menit, sampai detik!
URAIAN JAWABAN:
98,5250 = 980 + 0,5250
= 980 + 0,525 x 60’ = 980 + 31,5’
= 980 + 31 + 0,5’ = 980 + 31’
+ 0,5 x 60”
= 980 + 31’ + 30’ = 98031’30”
Jadi 98,5250 = 98031’30”
|
|
INDIKATOR
SOAL:
Siswa dapat menyatakan besar sudut dalam ukuran
derajat, menit, sampai detik
|
STANDAR
KOMPETENSI (SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
|
KOMPETENSI
DASAR (KD):
1.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri
|
BUKU
SUMBER:
Matematika
untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD
SMA/MA
SKL SMA/MA
|
MATERI:
1. ukuran sudut dalam derajat
|
NO.
SOAL: 4
Sederhanakan
besar sudut
URAIAN JAWABAN:
=
|
|
INDIKATOR
SOAL:
Siswa dapat menyederhanakan besar sudut yang dinyatakan
dalam satuan derajat, menit, dan detik
|
STANDAR
KOMPETENSI (SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
|
KOMPETENSI
DASAR (KD):
1.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri
|
BUKU
SUMBER:
Matematika
untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD
SMA/MA
SKL SMA/MA
|
MATERI:
2. ukuran sudut dalam radian
|
NO.
SOAL: 5
Nyatakan
ukuran sudut 197022’30” kedalam ukuran
radian (gunakan 10 =
0,017453 radian) !
URAIAN JAWABAN:
197022’30” = 1970
+
=
197,375 x 10 = 197,375 x 0,017453 radian = 3,444785875
radian
|
|
INDIKATOR
SOAL:
Siswa dapat menyatakan ukuran sudut dari satuan
derajat, menit, dan detik ke satuan radian
|
STANDAR
KOMPETENSI (SK):
1. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
|
KOMPETENSI
DASAR (KD):
1.1 Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri
|
BUKU
SUMBER:
Matematika
untuk SMA kelas X , B.K. Noormandiri, Erlangga, 2008.
SK- KD
SMA/MA
SKL SMA/MA
|
MATERI:
2. ukuran sudut dalam radian
|
NO.
SOAL: 6
Nyatakan
ukuran sudut
URAIAN JAWABAN:
22,91840 = 220 + 0,9184 x 60’ =
220 + 55,104’ = 220 + 55’ + 0,104 x 60” = 220
+ 55’ + 6,24” = 22055’6,24”
|
|
INDIKATOR
SOAL:
Siswa dapat menyatakan ukuran sudut dari satuan radian
ke satuan derajat, menit, dan detik
|
Uraikan soal
berikut ini dengan benar dan jelas sehingga diperoleh jawaban yang tepat!
1. Tentukan
besar sudut terkecil dalam satuan
derajat dan radian yang dibentuk
oleh jarum jam ketika menunjukkan pukul 10.30!
2. Tentukan
seperberapa putaran penuhkah
sudut
siku-siku!
3. Nyatakan
besar sudut 98,5250 dalam ukuran derajat, menit, sampai detik!
4. Sederhanakan
besar sudut
(74029’20”)
dalam ukuran derajat, menit, sampai detik!
5. Nyatakan
ukuran sudut 197022’30” kedalam ukuran radian
(gunakan 10 = 0,017453
radian) !
6. Nyatakan
ukuran sudut
radian
kedalam ukuran derajat, menit, dan detik (gunakan
1 rad = 57,2960) !
7. Tentukan
nilai-nilai perbandingan trigonometri untuk sudut
pada
gambar dibawah ini!
8. Segitiga ABC
siku-siku di A dan
menyatakan besar sudut B. Tentukan
perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangen) sudut
jika
diketahui panjang sisi-sisinya : b = 15 dan c = 8!
9. Carilah
nilai perbandingan trigonometri (cosecan, secan, dan cotangen) sudut
yang
lain jika diketahui
!
Selamat mengerjakan!
No
|
Uraian Jawaban
|
Skor
|
1
|
Pukul 10.30 dalam satuan derajat = 1350
Pukul 10.30 dalam satuan radian = 1350 = 135
x 10 = 135 x
|
5
|
2
|
|
5
|
3
|
98,5250 = 980 + 0,5250
= 980 + 0,525 x 60’ = 980 + 31,5’
= 980 + 31 + 0,5’ = 980 + 31’
+ 0,5 x 60”
= 980 + 31’ + 30’ = 98031’30”
Jadi 98,5250 = 98031’30”
|
10
|
4
|
=
|
15
|
5
|
197022’30” = 1970
+
=
197,375 x 10 = 197,375 x 0,017453 radian = 3,444785875
radian
|
15
|
6
|
22,91840 = 220 + 0,9184 x 60’ =
220 + 55,104’ = 220 + 55’ + 0,104 x 60” = 220
+ 55’ + 6,24” = 22055’6,24”
|
15
|
0 comments:
Post a Comment